RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN
Sekolah : SMK Jayawisata Surakarta
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : X/Genap
Pemelajaran I : Pengertian dan sifat materi
Alokasi Waktu : 5 pertemuan @ 2 x 45 menit
I. Standar Kompetensi : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
II. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam abiotik
III. Indikator:
- Menjelaskan pengertian dan macam-macam wujud materi.
- Menyebutkan contoh materi sesuai sifatnya.
- Mengidentifikasi dan menyebutkan contoh perubahan materi sesuai sifatnya.
IV. Tujuan Pemelajaran :
- Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menjelaskan pengertian materi dengan benar.
- Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menjelaskan wujud materi dengan benar.
- Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menyebutkan contoh materi sesuai sifatnya dengan benar.
- Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menyebutkan contoh perubahan materi sesuai sifatnya dengan benar.
V. Materi Pemelajaran :
1. Pengertian Materi .
2. Wujud Materi dan Perubahannya.
3. Sifat-sifat Materi
4. Perubahan Materi
VI. Metode Pemelajaran : CBSA (cara belajar siswa aktif), eksplorasi, kooperatif.
VII. Media Pemelajaran :
1. Buku Materi Pelajaran/ Bahan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK.
2. LCD Proyektor, Laptop.
3. Foto-Foto/gambar/video
VIII. Sumber Belajar/Bacaan:
- Bahan Pelajaran FORMATIF Ilmu Pengetahuan Alam SMK X B terbitan Viva Pakarindo, Klaten
- Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK X, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
- Internet
IX. Langkah Kegiatan Pemelajaran :
Pertemuan pertama
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
|
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi:
|
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan Kedua
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
|
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi:
|
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan ketiga
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
|
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi:
|
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan keempat
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
|
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi:
|
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan kelima
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
5 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
|
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi:
|
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
X. Penilaian :
1. Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.
2. Penilaian hasil kerja (ulangan harian tugas rumah)
3. Tes tertulis.
XI. Alat Penilaian
A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar, tulis dalam kertas kerja anda!
1. Satuan Internasional untuk suhu adalah .......
A. Kelvin D.Reamur
B. Celsius E. Joule
C. Fahrenheit
2. Yang digunakan untuk penetapan titip tetap atas thermometer Fahrenheit adalah .......
A. es mencair diberi skala nol D. Air mendidih diberi skala 100
B. es mencair diberi skala 32 E. Air mendidih diberi skala 212
C. air mendidih diberi skala 180
3. Ciri-ciri yang mengindikasikan adanya perubahan kimia, kecuali.......
A. perubahan warna D. Perubahan suhu
B. perubahan bau E. Perubahan jumlah
C. perubahan gas
4. Jika diketahui: I. asam laktat, II asam asetat, III asam sulfat, IV asam pospat. Zat yang termasuk asam organik adalah….
A. IV dan II D. I dan III
B. I dan II E. III dan IV
C. II dan III
5. Pada buah jeruk banyak mengandung senyawa asam organik .......
A. asam laktat D. Asam sitrat
B. asam asetat E. Asam jerat
C. asam propionat
6. Bahan berikut ini bersifat basa kecuali .......
A. cuka makan D. Cairan karbol
B. sabun cuci E. Air kapur
C. deterjen
7. menurut susunan partikelnya zat dapat dibedakan .......
A. padat, cair, gas D. Logam dan non logam
B. campuran dan senyawa E. Atom, unsur, senyawa
C. campuran dan murni
8. Emas dan tembaga memiliki lambing unsur .......
A. Em dan Te D. Te dan Es
B. Au dan Cu E. Fe dan Ag
C. Cu dan Au
9. Sebanyak 5 liter air pada tekanan 76 cm Hg akan mendidih pada suhu 100oC, jika volumenya tetap dan tekanan diubah menjadi 74 cm Hg maka air akan mendidih pada suhu…...
