RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN
Sekolah : SMK Jayawisata Surakarta
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : X/Gasal
Pemelajaran 1 : Ilmu Pengetahuan dan Metode Ilmiah
Alokasi Waktu : 4 pertemuan @ 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala amal biotik
Indikator :
- Langkah-langkah metode ilmiah diijelaskan dan masing-masing diberikan contohnya.
Tujuan Pemelajaran :
- Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat menjelaskan pengertian pengetahuan, ilmu pengetahuan dan penelitian dengan benar.
- Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah dengan benar.
- Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat memberikan contoh langkah-langkah metode ilmiah dengan benar.
Materi :
- Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan
- Metode Ilmiah dan Penelitian
Metode Pemelajaran : CBSA (cara belajar siswa aktif), diskusi, eksplorasi, simulasi/ praktik.
Media Pemelajaran :
1. Buku Materi Pelajaran/ Ilmu Pengetahuan Alam SMK.
2. LCD Proyektor, Laptop.
3. Foto-Foto/video kegiatan ilmiah.
Langkah Kegiatan Pemelajaran :
Pertemuan Pertama
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi: 1. Siswa mempelajari materi A. Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan, buku IPA Formatif Hal. 3-5. 2. Guru dengan menggunakan multimedia pembelajaran/LCD, menjelaskan akan materi yang sulit dipahami siswa. 3. Siswa mengerjakan kegiatan di halaman 5. 4. Guru melakukan pengamatan dan penilaian sikap sekaligus membimbing siswa selama mengerjakan kegiatan. 5. Guru bersama siswa mendiskusikan hasil kerja kegiatan siswa. |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran. 2. Guru menugaskan siswa mengerjakan soal ulangan harian 1 sebagai tugas rumah (PR). |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan Kedua
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 |
Kegiatan Inti/Elaborasi: 1. Guru bersama siswa mengoreksi jawaban ulangan harian 1 (PR). 2. Guru menjelaskan ulang akan materi pertanyaan yang belum/sulit dipahami siswa. 3. Siswa melanjutkan mempelajari materi Metode Ilmiah dan Penelitihan (buku IPA Formatif) hal. 6-8. 4. Siswa mengerjakan kegiatan di halaman 9. 5. Guru melakukan pengamatan dan penilaian sikap sekaligus membimbing siswa selama mengerjakan kegiatan. 6. Guru bersama siswa mendiskusikan hasil kerja kegiatan siswa. |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran. 2. Guru menugaskan siswa mengerjakan soal ulangan harian 2 sebagai tugas rumah (PR). |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan Ketiga
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi: 1. Guru bersama siswa mengoreksi jawaban ulangan harian 2 (PR). 2. Guru menjelaskan ulang akan materi pertanyaan yang belum/sulit dipahami siswa. 3. Siswa mengerjakan soal Uji Kompetensi 1. 4. Guru bersama siswa mengoreksi jawaban Uji Kompetensi 1. 5. Guru mengevaluasi/menganalisis hasil pekerjaan siswa uji kompetensi 1. |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran. 2. Guru menugaskan siswa mempelajari materi pelajaran 2. |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan Keempat.
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
3. Siswa melanjutkan melakukan pengamatan percobaan kegiatan 1. 4. Siswa bersama guru mendiskusikan temuan dari pengamaan percoban kegiatan 1. |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: Guru menugaskan siswa untuk mempelajara materi pemelajaran 2. |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Penilaian :
- Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.
- Penilaian hasil kerja (kegiatan dan tugas rumah).
- Tes tertulis
Alat Penilaian : Tes tertulis
A. Pilihlah satu jawaban yang Anda anggap paling benar !
1. Ilmu pengetahuan berasal dari bahasa Yunani, yaitu ….
A. Scientia D. sains
B. Science E. sistematisasi
C. to know
2. Pengetahuan dari seorang nenek moyang tentang adanya jin penunggu dipohon beringin disebut pengetahuan ….
A. ordinary knowledge D. pra-ilmiah
B. knowledge E. metode ilmiah
C. non-ilmiah
3. Pengetahuan yang diolah dan disusun secara metodis, sistematis dan koheren tentang suatu bidang tertentu dari kenyataan disebut ….
A. ilmu D. sains
B. ilmu pengetahuan E. tehnologi
C. metode
4. Pengetahuan disusun secara koheren, artinya ….
A. diperoleh dengan cara analisis refleksif dengan mencari hubungan antara konsep-konsep
B. menggunakan metode-metode tertentu
C. menggunakan langkah-langkah tertentu yang teratur dan terarah
D. merupakan rangkaian yang saling terkait dan berkesusaian
E. hanya dibatasi pada salah satu kenyataan
5. Hasil penerapan sains dalam kehidupan sehari-hari disebut dengan….
A. biologi D. penelitian
B. ketrampilan E. tehnologi
C. metode
6. Suatu cara memecahkan masalah ilmiah dengan langkah-langkah tertentu yang sistematis dan teratur disebut ….
A. pengertian ilmiah D. metode ilmiah
B. penelitian ilmiah E. langkah ilmiah
C. penelitian non ilmiah
7. Prosedur stimuli dan respon memiliki ciri sistematis yang berarti ….
A. dapat diterima akal D. bersifat realistis
B. berdasarkan kenyataan E. melalui konsep tertentu
C. memiliki tata urutan tertentu
8. Ada urutan langkah metode ilmiah sebagai berikut:
1. mengumpulkan data 2. eksperimen 3.kesimpulan 4. hipotesis
5. masalah
Urutan metode ilmiah yang benar adalah ….
