Senin, 14 Agustus 2017

SILABUS C1 SMK BISMEN MAPEL IPA K13



SILABUS IPA BISMEN K13

NAMA SEKOLAH               :   SMK PGRI 2 SURAKARTA
KELAS/SEMESTER           :   X/ GASAL
KOMPETENSI KEAHLIAN : AKUNTANSI DAN OTOMATISASI  ADMINISTRASI PERKANTORAN
MATA PELAJARAN            :   ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
ALOKASI WAKTU              :  33 X 45 MENIT
KOMPETENSI INTI             :  

Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan):
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan  metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah  konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung..

KODE KOMPETENSI          :   .......







Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber  Belajar
Teori
Praktik


SEMESTER
GASAL




3.3 Menganalisis materi dan perubahannya.


4.3 Melakukan percobaan perubahan materi.
3.3.1. Menentukan, sifat dan jenis perubahan  materi (dan energi) dengan benar secara  proaktif.
3.3.2. Mengaitkan perubahan  materi (dan energi) dengan peristiwa/ aktivitas sehari-hari dengan benar dan jujur.
3.3.3.  Menyimpulkan secara mandiri  dampak perubahan materi (dan energi) dalam peristiwa sehari-hari dengan benar.
4.3.1. Melakukan percobaan perubahan materi (dan energi) dengan benar secara jujur dan bertanggungjawab.
1.   Pengertian materi (dan energi),
2.   Wujud, sifat dan jenis perubahan  materi (dan energi).
3.   Perubahan  materi dan jenisnya.
4.   Dampak perubahan materi (dan energi) terhadap kehidupan
5.   Percobaan sederhana perubahan materi (dan energi).

Mengeksplorasi :
Membaca konsep materi (dan energi), perubahan dan dampaknya, dari berbagai sumber pustaka.
Menanyakan:
Mendiskusikan jenis dan sifat materi  (dan energi) yang ada disekitarnya.
Mengeksplorasi :
Mencari informasi jenis perubahan materi (dan energi)  dari berbagai sumber .
Mendemonstrasikan:
Melakukan percobaan perubahan materi (dan energi).
Mengkomunikasikan :
Membuat laporan percobaan perubahan materi

1. Penugasan
2. Pengamatan proses
3. Tes tertulis
6 JP
1(2) JP
1. Internet/Web.
2. IPA SMK/MAK Kelas X , Dini Angreini, S.Pd, dkk.
3. Lingkungan Sekitar.

3.1 Memahami gejala alam biotik dan abiotik.








4.1 Mengklasifikasikan gejala alam  biotik dan abiotik.
3.1.1Menjelaskan konsep gejala alam   biotik abiotik secara santun.
3.1.2 Membedakan gejala alam  biotik abiotik dilingkungan sekitar dengan benar dan bertanggung jawab.
3.1.3 Menjelaskan  manfaat/ fungsi gejala alam  biotik abiotik bagi manusia dengan benar dan santun .
4.1.1 Mengkorelasikan dampak gelaja alam  biotik dan abiotik di lingkungan dengan benar dan disiplin.
1.      Gejala alam  abiotik:
a.       Cuaca dan Iklim.
b.      Bencana Alam.

2.      Gejala alam  biotik:
a.       Prinsip Pertumbuhan dan Perkembangbiakan makhluk hidup.
b.      Saling Ketergantungan hewan-Tumbuhan-manusia.
Mengeksplorasi :
Membaca konsep gejala alam abiotik, cuaca, iklim dan bencana alam, dari berbagai sumber pustaka.
Mendiskusikan pengaruh perubahan cuaca/iklim terhadap kejadian bencana alam yang ada disekitarnya.
Mencari informasi pengaruh perubahan cuaca/iklim terhadap kejadian bencana alam dari berbagai sumber .
Membaca konsep gejala alam biotik, prinsip pertumbuhan, perkembangbiakan makhluk hidup, dari berbagai sumber pustaka.
Mendiskusikan saling ketergantungan antara gejala alam abiotik dengan biotik.
Mencari informasi saling ketergantungan antara gejala alam abiotik dengan biotik dari berbagai sumber. .
Mengkomunikasikan :
Membuat laporan  hasil telaah ketergantungan antara gejala alam abiotik dengan biotik, dari berbagai sumber.
1. Penugasan
2. Pengamatan proses
3. Tes tertulis
6 JP