A. 100oC D. 102oC
B. kurang dari 100oC E. 98oC
C. lebih dari 100oC
10. Titik didih alkohol sebesar 78,3oC, artinya .......
A. alkohol akan berubah wujud dari cair ke padat pada suhu 78,3oC
B. alkohol akan berubah wujud dari cair ke gas pada suhu 78,3oK
C. alkohol akan berubah wujud dari gas ke cair pada suhu 78,3oC
D. alkohol akan berubah wujud dari padat ke cair pada suhu 78,3oC
E. alkohol akan berubah wujud dari gas ke padat pada suhu 78,3oC
11. Air di atas daun talas membentuk butiran-butiran air yang terpisah, hal ini disebabkan .......
A. ada gaya adesi D. Ada gaya kohesi
B. adesi air lebih kecil dari kohesinya E. Ada tegangan permukaan daun
C. gadesi air lebih besar dari kohesinya
12. Berikut ini yang termasuk perubahan kimia adalah .......
A. air menjadi es D. Lilin direbus
B. es membeku E. Lilin dibakar
C. air menguap
13. Berikut ini yang termasuk perubahan tidak dapat balik adalah .......
A. air menjadi es D. Lilin direbus
B. es membeku E. Lilin dibakar
C. air menguap
14. Pemisahan kafein dari serbuk kopi dalam air panas disebut .......
A. penyaringan D. kromatografi
B. ekstraksi E. kristalisasai
C. distilasi
15. Pada peristiwa perubahan pisang mentah menjadi matang selama diperam terjadi .......
A. perubahan fisika D. Perubahan warna
B. perubahan kimia E. Perubahan kekerasan
C. perubahan fisika dan perubahan kimia
B. Jawablah soal-soal berikut ini dengan singkat dan tepat!
1. Apakah yang dimaksud dengan senyawa?
2. Apakah yang dimaksud dengan senyawa organik?
3. Apakah yang dimaksud dengan senyawa oksida ?
4. Apakah yang dimaksud dengan reaksi kimia?
5. Mengapa benda padat tidak dapat mengalir?
Kunci Jawaban :
Bagian A:
1. A 2. E 3. E 4. B 5. D
6. A 7. E 8. B 9. B 10.C
11. B 12. E 13. E 14. B 15. C
Bagian B:
1. Jawab: zat yang dihasilkan dari ikatan antara atom penyusunnya, dan dapat dipisahkan secara kimia menjadi unsur penyusunnya
2. Jawab: senyawa yang dibangun oleh atom utamanya karbon, sehingga senyawa ini juga dikenal dengan istilah hidrokarbon, yang banyak terdapat di alam dan juga pada makhluk hidup.
3. Jawab: senyawa yang dibentuk oleh atom oksigen dengan atom lainnya
4. Jawab: perubahan materi penyusun ketika terjadi perubahan kimia yang terjadi pada materi atau zat, sehingga diperoleh zat sebelum reaksi dan zat sesudah reaksi.
5. Jawab: zat padat mempunyai susunan partikel yang teratur dan jarak antar partikel sangat dekat atau rapat sehingga ikatan antar partikelnya sangat kuat.
Norma Penilaian:
Bagian A jawaban benar skor 1
Bagian B tiap jawaban benar skor 3
Nilai akhir = (jumlah skor A + jumlah skor B )/ 3
Catatan :
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
Surakarta, ….. Januari 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru IPA
Suprapti, S.Pd., M.Si Ir. Purwo Sutanto
NIP: - NIP: -
RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN
Sekolah : SMK Jayawisata Surakarta
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Pemelajaran II : Bumi dan Gejala Alam
Kelas/Semester : X/Genap
Alokasi Waktu : 5 pertemuan, @ 2 x 45 menit
I. Standar Kompetensi : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
II. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam abiotik
III. Indikator:
1. Mengidentifikasi sifat-sifat lapisan bumi.
2. Mengidentifikasi beberapa macam gejala alam.
3. Menjelaskan proses terjadinya beberapa macam gejala alam.
IV. Tujuan Pemelajaran :
1. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menyebutkan sifat-sifat lapisan bumi dengan benar.
2. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat mengidentifikasi beberapa macam gejala alam dengan benar.
3. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menjelaskan proses terjadinya beberapa macam gejala alam dengan benar
V. Materi Pemelajaran :
1. Bentuk dan Struktur Lapisan Bumi
2. Gerakan Lapisan Bumi
3. Tenaga Eksogen dan Cuaca
VI. Metode Pemelajaran : CBSA (cara belajar siswa aktif), eksplorasi, kooperatif.
VII. Media Pemelajaran :
1. Buku Materi Pelajaran/ Bahan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK.
2. LCD Proyektor, Laptop.
3. Foto-Foto/gambar/video lapisan bumi dan gejala alam.
VIII. Sumber Belajar/Bacaan:
- Bahan Pelajaran FORMATIF Ilmu Pengetahuan Alam SMK XB terbitan Viva Pakarindo, Klaten
- Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK X, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
- Internet
IX. Langkah Kegiatan Pemelajaran :
Pertemuan pertama
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
|
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi:
|
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan Kedua
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
|
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi:
|
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan ketiga
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
|
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi:
|
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan keempat
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
|
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi:
|
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan kelima
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
5 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
|
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi:
|
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
X. Penilaian :
1. Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.
2. Penilaian hasil kerja (ulangan harian tugas rumah
3. Tes tertulis.
XI. Alat Penilaian :
A. Pilih salah satu jawaban yang paling benar, dan tulis di buku kerja anda!
1. Tenaga yang dapat menyebabkan kerusakan bentuk permukaan bumi seperti badai, erosi, abrasi disebut tenaga …..
A. endogen D. tektonik
B.eksogen E. volkanik
C. seisme
2. Yang tidak termasuk tenaga eksogen adalah…..
A. aberasi D. tektonisme
B. gletser E. pelapukan
C. erosi
3. Yang merupakan peristiwa perubahan benda yang terjadi secara kimia adalah….
A. terbentuknya es saat musim dingin D. hancurnya batu-batuan
B. perkaratan logam E. Terkikisnya tanah oleh air
C. hancurnya kayu oleh rayap
4. Pada pukul 07.00 suhu udara 27oC, pada pukul 13.00 berubah menjadi 31oC, sedangkan pada pukul 18.00 tercatat 28oC. berdasarkan data itu, maka suhu harian rata-rata adalah….
A. 31oC D. 29oC
B. 28,25oC E. 27,5oC
C. 21,5oC
5. Suatu daerah A memiliki ketinggian 500 meter dengan tekanan udara q mbar. Tekanan udara di kota B dengan lketinggian 720 meter adalah….