A. 1-2-3-4-5 D. 4-2-3-1-5
B. 2-3-5-4-1 E. 4-1-2-4-3
C. 5-1-4-2-3
9. Dibawah ini yang bukan merupakan cara-cara mengumpulkan data/ keterangan, adalah ….
A. keperpustakaan D. mengadakan pengamatan
B. membaca internet E. merenung dalam kelas
C. mempelajari laporan
10. Hal tersebut diatas dilakukan karena untuk ….
A. mencari masalah
B. memiliki sikap kritis
C. mencari tahu jawaban untuk masalahnya
D. mengangkat derajat golongan
E. mempraktekkan sesuatu yang diminati
11. Ada hubungan gigitan nyamuk dengan penyakit malaria, pernyataan tersebut merupakan langkah dalam metode ilmiah yaitu ….
A. rumusan masalah D. pengamatan (observasi)
B. data atau keterangan E. kesimpulan
C. hipotesis
12. Hipotesis harus dibuktikan dengan ….
A. mengumpulkan data D. melakukan eksperimen
B. mengajukan masalah E. menarik kesimpulan
C. mengadakan pengamatan
13. Dibawah ini yang bukan merupakan sikap ilmiah adalah ….
A. bersikap terbuka D. selalu ingin tahu
B. bersikap objektif E.memaksakan kehendak
C. teliti
14. Metodologi berasal dari kata method dan logi, method mempunyai arti ….
A. ilmu D. empiris
B. cara E. fakta
C. akal
15. Mengukur suatu besaran dengan hasta dapat menimbulkan kekeliruan, karena ….
A. tidak setiap orang memiliki hasta
B. hasta orang satu berbeda panjangnya dengan hasta orang lain
C. panjang hasta berubah-ubah
D. ada orang yang kidal ada yang tidak
E. satuan hasta tidak berlaku umum
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar !
1. Apa yang dimaksud pengetahuan non ilmiah?, berikan contohnya !
2. Jelaskan yang dimaksud dengan metode ilmiah !
3. Apakah manfaat teknologi terhadap pengetahuan?
4. Berikan pengertian sistematik dalam konteks penelitian ilmiah !
5. Apabila percobaan sudah sampai pada kesimpulan, langkah apa yang perlu dikerjakan ?
Kunci Jawaban
Bagian A (tiap jawaban benar skor 1 )
1. A 2. C 3.B 4.D 5.E 6.D 7. C 8. C 9. E 10.C 11.C 12.A 13.E 14.B 15.B
Bagian B
- Pengetahuan non-ilmiah adalah hasil serapan indera atau instuisi terhadap pengalaman hidup sehari-hari yang tidak perlu dan tidak mungkin diuji kebenarannya sehingga tidak dapat dikembangkan menjadi pengetahuan ilmiah. Misalnya pengetahuan orang tertentu tentang jin atau makhluk halus di tempat tertentu, keampuhan pusaka, manfaat air cucian benda pusaka untuk menyembuhkan penyakit, dll. (skor 3)
- Metode ilmiah merupakan suatu cara sistematis yang digunakan oleh para ilmuwan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. (skor 3)
- Teknologi sebagai hasil penerapan ilmu pengetahuan, yang selanjutnya teknologi berberan sebagai alat bantu untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. (skor 3)
- Sistematik berarti suatu penelitian harus disusun dan dilaksanakan secara berurutan sesuai pola dan kaidah yang benar. (skor 3)
- Setelah membuat kesimpulan kemudian membuat saran-saran yang mungkin bisa dikerjakan atau bahkan dihindari oleh peneliti lain. Seterusnya membuat publikasi hasil penelitian. (skor 3)
Nilai Akhir = ( skor A + skor B)/3
Sumber Belajar/Bacaan:
- IPA FORMATIF SMK X A, terbitan Viva Pakarindo, Klaten
- Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK X, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
- Internet
Surakarta, Juli 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru IPA
SUPRAPTI, S.Pd., M. Si Ir. PURWO SUTANTO
NIP: - NIP:
RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN
Sekolah : SMK Jayawisata Surakarta
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : X/Gasal
Pemelajaran 2 : Rancangan Penelitian
Alokasi Waktu : 5 pertemuan @ 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala amal biotik
Indikator :
- Gejala-gejala alam biotik di lingkungan sekitar diidentifikasi secara cermat dan masalah yang ditemukan dirumuskan dengan jelas.
- Hipotesis disusun sebagai solusi terhadap masalah yang telah dirumuskan. Rumusan hipotesis memperlihatkan hubungan antar variabel.
- Rencana penelitian disusun dengan varibel-variabel (manipulasi, respon, dan kontrol) yang akan diukur, prosedur, cara pengumpulan data dan mengolah data diuraikan dengan jelas.
- Variabel-variabel penelitian diperlakukan dan diukur dengan teliti/akurat, diolah serta simpulan yang dibuat sesuai dengan data.
Tujuan Pemelajaran :
- Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat membuat rumusan langkah penelitian dengan benar.
- Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat menjelaskan tentang hipotesis dengan benar.
- Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat membuat variasi hipotesis dengan benar.
- Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat membuat proposal penelitian secara lengkap dan benar.
- Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat menerapkan rancangan penelitian dengan benar.
Materi :
- Penelitian
- Proposal Penelitian
Metode Pemelajaran : CBSA (cara belajar siswa aktif), diskusi, eksplorasi, simulasi/ praktik.
Media Pemelajaran :
1. Buku Materi Pelajaran/ Ilmu Pengetahuan Alam SMK.
2. LCD Proyektor, Laptop.
3. Foto-Foto/video kegiatan ilmiah.
Langkah Kegiatan Pemelajaran :
Pertemuan Pertama
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi: 1. Siswa mempelajari materi Pemelajaran 2 bagian A. Penelitian, buku IPA Formatif Hal. 14-24. 2. Guru dengan menggunakan multimedia pembelajaran/LCD, menjelaskan akan materi yang sulit dipahami siswa. |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran. 2. Guru menugaskan siswa mengerjakan soal ulangan harian 1 sebagai tugas rumah (PR). |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan Kedua
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi: 1. Guru bersama siswa mengoreksi jawaban ulangan harian 1 (PR). 2. Guru menjelaskan ulang akan materi pertanyaan yang belum/sulit dipahami siswa. 3. Siswa melanjutkan mempelajari materi bagian B. Proposal Penelitian (buku IPA Formatif) hal. 26-17. 4. Guru dengan mengunakan multi media pembelajaran, menjelaskan materi yang belum dikuasai siswa. 5. Siswa mengerjakan kegiatan 2 di halaman 27. 6. Guru melakukan pengamatan dan penilaian sikap sekaligus membimbing siswa selama mengerjakan kegiatan. 7. Guru bersama siswa mendiskusikan hasil kerja kegiatan siswa. |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran. 2. Guru menugaskan siswa mengerjakan persiapan kegiatan 1 hal 24, sebagai tugas rumah (PR). |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan Ketiga
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi: 1. Guru bersama siswa mengevaluasi persiapan pelaksanaan kegiatan 1/ (PR). 2. Guru menjelaskan akan materi percobaan yang sulit dipahami siswa. 3. Siswa melakukan percobaan Kegiatan 1. |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran. 2. Guru menugaskan siswa mengerjakan soal uji kompetensi 2 pelajaran 2 sebagai PR. |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan Keempat
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi: 1. Guru bersama siswa mengoreksi hasil pekerjaan siswa dalam mengerjaakan soal Uji Kompetensi 1 (PR). 2. Guru menjelaskan ulang akan materi pertanyaan yang belum/sulit dipahami siswa. 3. Siswa melanjutkan melakukan pengamatan percobaan kegiatan 1. 4. Siswa bersama guru mendiskusikan temuan dari pengamaan percoban kegiatan 1. |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran. 2. Guru menugaskan siswa mempersiapan penguasaan materi pemelajaran 2 untuk menghadapi uji kompetensi 2 |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan Kelima
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
|
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran. 2. Guru menugaskan siswa untuk mempelajara materi pemelajaran 3 sambil terus memantau percobaan sampai selesai/berakhir. |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Penilaian :
- Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.
- Penilaian hasil kerja (kegiatan dan tugas rumah).
- Tes tertulis
Alat Penilaian : tes tertulis
A. Pilihlah satu jawaban yang Anda anggap paling benar !
1. Dari rumusan masalah, apakah cahaya matahari berpengaruh terhadap pertumbuhan kecambah jagung ? maka bunyi Hipotesis nol (Ho) nya adalah ….
A. cahaya matahari sangat penting bagi kehidupan tumbuhan
B. kecambah jagung mudah tumbuh di lingkungan yang lembab
C. ada pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan tanaman
D. tidak ada pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan kecambah jagung
E. tidak ada pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan jagung
2. Berdasarkan pernyataan hipotesis " pertumbuhan tanaman tomat yang diberi pupuk kandang akan lebih baik daripada pertumbuhan tanaman tomat yang tidak diberi pupuk kandang ", variabel bebasnya adalah ….
A. pupuk kandang D. pertumbuhan tanaman tomat
B. tanaman tomat E. tanaman tomat dan pupuk kandang
C. pertumbuhan
3. Pernyataan yang benar tentang ciri-ciri perumusan hipotesis adalah ….
A. berarti pendapat atau teori D. menunjukkan hubungan antar teori
B. ditulis dalam kalimat tanya E. harus dapat diuji (testable)
C. berisi pernyataan pengalaman
4. Sebuah penelitian yang hanya ingin mengetahui ada tidaknya perbedaan tanpa harus mengatakan kelompok mana yang lebih dari kelompok lainnya, maka perumusan hipotesis yang digunakan adalah ….
A. Satu Arah D. Komparatif
B. Dua Arah E. Alternatif
C. Korelasi
5.Variabel bebas disebut juga dengan ….
A. Variabel Tergantung D. Variabel Moderator
B. Dependent Variable E. Intervening Variable
C. Independent Variable
6.Desain penelitian dilakukan untuk memperoleh data yang akan digunakan untuk ….