1. Internet/Web.
2. IPA SMK/MAK Kelas X , Dini Angreini, S.Pd, dkk.
3. Lingkungan Sekitar.

3.4 Memahami komponen-komponen dan bentuk interaksi dalam ekosistem.


4.4 Mengklasifikasikan komponen-komponen ekosistem dan bentuk interaksi dalam ekosistem.
3.4.1 Menjelaskan konsep ekologi  dengan benar dan santun.
3.4.2 Membedakan peran/fungsi masing-masing komponen  ekosistem dengan benar dan bertanggungjawab.
3.4.3 Menerangkan saling ketergantungan antar komponen ekosistem dengan benar dan  santun.
4.4.1 Mensimulasikan interaksi antarkomponen ekosistem dengan benar, dan jujur
1.      Konsep ekologi
2.      Komponen  ekosistem dan fungsinya.
3.      Jenis-jenis interaksi antarkomponen ekosistem
4.      Saling ketergantungan antar komponen ekosistem

Mengeksplorasi :
Membaca konsep ekologi, komponen ekosistem, dan interaksinya, dari berbagai sumber pustaka.
Mendiskusikan jenis interaksi antar komponen ekosistem tertentu yang ada disekitarnya.
Mencari informasi saling ketergantungan antar komponen ekosistem dari berbagai sumber pustaka.
Mengasosiasi :
Melakukan simulasi interaksi antar komponen pada ekosistem buatan.
Mengkomunikasikan :
Menyampaikan secara lisan, hasil simulasi interaksi antar komponen pada ekosistem buatan.
1. Penugasan
2. Pengamatan proses
3. Tes tertulis
6 JP
1(2) JP
1. Internet/Web.
2. IPA SMK/MAK Kelas X , Dini Angreini, S.Pd, dkk.
3. Lingkungan Sekitar.

3.5 Menganalisis keseimbangan lingkungan.




4.5 Merumuskan upaya dalam menjaga  keseimbangan lingkungan kerja.

3.5.1 Menelaah faktor-faktor keseimbangan lingkungan dengan cermat dan benar.
3.5.2 Mengaitkan Siklus materi dan energi dengan keseimbangan lingkungan dengan benar dan  cermat.
3.5.3 Menyimpulkan perlunya menjaga keseimbangan lingkungan   dengan benar dan  proaktif.
4.5.1Mendiskusikan upaya menjaga keseimbangan lingkungan dengan proaktif dan santun.
1.      Konsep  dinamika keseimbangan lingkungan
2.      Faktor-Faktor Keseimbangan Lingkungan.   
3.      Siklus materi dan energi.
4.   Upaya menjaga keseimbangan lingkungan.
Mengeksplorasi :
Membaca konsep dinamika keseimbangan lingkungan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, dari berbagai sumber pustaka.
Membaca konsep siklus materi dan energi,  dari berbagai sumber pustaka.
Mendiskusikan pengaruh siklus materi/energi dengan perubahan keseimbangan yang terjadi disekitarnya.
Mengasosiasi :
Menyusun konsep  upaya menjaga keseimbangan lingkungan berdasar telaah  dari berbagai sumber .
Mengkomunikasikan :
Menyampaikan rencana aksi
salah satu upaya menjagi keseimbangan lingkungan, yang bisa dilaksanakan di sekolah.
Mendemonstrasikan:
Melakukan aksi salah satu upaya menjaga keseimbangan lingkungan, yang bisa dilaksanakan di sekolah.
1. Penugasan
2. Pengamatan proses
3. Tes tertulis
6 JP
1(2) JP
1. Internet/Web.
2. IPA SMK/MAK Kelas X , Dini Angreini, S.Pd, dkk.
3. Lingkungan Sekitar.

3.7 Menganalisis polusi di lingkungan sekitar










4.7 Memberikan solusi masalah polusi terhadap kesehatan  manusia dan lingkungan
4.7 Menyajikan dampak polusi terhadap kesehatan  manusia dan lingkungan (AK)
3.7.1 Menemukan polutan di lingkungan sekitar secara cermat dan sungguh-sungguh.
3.7.2 Menelaah dampak  polusi terhadap kondisi lingkungan dan kesehatan manusia dengan benar dan disiplin.
3.7.3 Mengaitkan  keberadaan asal polutan dengan perilaku manusia di lingkungan dengan benar dan bertanggungjawab.
4.7.1 Mendiskusikan solusi masalah  polusi terhadap kesehatan  manusia dan lingkungan dengan  santun dan sunguh-sungguh.

1.      Pengertian polusi dan polutan.
2.      Proses, Sifat, dan jenis polusi  air, tanah dan udara.
3.      Dampak polusi terhadap kesehatan manusia.
4.      Dampak polusi terhadap lingkungan.