A. q+22 mbar D. 0,22 q bar
B. 22 q mbar E. 22 mbar
C. q – 22 mbar
6. Penyebab perbedaan atau perubahan tekanan udara di setiap tempat adalah…..
A. pergeseran matahari dan ketinggian D. Gerak revolusi bumi
B. cuaca dan suhsu udara E. Gerak rotasi bumi
C. suhu udara dan posisi
7. Faktor yang menentukan kelembaban udara adalah ….
A. jumlah uap air yang terkandung di udara D. Suhu udara
B. volume udara E. Massa udara kering
C. massa uap air di udara
8. Di daerah berhutan lebat lebih banyak curah hujan, hal tersebut terjadi karena….
A. di daerah berhutan banyak menerima panas
B. di daerah berhutan lebat banyak mengandung uap air
C. di daerah berhutan lebat lebih sedikit mengandung uap air
D. di daerah berhutan lebat terjadi proses pendinginan uap air
E. di daerah berhutan lebat banyak penguapan yang dihasilkan oleh tumbuh-tumbuhan.
9. Pergerakan lempeng kerak bumi ke bawah lempeng lainnya disebut............
A. plutonisme D. ekstrusi
B. sesar E. antiklin
C. penunjaman
10. Singkapan lapisan bumi yang mengarah ke bawah (turun) disebut....
A. tektonisme D. Siklin
B. antiklin E. divergensi
C. vulkanisme
11. Pemisah batas dua lempeng disebut ............
A. Sesar D. penunjaman
B. konvergensi E. disjungsi
C. metamorf
12. Getaran yang disebabkan karena pergerakan lapisan batu dari kerak bumi disebut ….
A. Gelombang gempa D. Gempa Vulkanik
B. Gelombang permukaan E. Letusan gempa
C. Gempa Tektonik
13. Titik dimana batuan pecah untuk pertama kalinya sehingga menyebabkan gempa bumi disebut dengan ….
A. Diatrema D. Ridge
B. Episentrum E. Stromboli
C. Fokus
14. Pada daerah lempeng sering terjadi gempa bumi . Hal ini disebabkan...
A. merupakan tempat keluarnya magma D.merupakan titik fokus
B. terjadi gerakan dan tekanan E.timbul retakan di tanah
C. terbentuk pancuran lava
15. Gunung yang terbentuk karena tabrakan antar lempeng, sehingga lempeng yang satu turun di bawah lempeng yang lain. Lempeng yang turun mulai mencair dan membentuk ….
A. kawah D. mantel
B. lava E. ridge
C. magma
B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar!
1. Sebutkan tiga macam lapisan penyusun bumi !
2. Fenomena apakah yang terjadi jika dua lempeng saling menjauh?
3. Sebutkan tiga jenis benda-benda vulkanik!
4. Gunung berapi yang letusan gas-gas magma yang terjadi menciptakan kawah dangkal selebar 50-2.000 meter akan membentuk apa?
5. Banyaknya panas matahari yang diterima permukaan bumi terutama dipengaruhi oleh apa saja?
Kunci Jawaban :
Bagian A:
1. B 2. D 3. D 4. B 5. C
6. A 7. A 8. E 9. C 10.D
11. A 12. C 13. C 14. B 15. D
Bagian B:
1. Jawab:
- Lapisan kerak bumi (Crust)
- Mantel
- Inti bumi
2. Jawab:
- Perenggangan lempeng yang disertai tumbukan kedua tepi lempeng.
- Aktivitas vulkanisme laut dalam yang menghasilkan lava basa berstruktur bantal (lava bantal) serta hamparan lelehan lava encer.
- Aktivitas gempa
3. Jawab:
- Benda cair yang terdiri dari lava, lahar, dan lahar hujan/lahar dingin.
- Benda padat (eflata) yang terdiri dari bom, lapili, kerikil vulkanik, dan abu vulkanik. Batu apung termasuk eflata yang dihasilkan dari buih magma dengan yang cepat membeku pada saat terlempar ke atas.
- Benda gas (CO2, H2S, N2, dan uap air (H2O).
4. Jawab: gunung berapi tipe maar
5. Jawab:
- lamanya penyinaran matahari;
- kemiringan sinar matahari;
- keadaan awan dan keadaan permukaan bumi.
Norma Penilaian:
Bagian A jawaban benar skor 1
Bagian B tiap jawaban benar skor 3
Nilai akhir = (jumlah skor A + jumlah skor B )/ 3
Catatan :
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
Surakarta, ….. Januari 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru IPA
Suprapti, S.Pd., M.Si Ir. Purwo Sutanto
NIP: - NIP: -
RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN
Sekolah : SMK Jayawisata Surakarta
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Pemelajaran III : Rotasi dan Revolusi Bumi
Kelas/Semester : X/Genap
Alokasi Waktu : 3 pertemuan @ 2 x 45 menit
I. Standar Kompetensi : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
II. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam abiotik
III. Indikator :
1. Menentukan posisi suatu tempat berdasarkan tata koordinat bumi.
2. Menjelaskan peristiwa rotasi bumi dan revolusi bumi.
3. Menjelaskan akibat rotasi dan revolusi bumi terhadap kehidupan.
IV. Tujuan Pemelajaran :
1. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menentukan posisi suatu tempat berdasarkan tata koordinat bumi dengan benar.
2. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menjelaskan peristiwa rotasi bumi dan revolusi bumi dengan benar.
3. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menjelaskan akibat rotasi dan revolusi bumi terhadap kehidupan dengan benar.