A. kelengkapan percobaan D. mengelompokkan jenis penelitian
B. menguji hipotesis E. menguji analisis penelitian
C. pembuktian kajian teori
7. Variabel penelitian memiliki rumusan yang bersifat konseptual sehingga maknanya masih abstrak, maka diperlukan adanya batasan pada rumusan variabel dengan merumuskan definisi operasionalnya sehingga memiliki arti yang bersifat ….
A. tunggal D. konseptual
B. ganda E. kriteria variabel
C. antiquous
8. Judul penelitian dikatakan baik apabila ….
A. terdiri dari satu kalimat D. mencerminkan masalah yang aktual
B. singkat dan spesifik E. merupakan saran
C. merupakan kesimpulan
9. Variabel manipulasi dari pernyataan " pohon jeruk yang menerima paling banyak air akan menghasilkan jeruk terbanyak " adalah ….
A. ukuran buah jeruk D. hasil buah jeruk
B. pohon jeruk E. ukuran
C. jumlah air
10. Apabila yang akan diteliti tentang konsumen suatu supermarket, maka yang menjadi objek penelitiannya adalah ….
A. barang yang diproduksi D. General Manager
B. orang yang membeli E. semua orang yang ada di supermarket
C. staff supermarket tersebut
11. Sampel yang diambil merupakan bagian dari populasi maka ciri-ciri yang dimiliki sampel harus dimiliki juga oleh ….
A. Sampel D. Penduduk
B. Konsumen E. Populasi
C. Variabel
12. Instrumen penelitian merupakan alat untuk mengukur variabel yang digunakan untuk ….
A. menyusun tinjauan pustaka D. mengumpulkan data
B. merumuskan hipotesis E. membuat kesimpulan
C. menganalisa data
13. Instrumen pengumpulan data dalam suatu penelitian yang menggunakan tanya jawab secara tatap muka untuk memperoleh informasi yang diperlukan adalah ….
A. Observasi D. Dokumentasi
B. Wawancara E. Angket
C. Deskriptif
14. Dibawah ini yang termasuk jenis data kualitatif adalah ….
A. buah mangga rasanya manis
B. tinggi badan Andi 150 cm
C. panjang daun mangga 15 cm
D. suhu air mendidih mencapai 100 derajat celcius
E. volume alkohol yang digunakan 20 ml
15. Seorang siswa melakukan pengamatan tentang kecepatan pertumbuhan pada kacang panjang selama 4 hari. Hasil pengamatannya adalah sebagai berikut : hari pertama panjang kecambah adalah 2 cm, hari kedua bertambah 4 cm, hari ketiga bertambah lagi 3 cm, dan hari keempat bertambah lagi 3 cm. Data tersebut tidak mungkin ditampilkan dalam bentuk ….
A. tabel D. diagram batang
B. grafik E. diagram lingkaran
C. diagram baris
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar !
1. Jelaskan perbedaan prosedur penalaran deduktif dan induktif !
2. Apa yang dimaksud dengan latar belakang masalah ?
3. Apa yang dimaksud dengan pengamatan (observasi) ?
4. Berilah dua contoh pengamatan secara kuantitatif !
5 Apakah isi dari tinjauan pustaka dalam laporan penelitian ?
Kunci Jawaban
Bagian A (skor benar 1)
1. D 2. A 3.E 4.B 5.C 6.B 7. A 8. B 9. C
10.B 11.A 12.D 13.B 14.A 15.E
Bagian B
- Jawab: Prosedur penalaran induktif yaitu cara berpikir untuk menarik kesimpulan umum dari berbagai kasus individual (khusus) atau deduktif yaitu cara berpikir untuk menarik kesimpulan yang bersifat khusus dari pernyataan yang bersifat umum. (skor 3)
- Jawab: Latar belakang masalah memuat hal-hal yang melatar belakangi dilakukannya penelitian, apa hal yang menarik untuk melakukan penelitian biasanya karena adanya kesenjangan antara kesenjangan antara yang seharusnya dan kenyataan. Dalam bagian ini dimuat deskripsi singkat wilayah penelitian dan juga jika diperlukan hasil penelitian peneliti sebelumnya (skor 3)
- Jawab: Observasi atau pengamatan bertujuan untuk mendapatkan informasi atau pengetahuan dari suatu obyek atau peristiwa. Pengamatan dapat dilakukan dengan panca indera atau ditambah dengan alat bantu, misalnya mikroskup, teropong dan lain-lain. (skor 3)
- Jawab: Pengamatan jumlah mobil yang lewat di jalan pada jam tertentu. Pengamatan kecepatan gerak tertentu. Dan lain-lain. (skor 3)
- Jawab: Informasi yang relevan untuk penelitian dan Hasil penelitian sebelumnya (jika sudah ada). (skor 3)
Nilai Akhir (skor A + skor B) / 3
Sumber Belajar/Bacaan:
- IPA FORMATIF SMK X A, terbitan Viva Pakarindo, Klaten.
- Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK X, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
- Internet
Surakarta, Juli 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru IPA
SUPRAPTI, S.Pd., M. Si Ir. PURWO SUTANTO
RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN
Sekolah : SMK Jayawisata Surakarta
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : X/Gasal
Pemelajaran 3 : Pengolahan dan Penyajian Data
Alokasi Waktu : 2 pertemuan @ 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala amal biotik
Indikator :
- Variabel-variabel penelitian diperlakukan dan diukur dengan teliti/akurat, diolah serta simpulan yang dibuat sesuai dengan data.