Mengeksplorasi :
Membaca konsep polusi dan dampaknya.
Mendata polutan yang mudah ditemukan di sekitarnya, pada sebuat kartu.
Mencari informasi dampak polusi terhadap kesehatan manusia  dari berbagai sumber Mencari dan memfoto kondisi lingkungan yang terpapar polusi.
Mendiskusikan dan mengapresiasi hasil pemotretan kondisi lingkungan yang terpapar polusi.
Mengkomunikasikan :
Membuat laporan hasil diskusi dan apresiasi foto lingkungan terpolusi.

1. Penugasan
2. Pengamatan proses
3. Tes tertulis
6 JP

1. Internet/Web.
2. IPA SMK/MAK Kelas X , Dini Angreini, S.Pd, dkk.
3. Lingkungan Sekitar.






30 JP
3 (6) JP

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                                     Guru Mata Pelajaran




Drs. SUWARNO, MM                                                                                      Ir. PURWO SUTANTO




SILABUS IPA BISMEN K13

NAMA SEKOLAH               :   SMK PGRI 2 SURAKARTA
KELAS/SEMESTER           :   X/ GENAP
KOMPETENSI KEAHLIAN : AKUNTANSI DAN OTOMATISASI  ADMINISTRASI PERKANTORAN
MATA PELAJARAN            :   ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
ALOKASI WAKTU              :  33 X 45 MENIT
KOMPETENSI INTI             :  

Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan):
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan  metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah  konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung..

KODE KOMPETENSI          :   .......
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber  Belajar
Teori
Praktik


SEMESTER
GENAP




3.6 Menganalisis limbah di lingkungan sekitar.









4.6 Melakukan penanganan limbah di lingkungan sekitar.

3.6.1. Menemukan sumber  dan jenis limbah yang ada di lingkungan sekitar dengan tepat dan  bertanggung jawab.
3.6.2  Menelaah potensi dan pemanfaatan limbah cara tepat dan disiplin.
4.6.1 Mensimulasikan  penangangan limbah rumah tangga dengan runtut dan benar.
4.6.2 Memproduksi kerajinan tangan dari bahan  limbah yang berasal dari lingkungan kerja dengan baik.
1.      Limbah, Jenis-jenis dan sumber  timbulannya.
2.      Metode penanganan dan pemanfaatan  limbah.


Mengeksplorasi :
Membaca konsep Limbah, jenis dan sumber asalnya dari berbagai sumber pustaka.
Mencari contoh-contoh Limbah, sesuai jenis dan sumber asalnya.
Membaca konsep penanganan dan pemanfaatan limbah dari berbagai sumber pustaka.
Membaca peraturan penanganan dan pemanfaatan limbah yang berlaku di Indonesia.
Mendiskusikan cara penanganan pemanfaatan limbah di lingkungan sekolah.
Mengasosiasi:
Mensimulasikan penanganan limbah di lingkungan sekolah.
Mendemonstrasikan:
Mempraktikkan pemanfaatan limbah yang ada disekitarnya.
1. Penugasan
2. Pengamatan proses
3. Tes tertulis
6 JP
2 (4) JP
1. Internet/Web.
2. IPA SMK/MAK Kelas X , Dini Angreini, S.Pd, dkk.
3. Lingkungan Sekitar.

3.8 Mengevaluasi AMDAL.












4.8 Membuat Baporan hasil evaluasi AMDAL pada lingkungan sekitar
4.8 Melakukan kajian tentang AMDAL pada lingkungan sekitar (AK)
3.8.1 Merangkum dokumentasi  AMDAL sesuai peraturan perundang-undangan  dengan benar dan disiplin.
3.8.2 Menemukan kasus pelanggaran AMDAL yang pernah/sedang terjadi, melalui media informasi dengan  benar dan jujur.
3.8.3 Mengaitkan pelaksanaan  AMDAL dengan kerusakan lingkungan yang ada di sekitarnya dengan  benar dan bertanggungjawab.
4.8.1 Menyusun  laporan kajian kasus pelanggaran AMDAL dengan bencana atau  kerusakan lingkungan secara jujur dan bertanggungjawab.
1.      Dampak kegiatan pembangunan dan pengelolaannya
2.      Unsur penting  dalam pelaksanaan AMDAL 
3.      Peraturan perundang-undangan  AMDAL