V. Materi Pemelajaran :
1. Tata Koordinat Bumi
2. Rotasi Bumi dan Akibatnya.
3. Revolusi Bumi dan Akibatnya.
4. Aktivitas Bulan dan Pengaruhnya terhadap Keadaan Bumi.
VI. Metode Pemelajaran : CBSA (cara belajar siswa aktif), eksplorasi, diskusi, kooperatif.
VII. Media Pemelajaran :
1. Buku Materi Pelajaran/ Bahan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK.
2. LCD Proyektor, Laptop.
3. Foto-Foto/gambar/video
VIII. Sumber Belajar/Bacaan:
- Bahan Pelajaran FORMATIF Ilmu Pengetahuan Alam SMK X B terbitan Viva Pakarindo, Klaten
- Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK X, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
- Internet
IX. Langkah Kegiatan Pemelajaran :
Pertemuan pertama
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
|
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi:
|
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan Kedua
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
|
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi:
|
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan ketiga
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
|
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi:
|
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
X. Penilaian :
1. Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.
2. Penilaian hasil kerja (ulangan harian tugas rumah).
3. Tes tertulis.
XI. Alat Penilaian :
A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar, tulis dalam kertas kerja anda!
- Bumi berputar pada porosnya dari barat ke timur disebut .......
A. rotasi D. Resolusi
B. revolusi E. resonansi
C. gerakan semu
- Suatu saat di kota Greenwich menunjukkan pukul 08.00, di kota yang terletak pada 60o bujur timur adalah pukul........
A. 04.00 D. 24.00
B. 12.00 E. 21.00
C. 08.00
- Gerak timur ke barat matahari dan benda-benda langit disebut.....
A. gerak matahari D. gerak semu harian
B. gerak semu matahari E. perpindahan
C. gerak harian
- Ada beberapa peristiwa yang dapat kita rasakan sehari-hari sebagai akibat dari rotasi bumi. Yang bukan merupakan akibat dari rotasi bumi .........
A. adanya gerak semu harian D. adanya perbedaan waktu
B. pengembungan di kutub bumi E. perbedaan lama siang-malam
C. pergantian siang-malam
- Perbedaan waktu antara WIB dan WIT adalah .......
A. 1 jam D. 3 menit
B. 3 jam E. 4 menit
C. 4 jam
- Bujur standar dari WITA adalah ......
A. 60o BT D. 120 o BT
B. 90 o BT E. 125 o BT
C. 135 o BT
- Bumi menempuh lintasan peredaran semunya memerlukan waktu .....
A. 24 jam 50 menit D. 23 jam
B. 24 jam E. 23 jam 50 menit
C. 23 jam 56 menit
- Tempat-tempat yang berselisih 1o bujur akan berbeda waktu ...... menit
A. 4 D. 30
B. 15 E. 5
C. 60
- Waktu standar yang digunakan di seluruh dunia terletak di......
A. Jakarta D. London
B. Indonesia E. Inggris
C. Greenwich
- Berikut yang termasuk dalam zone WITA adalah .....
A. Bali D. Jakarta
B. Maluku E. Sorong
C. Sumatra Utara
B. Jawab pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1. Pada jarak rentang lintang berapakah gerak semu tahunan matahari bergeser bolak-balik?
2. Bagaimanakah musim yang terjadi di belahan utara dan selatan katulistiwa pada tiap bulan April ?
3. Apa sebab pada bulan Juli kutub utara mengalami siang terus menerus selama 24 jam?
4. Bagaimanakah arah gerak revolusi bulan terhadap bumi?
5. Meskipun bulan berrevolusi terhadap bumi, namun bentuk permukaan bulan yang terlihat dari bumi selalu mirip. Mengapa demikian?
6. Apakah yang mempengaruhi tinggi rendahnya permukaan pasang surut air laut?
7. Apakah sebabnya kita di bumi hanya dapat mengamati setengah permukaan bulan yang sama saja, tidak setengah permukaan yang lain ?