- Laporan penelitian ditulis, dikomunikasikan dan hasilnya dipertahankan dengan argumentasi yang sesuai.
Tujuan Pemelajaran :
- Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat menjelaskan cara pengujian hipotesis dengan benar.
- Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat mengolah data hasil penelitian dengan benar.
- Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat membuat penyajian data dengan benar.
Materi : Pengujian Statistik
Metode Pemelajaran : CBSA (cara belajar siswa aktif), diskusi, eksplorasi, simulasi/ praktik.
Media Pemelajaran :
1. Buku Materi Pelajaran/ Ilmu Pengetahuan Alam SMK.
2. LCD Proyektor, Laptop.
Langkah Kegiatan Pemelajaran :
Pertemuan Pertama
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi: 1. Siswa mempelajari materi Pemelajaran 3 2. Guru dengan menggunakan multimedia pembelajaran/LCD, menjelaskan akan materi yang sulit dipahami siswa. |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran. 2. Guru menugaskan siswa mengerjakan kegiatan halaman 44 sebagai tugas rumah (PR). |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan Kedua
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
2. Guru menjelaskan ulang akan materi pertanyaan yang belum/sulit dipahami siswa. 3. Siswa mengerjakan soal ulangan harian hal 44. 4. Guru bersama siswa mengevaluasi hasil kerja siswa. 5. Guru menjelaskan ulang materi yang menjadi kesulitan siswa. |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran. 2. Guru menugaskan siswa mengerjakan persiapan pembelajaran 4 |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
IX. Penilaian :
- Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.
- Penilaian hasil kerja (kegiatan dan tugas rumah).
- Tes tertulis
X. Alat Penilaian : tes praktik
Suatu penelitian untuk mengetahui umur pelanggan arena bermain (Play Station) ABC selama satu minggu berdasar umur (th) diperoleh data sebagai berikut :
Umur 10 tahun : 3 orang Umur 12 tahun : 5 orang Umur 15 tahun : 2 orang
Umur 17 tahun : 8 orang Umur 18 tahun : 12 orang Umur 20 tahun : 5 orang
Umur 21 tahun : 5 orang Umur 23 tahun : 3 orang Umur 25 tahun : 1 orang
Umur 26 tahun : 3 orang Umur 27 tahun : 2 orang
- Tentukan mean, modus, dan median.
- Buatlah tampilan datanya dalam bentuk diagram pie.
Langkah Penyelesaian:
1. Urutkan data tersebut dari umur yang termuda ke yang tertua. Dari urutan seperti ini dapat diketahui nilai modusnya, yaitu yang jumlah pesertanya terbesar (umur 18 tahun).
2. Untuk menghitung nilai mean gunakan rumus 9. (18.42 tahun)
3. Untuk menentukan besarnya median, cari letaknya dengan menggunakan rumus 10. (18 tahun)
4. untuk membuat diagram pie bisa menggunakan MS excel atau cara manual. Secara manual bisa dihitung persentase peserta kelomopk umur (misal kelompok umur 10-15 tahun: (10/49)x 100% = 20,4%) dst.
Sumber Belajar/Bacaan:
- IPA FORMATIF SMK X A, terbitan Viva Pakarindo, Klaten
- Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK X, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
- Internet
Surakarta, Juli 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru IPA
SUPRAPTI, S.Pd., M. Si Ir. PURWO SUTANTO
RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN
Sekolah : SMK Jayawisata Surakarta
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : X/Gasal
Pemelajaran 4 : Identifikasi Masalah Gejala Alam Biotik
Alokasi Waktu : 8 pertemuan @ 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik
Indikator :
- Gejala-gejala alam biotik di lingkungan sekitar diidentifikasi secara cermat dan masalah yang ditemukan dirumuskan dengan jelas.
Tujuan Pemelajaran :
- Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat menjelaskan prinsip dasar pertumbuhan makhluk hidup dengan benar.
- Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat menjelaskan prinsip dasar perkembangbiakan makhluk hidup dengan benar.
- Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat menjelaskan prinsip dasar adaptasi dan perilaku makhluk hidup dengan benar.
- Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat menjelaskan peranan mikroba dalam kehidupan dengan benar.
- Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat menjelaskan kaitan antara pertumbuhan, perkembangbiakan, dan adaptasi makhluk hidup dengan benar.
Materi :
- Pertumbuhan dan Perkembangan.
- Reproduksi dan Perkembangbiakan.
- Pemencaran Organisme.
- Adaptasi.
- Mikroba dan Kehidupan.
Metode Pemelajaran : CBSA (cara belajar siswa aktif), diskusi, eksplorasi, simulasi/ praktik.