Mengeksplorasi :
Membaca peraturan pemerintah tentang AMDAL
Membaca konsep dampak pembangunan dan pengelolaannya.
Mencari kabar/informasi dari media tentang dampak kerusakan lingkungan.
Mendiskusikan kaitan pelaksanaan AMDAL dengan peristiwa kerusakan/bencana yang terjadi, yang ada disekitarnya.
Mengkomunikasikan :
Membuat  laporan kajian kasus pelanggaran AMDAL dengan bencana atau  kerusakan lingkungan
1. Penugasan
2. Pengamatan proses
3. Tes tertulis
6 JP

1. Internet/Web.
2. IPA SMK/MAK Kelas X , Dini Angreini, S.Pd, dkk.
3. Lingkungan Sekitar.
4. UU Pengelolaan Lingkungan Hidup.

3.2 Menerapkan prosedur mitigasi bencana alam.






4.2 Melakukan simulasi mitigasi bencana alam yang terjadi di lingkungan sekitar.
3.2.1 Mengklasifikasi Jenis-jenis bencana dengan benar dan semangat.
3.2.2 Menggali informasi mitigasi bencana   dengan benar dan cermat.
3.2.3 Menyusun rencana cara kerja mitigasi bencana alam dengan benar dan bertanggungjawab.
4.2.1 Mensimulasikan mitigasi bencana alam yang  berpotensi terjadi di daerah sekitarnya secara sungguh-sungguh.
1.    Jenis-jenis penyebab bencana.
2.    Cara pencegahan bencana.
3.    Peraturan pemerintah tentang penanganan bencana
4.    Cara penanganan bencana sesuai jenisnya.
5.    Simulasi Cara penanganan bencana.
Mengeksplorasi :
Membaca konsep jenis-jenis bencana dan penyebabnya, dari berbagai sumber.
Membaca peraturan pemerintah tentang penanganan bencana.
Mendiskusikan langkah-langkah penanganan bencana yang mungkin terjadi di tempat kerja/lingkungan/sekolah.
Mengasosiasi
Menyusun rencana kerja penanganan benjana di sekolah/lingkungan.
Mendemonstrasikan:
Melakukan simulasi rencana kerja penanganan benjana di sekolah/lingkungan.
Mengkomunikasikan :
Membuat tanda/ informasi pencegahan/ evakuasi bencana
1. Penugasan
2. Pengamatan proses
3. Tes tertulis
4 JP
2 (4) JP
1. Internet/Web.
2. IPA SMK/MAK Kelas X , Dini Angreini, S.Pd, dkk.
3. Lingkungan Sekitar.
4. UU Penanggulangan dan Mitigasi Bencana Alam
3.9 Menerapkan kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja.





4.9 Melakukan pencegahan bahaya/ kecelakaan di lingkungan kerja

3.9.1 Menggali informasi berkaitan dengan  Keselamatan Kerja dan Kesehatan Lingkungan dengan benar dan jujur.
3.9.2Mengklasifikasikan bahaya/kecelakaan  dilingkungan kerja dengan cermat dan disiplin.
3.9.3 Mendiskusikan prosedur kerja yang sesuai kaidah K3 dengan santun dan proaktif.
4.9.1 Menentukan  simbol dan peralatan K3 sesuai tempat kerja dengan tepat dan bertanggungjawab.
1.    Pengertian Keselamatan Kerja dan Kesehatan Lingkungan.
2.  Persyaratan dan Standar Kesehatan Lingkungan Kerja.
3.    Prosedur Keselamatan Kerja dan pencegahan Kecelakaan Kerja.
4.    Simbol dan Peralatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Mengeksplorasi :
Membaca konsep Keselamatan Kerja dan Kesehatan Lingkungan dari berbagai sumber.
Membaca peraturan pemerintah tentang Keselamatan Kerja dan Kesehatan Lingkungan.
Mendiskusikan prosedur kerja di tempat kerja/lingkungan/ sekolah yang sesuai kaidah K3  
Mengasosiasi
Menyusun rencana kerja pencegahan bahaya/ kecelakaan di lingkungan kerja sekolah/ lingkungan.
Mengkomunikasikan :
Membuat tanda/ informasi pencegahan/ evakuasi bencana
1. Penugasan
2. Pengamatan proses
3. Tes tertulis
4 JP
2 (4) JP
1. Internet/Web.
2. IPA SMK/MAK Kelas X , Dini Angreini, S.Pd, dkk.
3. Lingkungan Sekitar.
4. UU K3LH





20 JP
6 (12) JP


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran



Drs. SUWARNO, MM                                                                                      Ir. PURWO SUTANTO