8. Apakah sebabnya bentuk bulan yang tampak dari bumi berubah dengan teratur ?
9. Bagaimana urutan perubahan penampakan bulan dari bumi ketika terjadi gerhana bulan total?
10. Bagaimana posisi bumi, bulan dan matahari ketika terjadi gerhana matahari?
Kunci Jawaban :
Bagian A:
1. A 2. B 3. C 4. E 5. B
6. C 7. C 8. A 9. C 10.A
Bagian B:
1. Jawab : 23,5o LU sampai 23,5oLS.
2. Jawab : di utara musim semi, di selatan musim gugur.
3. Jawab : kutub utara bumi sedang menghadap ke arah matahari.
4. Jawab : bergerak dari arah barat menuju timur.
5. Jawab : rotasi bulan yang berkecepatan sama dengan revolusinya.
6. Jawab : posisi bulan-bumi-matahari.
7. Jawab : sebab kecepatan rotasi bulan dengan kecepatan revolusi bulan terhadap bumi sama.
8. Jawab : sebab sebagian permukaan bulan tidak mendapatkan sinar matahari karena terhalang baying-bayang bumi
9. Jawab : Gerhana penumbra → gerhana sebagian →gerhana total → gerhana sebagian → gerhana penumbra → bulan normal.
10. Jawab : bulan terletak di antara bumi dan matahari (konjungsi)
Norma Penilaian:
Bagian A jawaban benar skor 2
Bagian B tiap jawaban benar skor 3
Nilai akhir = (jumlah skor A + jumlah skor B )/ 5
Catatan :
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
Surakarta, ….. Januari 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru IPA
Suprapti, S.Pd., M.Si Ir. Purwo Sutanto
NIP: - NIP: -
RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN
Sekolah : SMK Jayawisata Surakarta
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Pemelajaran IV : Gempa Bumi dan Tsunami
Kelas/Semester : X/Genap
Alokasi Waktu : 4 pertemuan 2 x 45 menit
I. Standar Kompetensi : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
II. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam abiotik
III. Indikator:
1. Menjelaskan gejala alam yang berkaitan dengan gempa bumi.
2. Menjelaskan proses terjadinya gempa bumi.
3. Menjelaskan proses terjadinya tsunami.
4. Menyebutkan cara antisipasi kejadian gempa bumi atau terjadinya tsunami .
IV. Tujuan Pemelajaran :
1. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menjelaskan gejala alam yang berkaitan dengan gempa bumi dengan benar.
2. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menjelaskan proses terjadinya gempa bumi dengan benar.
3. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menjelaskan proses terjadinya tsunami dengan benar
4. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menyebutkan cara antisipasi kejadian gempa bumi atau terjadinya tsunami dengan benar
V. Materi Pemelajaran :
1. Gempa Bumi.
2. Tsunami.
VI. Metode Pemelajaran : CBSA (cara belajar siswa aktif), eksplorasi, diskusi, kooperatif, simulasi/pr aktik.
VII. Media Pemelajaran :
1. Buku Materi Pelajaran/ Bahan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK.
2. LCD Proyektor, Laptop.
3. Foto-Foto/video
VIII. Sumber Belajar/Bacaan:
- Bahan Pelajaran FORMATIF Ilmu Pengetahuan Alam SMK X B terbitan Viva Pakarindo, Klaten
- Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK X, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
- Internet
IX. Langkah Kegiatan Pemelajaran :
Pertemuan pertama
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
|
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi:
|
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan Kedua
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
|
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi:
|
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan ketiga
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
|
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi:
|
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan ke empat
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
5 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
|
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi:
|
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
X. Penilaian :
1. Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.