Media Pemelajaran :
1. Buku Materi Pelajaran/ Ilmu Pengetahuan Alam SMK.
2. LCD Proyektor, Laptop.
3. Foto-Foto/videopembelajaran yang relevan
Langkah Kegiatan Pemelajaran :
Pertemuan Pertama
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi: 1. Siswa mempelajari materi pemelajaran 4 bagian A , buku IPA Formatif Hal. 45-48. 2. Guru dengan mengunakan multi media pembelajaran, menjelaskan materi yang sulit dipahami siswa. 3. Siswa mengerjakan kegiatan di halaman 48. 4. Guru melakukan pengamatan dan penilaian sikap sekaligus membimbing siswa selama mengerjakan kegiatan. 5. Guru bersama siswa mendiskusikan hasil kerja kegiatan siswa. |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran. 2. Guru menugaskan siswa mengerjakan soal ulangan harian 1 sebagai tugas rumah (PR). |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan Kedua
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi: 1. Guru bersama siswa mengoreksi jawaban ulangan harian 1 (PR). 2. Guru menjelaskan ulang akan materi pertanyaan yang belum/sulit dipahami siswa. 3. Siswa melanjutkan mempelajari materi B. Reproduksi (buku IPA Formatif) hal. 49. 4. Guru dengan menggunakan multimedia pembelajaran/LCD, menjelaskan materi yang belum/sulit dipahami siswa. 5. Siswa mengerjakan kegiatan di halaman 55. 6. Guru melakukan pengamatan dan penilaian sikap sekaligus membimbing siswa selama mengerjakan kegiatan. 7. Guru bersama siswa mendiskusikan hasil kerja kegiatan siswa. |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran. 2. Guru menugaskan siswa mengerjakan soal ulangan harian 2 sebagai tugas rumah (PR). |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan Ketiga
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi: 1. Guru bersama siswa mengoreksi jawaban ulangan harian 2 (PR). 2. Guru menjelaskan ulang akan materi pertanyaan yang belum/sulit dipahami siswa. 3. Siswa melanjutkan mempelajari materi C. Pemencaran Organisme (buku IPA Formatif) hal. 56. 4. Guru dengan menggunakan multimedia pembelajaran/LCD, menjelaskan akan materi yang sulit dipahami siswa Siswa mengerjakan kegiatan di halaman 58. 5. Guru melakukan pengamatan dan penilaian sikap sekaligus membimbing siswa selama mengerjakan kegiatan. 6. Guru bersama siswa mendiskusikan hasil kerja kegiatan siswa. |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran. 2. Guru menugaskan siswa mengerjakan soal ulangan harian 3 sebagai tugas rumah (PR). |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan Keempat
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi: 1. Guru bersama siswa mengoreksi jawaban ulangan harian 3 (PR). 2. Guru menjelaskan ulang akan materi pertanyaan yang belum/sulit dipahami siswa. 3. Siswa melanjutkan mempelajari materi D. Adaptasi (buku IPA Formatif) hal. 59. 4. Guru dengan menggunakan multimedia pembelajaran/LCD, menjelaskan akan materi yang sulit dipahami siswa. Siswa mengerjakan kegiatan di halaman 61. 5. Guru melakukan pengamatan dan penilaian sikap sekaligus membimbing siswa selama mengerjakan kegiatan. 6. Guru bersama siswa mendiskusikan hasil kerja kegiatan siswa. |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran. 2. Guru menugaskan siswa mengerjakan soal ulangan harian 4 sebagai tugas rumah (PR). |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan Kelima
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi: 1. Guru bersama siswa mengoreksi jawaban ulangan harian 4 (PR). 2. Guru menjelaskan ulang akan materi pertanyaan yang belum/sulit dipahami siswa. 3. Siswa melanjutkan mempelajari materi E. Mikroba dan Kehidupan (buku IPA Formatif) hal. 62. 4. Guru dengan menggunakan multimedia pembelajaran/LCD, menjelaskan akan materi yang sulit dipahami siswa. |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran. 2. Guru menugaskan siswa mengerjakan soal ulangan harian 5 dan kegiatan 5 sebagai tugas rumah (PR). |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan Keenam
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi: 1 . Guru bersama siswa mengoreksi jawaban ulangan harian 5 (PR). 2. Guru menjelaskan ulang akan materi pertanyaan yang belum/sulit dipahami siswa 3. Guru bersama siswa mendiskusikan hasil kerja kegiatan 5 halaman 71. |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran. 2. Guru menugaskan siswa untuk mempelajari materi pemelajaran 4 untuk persiapan uji kompetensi 4. |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan Ketujuh
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
|
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi:
|
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan Kedelapan
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
|
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi:
|
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Penilaian :
- Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.
- Penilaian hasil kerja (kegiatan dan tugas rumah).
- Tes tertulis
Alat Penilaian : Tes tertulis
A. Pilihlah satu jawaban yang Anda anggap paling benar !
1. Ragi yang kita beli di toko merupakan..................
A. karbohidrat yang mengandung bakteri D. protein yang mengandung enzim
B. karbohidrat yang mengandung enzim E. protein yang mengandung jamur
C. karbohidrat yang mengandung jamur
2. Alasan virus dianggap sebagai makhluk hidup adalah.......
A. tak mempunyai ADN dan ARN D. tak dapat dikristalkan
B. bertahan pada suhu tinggi E. menyebabkan penyakit
C. dapat berkembangbiak
3. Contoh bakteri yang banyak dijumpai di laut adalah......
A. Clostridium botolinum D. Rhizobium leguminusorum
B. Flavobacterium E. Azotobacter sp.
C. Anabaena azollae
4. Bakteri anaerob berbeda dengan bakteri aerob karena......
A. bakteri anaerob hidup dengan adanya oksigen
B. bakteri anaerob hidup ditempat yang lembab
C. bakteri anaerob hidup ditempat kering
D. bakteri anaerob hidup tanpa oksigen bebas
E. bakteri aerob hidup tanpa oksigen
5. Pemberian Rhizopun dan Mucor pada pembuatan tempe bertujuan agar sebagai bahan makanan kedelai menjadi mudah.....
A. diolah D. ditumbuhi jamur
B. dimasak E. dicerna
C. diperkaya protein
6. Beberapa bakteri yang tidak menghasilkan antibiotik adalah:
A. Bacillus brevis D. Bacillus polymyxa
B. Flavobacterium E. Bacillus polymyxa, Bacillus subtilis
7. Berikut ini yang bukan termasuk adaptasi fisiologi adalah....
A. kelenjar bau pada musang. D. kelenjar madu pada bunga
B. kantong tinta pada cumi-cumi. E. semprotan tinta pada gurita
C. pigmen Kulit pada kadal.
8. Ciri-ciri maklhuk hidup yang erat hubungannya dengan usaha pelestarian jenisnya adalah.....
A. memerlukan makanan D.memiliki iritabilitas
B. berkembang biak E. mengalami pertumbuhan
C. memerlukan oksigen
9. Setiap makhluk hidup memiliki kemampuan untuk berkembang biak. Tujuan makhluk hidup berkembang biak adalah .....
A.memperkuat kelompok D. menghasilkan keturunan yang baik
B.menambah anggota populasi E. menjaga kelestarian jenisnya
C. menambah keturunan
10. Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri dengan bantuan.....
A. matahari D. udara
B. angin E. panas
C. air hujan
11.Di bawah ini yang paling kuat sebagai alasan berkurangnya populasi katak di persawahan adalah.......
A. penggunaan pestisida oleh petani D. berkurangnya populasi tikus
B. berkurangnya populasi ular E. meningkatnya populasi ular
C. munculnya pertanian organik
12. Berkurangnya populasi kucing liar di suatu komplek perumahan disebabkan oleh.....
A.peracunan tikus oleh warga D. berkurangnya tempat berteduh kucing
B.berkurangnya stok pangan warga E. maraknya bahan pengawet makanan
C. meningkatnya populasi tikus
13. Salah satu bakteri yang digunakan sebagai tolok ukur adanya pencemaran air oleh tinja manusia adalah bakteri .....
A. Escherichia coli D. Bacillus anthracis
B. Mycobacterium tuberculosis E. Actynomyces bovis
C. Vibrio fetus
14. Bakteri Rhizobium memiliki manfaat yang sangat besar dalam hal.....
A. menyuburkan tanaman karena membantu mengikat N2 bebas.
B. menghasilkan nitrit yang menyuburkan tanah.
C. digunakan untuk pembuatan tempe.
D. mengikat CO2 bebas dari udara.
E. meningkatkan kadar O2 di udara.
15. Blooming algae dapat menyebabkan biota air lainnya mati karena.....
A. algae memakan biota air lain.
B. menyebabkan kadar oksigen dalam perairan menurun.
C. meningkatkan duhu dalam perairan.
D. algae mengambil nutrisi yang diperlukan biota air lain.
E. menurunkan derajat keasaman (pH) perairan.
16. Agar makhluk hidup berubah sifatnya, maka yang diubah adalah.....
A. makanannya D. lingkungannya
B. tempat hidupnya E. perawatannya
C. materi genetiknya
17. Untuk dapat berkembang biak secara vegetatif, makhluk hidup tidak membutuhkan......
A. sel kelamin pasangan D. perkawinan silang
B. tempat yang cocok E. kelompok yang kuat
C. makanan yang cukup
18. Untuk dapat berkembang biak secara generatif, makhluk hidup membutuhkan......
A. sel kelamin pasangan D.perkawinan
B. tempat yang cocok E.kelompok yang kuat
C. makanan yang cukup
19. Penyerbukan secara alogami terjadi bila.....
A. serbuk sari dan putik berasal dari bunga yang sama dalam satu individu.
B. serbuk sari dan putik berasal dari individu yang berlainan varietas.
C. serbuk sari dan putik berasal dari bunga lain dalam satu pohon.
D. serbuk sari dan putik berasal dari bunga individu lain tapi masih satu varietas.
E. serbuk sari dan putik berasal dari satu individu, tetapi terjadi sebelum bunga mekar.
20. Pada umumnya di tepi pantai banyak tumbuh pohon kelapa. Pertumbuhan pohon kelapa itu didukung oleh adanya kemampuan penyebaran secara.....
A. hidrokori D.antropokori
B. anemokori E.ornitokori
C. zookori
21. Mencangkok adalah salah satu cara perkembangbiakan vegetatif buatan, hal ini bertujuan....
A. menghasilkan varietas yang dapat dibudidayakan.
B. melindungi varietas liar supaya tidak punah.
C. menghasilkan spesies tumbuhan bunga yang baru.
D. mencegah tumbuhnya parasit yang tidak diinginkan.
E. melestarikan sifat aslinya.
22. Penghambatan secara alami pada perbanyakan generasi makhluk hidup dapat dilakukan dengan cara.....
A. bencana alam D. pemisahan pasangan
B. pemandulan E. pembunuhan masal
C. pemutusan siklus reproduksi
23. Apabila selama pertumbuhan tanaman mengalami kekurangan cahaya akan mengakibatkan .......
A. klorosis D. kematian
B. kerdil E. pembengkokan
C. etiolasi
24. Untuk meningkatkan perbaikan kualitas bunga pada tanaman dibutuhkan hormon.......
A. auksin D. etilen
B. giberelin E. asam traumalin
C. antokalin
25. Berikut ini yang bukan cara adaptasi tumbuhan menahun terhadap lingkungan kering adalah.......
A. akar panjang, jangkauan luas.
B. daun berubah menjadi bulu.
C. mempunyai jaringan penyimpan air.
D. daun tipis dan lebar.
E. daun kecil atau menjadi sisik.
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar !
1. Jelaskan pengertian perkembangan dan pertumbuhan pada makhluk hidup !
2. Apakah perbedaan antara tumbuhan dan hewan dalam pemenuhan kebutuhan makanan?
3. Sebutkan lima contoh bakteri yang berguna bagi manusia !
4. Jelaskan manfaat jamur bagi manusia!
5. Jelaskan apa manfaat katak bagi keseimbangan alam !
6. Jelaskan apa yang terjadi jika pada penyerbukan sendiri, kepala putiknya matang lebih dahulu dari kepala sari!
7. Apa yang dimaksud fertilisasi eksternal?
8. Apa yang terjadi jika pada katak jika pada musim kawin katak tidak terdapat air yang menggenang?
9. Bagaimana pendapat anda jika dalam perkampungan terdapat banyak ular yang berkeliaran di perumahan penduduk?
10. Apa yang seharusnya anda lakukan ketika pohon tanaman tertentu di pekarangan anda merontokkan daunnya?
Kunci Jawaban
Bagian A (skor jawaban benar 2)
1. A 2. C 3.B 4.D 5.E 6.B 7. E 8. B 9. E 10.A
11.D 12.A 13.A 14.A 15.B 16.C 17.A 18.A 19.D 20.A
21.E 22.A 23.C 24.C 25.D
Bagian B:
- Jawab: Pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran sel atau organisme. Pertumbuhan ini bersifat kuantitatif/ terukur. Perkembangan adalah proses menuju kedewasaan pada organisme. (skor 3)
- Jawab: Tumbuhan mampu membuat makanannya sendiri (bersifat autotrof) hewan bersifat heterotrof ( membutuhkan bahan organik dari makhluk hidup lain). (skor 2)
- Jawab: Lactobacillus bulgaricus, Streptococcus thermophilus, Streptococcus lactis, Lactobacillus sp., Pediococcus cerevisiae, Lactobacillus bulgaricus dan Srteptococcus lactis dan lain-lain. (skor 3)
- Jawab: Beberapa jamur aman dimakan manusia bahkan beberapa dianggap berkhasiat obat, dan beberapa yang lain beracun. Contoh jamur yang bisa dimakan: jamur merang (Volvariela volvacea), jamur tiram (Pleurotus), jamur kuping (Auricularia polytricha), jamur kancing atau champignon (Agaricus campestris), dan jamur shiitake (Lentinus edulis). (skor 5)
- Jawab: Katak pemakan serangga menempati posisi sebagai karnivora tingkat kedua. Katak sebagai sumber makanan bagi karnivora tingkat tiga. (skor 3)
- Jawab: Putik sebagai penghasil sel kelamin betina sedangkan kepala sari akan menghasilkan serbuk sari. Jika pada penyerbukan sendiri (autogami) putik matang lebih dahulu dari pada kepala sari maka penyerbukan tidak akan terjadi. Dalam penyerbukan sendiri seharusnya kepala sari dengan putik matang bersamaan. (skor 5)
- Jawab: Pembuahan dimana bertemunya sel telur dengan sperma (sel jantan) terjadi di luar tubuh induknya. (skor 2)
- Jawab: Telur katak biasanya ditaruh diperairan untuk memberikan lingkungan pertumbuhan telur katak yang menetas. Jika tidak ada air, maka berudu tidak bisa hidup, sehingga tidak akan terjadi penambahan populasi dan generasi katak berikutnya. (skor 3)
- Jawab: Ular biasanya memangsa tikus atau katak. Jika berkeliaran di perumahan berarti di situ banyak berkeliaran makanan ular. (skor 2)
- Jawab: Dibiarkan berserakan begitu saja agar tujuan pengguguran daun ( mencegah penguapan air tanah) dan mengurangi penguapan pada tumbuhan, sehingga tidak lekas mengalami kekeringan, baik pada batang maupun pada tanah (tanah tetap lembab). (skor 3)
Nilai Akhir ( skor A + skor B)/8
Sumber Belajar/Bacaan:
- IPA FORMATIF SMK X A, terbitan Viva Pakarindo, Klaten
- Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK X, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
- Internet
Surakarta, Juli 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru IPA
SUPRAPTI, S.Pd., M. Si Ir. PURWO SUTANTO
NIP: - NIP:
DOKUMEN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
MAPEL ILMU PENGETAHUAN ALAM
IPA
SEMESTER GENAP
KELAS: X, XI, XII
SEMUA KEAHLIAN
Ir. PURWO SUTANTO
SMK JAYAWISATA SURAKARTA
Jl. Sekar Jagad I. Pajang, Laweyan, Surakarta
Telp. 0271 720017 email: mellu539@yahoo.co.id