2. Penilaian hasil kerja (ulangan harian tugas rumah.
3. Tes tertulis.
XI. Alat Penilaian :
I. Pilihlah salah satu jawaban di bawah ini yang kau anggap paling benar !
1. Getaran yang disebabkan karena pergerakan lapisan batu dari kerak bumi disebut ….
a. Gelombang gempa d. Gempa Vulkanik
b. Gelombang permukaan e. Letusan gempa
c. Gempa Tektonik
2. Titik dimana batuan pecah untuk pertama kalinya sehingga menyebabkan gempa bumi disebut dengan ….
a. Diatrema d. Ridge
b. Episentrum e. Stromboli
c. Fokus
3. Lapisan bumi yang merupakan tempat terjadinya gempa, yaitu ….
a. Astenosfer d. Lapisan Inti
b. Litosfer e. Lapisan mantel
c. Lapisan kerak
4. Pada daerah lempeng sering terjadi gempa bumi . Hal ini disebabkan...
a. merupakan tempat keluarnya magma d.merupakan titik fokus
b. terjadi gerakan dan tekanan e.timbul retakan di tanah
c. terbentuk pancuran lava
5. Di bawah ini merupakan faktor-faktor terjadinya gempa, kecuali….
a. bergesernya batuan dalam kerak bumi
b. adanya gerakan lempeng bumi
c. pergerakan magma ke lapisan atas sehingga batu bergeser
d. munculnya energi yang dilepaskan
e. letusan gunung berapi yang dahsyat
6. Gelombang gempa ini menggerakkan batuan yang dilewatinya dengan gerakan naik turun dan menyamping yang mempunyai kecepatan + 4,5 Km / dt. ….
a. Gelombang episentrum d. Gelombang lempeng
b. Gelombang primer e. Gelombang sekunder
c. Gelombang permukaan
7. Gunung berapi yang terbentuk karena bertabrakannya antar lempeng, sehingga lempeng yang satu turun di bawah lempeng yang lain. Lempeng yang turun mulai mencair dan membentuk ….
a. kawah d. mantel
b. lava e. ridge
c. magma
8. Gaya yang berasal dari dalam bumi disebut...
a. epirogenetik d. endogen
b. orogenetik e. eksogen
c. transgesi
9. Tsunami adalah gelombang besar yang disebabkan oleh .....
a. angin d. Gempa bumi
b. air pasang e. Aktivitas gunung berapi
c. salinitas
10. Di bawah ini yang bukan merupakan karakteristik gempa tsunami adalah ….
- Kecepatan gelombang tergantung kedalaman pusat gempa
- Menimbulkan air bah setelah masuk kedaratan sekitar pantai.
- Sebelum terjadi tsunami muka air laut di pantai menurun drastis dari keadaan normal
- waktu peringatan tsunami tergantung pada jarak pusat gempa
- Dengan kecanggihan tehnologi terjadinya tsunami dapat diramalkan dengan tepat
11. Tsunami adalah gelombang besar yang disebabkan oleh .....
a. angin d. Gempa bumi
b. air pasang e. Aktivitas gunung berapi
c. salinitas
12. Kata tsunami mempunyai arti …..
a. Gelombang tersier d. Gelombang skunder
b. Gelombang primer e. Gelombang samudra
c. Gelombang pelabuhan
13. Berikut ini bukan merupakan bagian dari proses terjadinya tsunami adalah ….
a. Gempa tektonik bawah laut yang menyebabkan dasar laut naik atau turun
b. Pergeseran dasar laun yang menggerakan gelombang permukaan laut
c. Gelombang akibat gempa memasuki air dangkal kecepatanya semakin meningkat dan ketinggianya bertambah
d. Gelombang akibat gempa memasuki air dangkal kecepatanya semakin menunurun dan ketinggianya bertambah
e. Gelombang tsunami lepas pantai tidak lebih lebih besar dari gelombang normal, tetapi lebih cepat
14. Di bawah ini yang bukan merupakan karakteristik gempa tsunami adalah ….
a. Kecepatan gelombang tergantung kedalaman pusat gempa
b. Menimbulkan air bah setelah masuk kedaratan sekitar pantai.
c. Sebelum terjadi tsunami muka air laut di pantai menurun drastis dari keadaan normal
d. waktu peringatan tsunami tergantung pada jarak pusat gempa
e. Dengan kecanggihan tehnologi terjadinya tsunami dapat diramalkan dengan tepat
15. Dari pernyataan berikut :
(1) Pemasyarakatan peringatan dini tsunami
(2) Membuat bangunan anti gempa
(3) Latihan evakuasi tsunami
(4) Persedian fasilitas dan lahan
yang merupakan langkah-langkah antisipasi terjadinya tsunami adalah ….
a. (1), (2), (3) dan (4) d. (1), (2) dan (3)
b. (1) dan (2) e. (1), (2) dan (4)
c. (1), (3) dan (4)
B. Jawablah soal di bawah ini dengan jelas !
1. Apa yang kamu lakukan ketika terjadi gempa, padahal kamu sedang berada di gedung yang tinggi?
2. Bagaimana kaitan gempa bumi dengan tsunami ? Jelaskan !
3. Jelaskan dengan menggunakan teori pergeseran lempeng tektonik mengapa Indonesia merupakan negara yang paling rawan terhadap ancaman tsunami ?
4. Apakah perbedaan antara gempa tektonik, gempa volkanik dan tsunami?
5. Jelaskan dengan menggunakan teori pergeseran lempeng tektonik mengapa Indonesia merupakan negara yang paling rawan terhadap ancaman tsunami ?
Kunci Jawaban :
Bagian A:
1. A 2. C 3. C 4. B 5. C
6. B 7. D 8. D 9. D 10. B
11. D 12. E 13. D 14. B 15. B
Bagian B:
1. Jawab : Jika anda dalam bangunan, jangan panik.
- Lindungi kepala dan badan anda dari benda-benda keras, seperti eternit. Lampu, dll dengan bersembunyi di bawah meja yang kuat.
- Mencari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan goncangan.
- Jangan menggunakan lift saat terjadi gempa, jika terjebak dalam lift, hubungi manager gedung dengan menggunakan interphone jika tersedia.
- Ambil dan gunakan telepon seluler untuk berkomunikasi, jangan menggunakan telepon kabel.
2. Jawab : Sebagian besar tsunami disebabkan oleh pergeseran lempeng tektonik di dasar samudra sehingga saling menujam. Akibat tunjaman itu sebuah bongkahan dari dasar samudra tiba-tiba terdorong ke atas, atau tiba-tiba turun. Akibatnya air laut tiba-tiba terdorong ke atas atau tiba-tiba tersedot turun. Gerakan vertikal pada lempeng ini mengakibatkan gangguan kesetimbangan air yang ada di atasnya. Hal ini menyebabkan aliran energi laut yang ketika di tepi panai menjadi gelombang besar yang memindahkan sejumlah besar air laut ke daratan/pantai.
3. Jawab : Secara geografis, Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng utama, yaitu lempeng Hindia atau Indo-Australia di selatan yang bergerak relatif ke utara-timur dengan pergeseran 7 cm/tahun; Lempeng Eurasia di utara yang bergerak relatif 9 cm/tahun ; dan Lempeng Pasifik di sebelah Timur yang bergerak relatif ke barat dengan pergerakan 11 cm/tahun. Lempeng Indo-Australia yang berada di bawah Samudra Hindia menukik masuk ke bagian bawah lempeng benua Eurasia. Jadi jika di daerah pertemuan lempeng tadi terjadi gempa bumi dasyat ( lebih dari 6,5 SR) besar kemungkinan terjadinya tsunami.
4. Jawab : gempa tektonik disebabkan oleh aktivitas kerak bumi, gempa vulkanik disebabkan oleh aktivitas kegunungapian, tsunami adalah ombak yang sangat besar (tinggi) yang terjadi di daerah pantai/pelabuhan.
5. Jawab : Secara geografis, Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng utama, yaitu lempeng Hindia atau Indo-Australia di selatan yang bergerak relatif ke utara-timur dengan pergeseran 7 cm/tahun; Lempeng Eurasia di utara yang bergerak relatif 9 cm/tahun ; dan Lempeng Pasifik di sebelah Timur yang bergerak relatif ke barat dengan pergerakan 11 cm/tahun. Lempeng Indo-Australia yang berada di bawah Samudra Hindia menukik masuk ke bagian bawah lempeng benua Eurasia. Jadi jika di daerah pertemuan lempeng tadi terjadi gempa bumi dasyat ( lebih dari 6,5 SR) besar kemungkinan terjadinya tsunami.
Norma Penilaian:
Bagian A jawaban benar skor 1
Bagian B tiap jawaban benar skor 3
Nilai akhir = (jumlah skor A + jumlah skor B )/ 3
Catatan :
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
Surakarta, ….. Januari 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru IPA
Suprapti, S.Pd., M.Si Ir. Purwo Sutanto
NIP: - NIP:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar