RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : XI / 3
Kompetensi Keahlian : APH dan UPW
Pertemuan ke- : 1, 2 dan 3
Alokasi waktu : 6 X 45 menit
Kode Kompetensi : B 2.1
Standar Kompetensi : Memahami polusi dan dampaknya pada manusia dan lingkungan
Kompetensi Dasar : 2.1 Mengidentifikasi jenis limbah
Indikator :
1. Mendeskripsikan pengertian limbah sebagai buangan hasil akibat aktivitas manusia yang akan mengganggu kesetimbangan alam jika jumlahnya melebihi nilai ambang batas
2. Mengidentifikasi macam-macam limbah berdasarkan sumber yang ada di lingkungan
3. Mengelompokkan limbah berdasarkan jenis senyawa dan wujudnya dengan benar
4. Mendata dan memilah jenis limbah yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur ulang dengan benar
Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mendefinisikan pengertian limbah
2. Siswa dapat menyebutkan karakteristik limbah dan factor yang mempengaruhi kualitas limbah
3. Siswa dapat menjelaskan macam-macam limbah
4. Siswa dapat menjelaskan sumber limbah yang ada di lingkungan sekitar
5. Siswa dapat mrnjelaskan macam-macam contoh limbah padat, cair dan gas beserta sumbernya
6. Siswa dapat menjelaskan sifat-sifar fisik,kimiadan biologi suatu limbah
7. Siswa dapar menjelaskan limbah berbahaya dan beracun serta limbah industri beserta sumbernya
8. Siswa dapat mendata dan memilah jenis limbah yang dapat dimanfaatkan dengan daur ulang maupun tanpa daur ulang
Materi Pembelajaran :
a. Limbah dan jenisnya
b. Sifat dan karakteristik limbah
c. Sumber limbah
d. Limbah padat, cair, gas, B3 dan industri
e. Daur ulang limbah
Metode Pembelajaran:
a. Studi pustaka
b. Diskusi
c. Tanya jawab
d. Observasi
Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan pertama ( 2x 45 menit )
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi: 1) Menginformasikan tentang pengertian limbah di lingkungan 2) Memberi tugas siswa untuk mendiskusikan limbah-limbah yang ada di lingkungan sekitar kita 3) Siswa mempelajari tentang macam-macam limbah 4) Membimbing siswa untuk mengerjakan kegiatan individu |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1) Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan tentang pengertian limbah dan jenis-jenis limbah 2) Guru memberi tugas siswa untuk menyelesaikan kegiatan individu serta soal-soal sebagai tugas rumah |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan kedua ( 2 x 45 menit )
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi: 1) Guru mengevaluasi dan mengapresiasi hasi kerja siswa pada kegiatan individu 2) Guru membimbing siswa dalam tanya jawab tentang sumber-sumber limbah dari contoh limbah yang mereka ajukan 3) Guru membimbing siswa dalam mempelajari sifat-sifat limbah 4) Guru membantu siswa mempelajari dan berdiskusi tentang limbah padat dan limbah cair 5) Guru dan siswa membentuk kelompok siswa untuk mengerjakan kegiatan kelompok |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi:
|
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan ketiga ( 2 x 45 menit )
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi: 1) Mengevaluasi hasil kerja kelompok siswa dan membahas soal yang mengalami kesulitan 2) Membimbing siswa dalam mempelajari dan tanya jawab tentang limbah gas, B3 dan industri 3) Membimbing siswa untuk mengerjakan kegiatan kelompok tentang limbah berbahaya dan beracun 4) Membimbing siswa untuk mendata segala jenis limbah yang telah dipelajari dan membedakan antara limbah yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulangan dan dengan daur ulang 5) Membimbing siswa untuk mempresentasikan hasil daur ulang limbah |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1) Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan tentang materi pelajaran hari ini 2) Siswa mengerjakan soal-soal dan kegiatan individu |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
V. Alat dan Sumber Belajar:
- IPA FORMATIF SMK X A, terbitan Viva Pakarindo, Klaten
- Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK X, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
- Internet
- Majalah, koran, tabloid, jurnal.
- Lingkungan sekitar
VI. Penilaian:
a. Penugasan
b. Pengamatan proses
c. Tes tertulis
SOAL :
1) Apa yang dimaksud dengan limbah?
2) Jelaskan perbedaan sampah organik dan anorganik !
3) Sebutkan sumber-sumber limbah yang berwujud gas!
4) Jelaskan efek pada tubuh manusia akibat terkontaminasi kadmium !
5) Berilah 3 contoh masing-masing untuk limbah yang dapat dimanfaatkan dengan daur ulang dan tanpa daur ulang !
6). Buangan yang dihasilkan dari suatu proses atau aktivitas yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan disebut dengan ….
a. limbah
b. limbah cair
c. limbah padat
d. sampah
e. sampah anorganik
7). Dibawah ni merupakan karakteristik limbah, kecuali ….
a. berukuran mikro
b. dinamis
c. berdampak luas
d. berdampak jangka panjang
e. merupakan daya dukung
8). Limbah padat/ sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup disebut ….
a. limbah organik
b. limbah anorganil
c. limbah padat
d. limbah biotik
e. limbah abiotik
9). Contoh limbah anorganik adalah ….
a. sayuran
b. kulit buah
c. plastik
d. sisa potongan hewan
e. daun
10). Di lingkungan sekitar kita, seringkali tidak disadari banyak limbah berbahaya dan beracun seperti….
a. alumunium
b. baterai
c. kayu
d. kertas
e. plastik
Surakarta, Juli 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru IPA
SUPRAPTI, S.Pd., M. Si Ir. PURWO SUTANTO
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : XI / 3
Kompetensi Keahlian : APH dan UPW
Pertemuan ke- : 4, 5, 6 dan 7
Alokasi waktu : 8 X 45 menit
Kode kompetensi : B 2.2
Standar Kompetensi : Memahami polusi dan dampaknya pada manusia dan lingkungan
Kompetensi Dasar : 2.2 Mengidentifikasi jenis polusi pada lingkungan kerja
Indikator :
1. Mendefinisikan pengertian polusi
2. Mengidentifikasi jenis-jenis polusi berdasarkan keberadaan dan jenis lingkungan kerja
3. Menjelaskan tentang polusi air, tanah, udara dan sumber pencemarannya
Tujuan Pembelajaran:
a. Siswa dapat mendefinisikan pengertian polusi
b. Siswa dapat menyebutkan macam-macam polusi
c. Siswa dapat menjelaskan polusi air, siklus air, sumber pencemarannya dan sifat-sifat air tercemar
d. Siswa dapat menjelaskan komposisi tanah, proses pembentukan dan terjadinya
e. Siswa dapat menjelaskan komposisi udara, lapisan atmosfer, penyebab pencemaran udara serta efek rumah kaca
Materi Pembelajaran
a. Pengertian polusi
b. Jenis-jenis polusi
c. Polusi air dan sumber pencemaran air
d. Sifat-sifat air tercemar
e. Polusi tanah
f. Polusi udara dan efek rumah kaca
Metode Pembelajaran:
a. Studi pustaka
b. Diskusi
c. Tanya jawab
d. Observasi
Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan pertama
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi: 1) Menanyakan dan menginformasikan pengertian tentang polusi dan jenis-jenis polusi di lingkungan kerja 2) Membimbing siswa mempelajari polusi air 3) Membimbing siswa mempelajari tentang siklus air dan sumber-sumber pencemaran air 4) Menugaskan siswa mengamati tentang pencemaran air di lingkungan sekitar 5) Menugaskan siswa untuk mendata hasil pengamatannya dalam kegiatan individu |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1) Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan tentang materi pelajaran hari ini 2) Guru memberi tugas siswa untuk menyelesaikan kegiatan individu serta soal-soal sebagai tugas rumah |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan kedua
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi: 1) Membimbing siswa untuk mempelajari sifat-sifat air tercemar setelah mengadakan observasi tentang air yang tercemar 2) Membimbing siswa untuk mengemukakan pengeruh perubahan suhu terhadap perairan 3) Membimbing siswa untuk dapat membedakan air sadah tetap dan sementara beserta pengaruhnya 4) Membimbing siswa untuk memahami tentang nilai DO, BOD dan COD 5) Membimbing siswa untuk menjelaskan pengaruh mikroorganisme dan jenis-jenis mikroorganisme di perairan 6) Menugaskan kepada siswa untuk mengerjakan kegiatan individu dan soal-soal. |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1) Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan tentang materi pelajaran hari ini
|
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan ketiga
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
|
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1) Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan tentang materi pelajaran hari ini 2) Siswa mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru sebagai tugas rumah |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan keempat
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi:
|
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1) Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan tentang materi pelajaran hari ini 2) Guru memberi tugas untuk dikerjakan di rumah |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Alat dan Sumber Belajar:
- IPA FORMATIF SMK X A, terbitan Viva Pakarindo, Klaten
- Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK X, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
- Internet
- Majalah, koran, tabloid, jurnal.
- Lingkungan sekitar
Penilaian:
a. Penugasan
b. Pengamatan proses
c. Tes tertulis
1) Apa yang dimaksud dengan polusi?
2) Sebutkan jenis-jenis polusi!
3) Jelaskan akibat dari pemanasan global!
4) Sebutkan sumber-sumber pencemaran air !
5) Sebutkan syarat-syarat pemakaian pestisida!
6). Masuknya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam
lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun
disebut dengan ….
a. pencemar lingkungan
b. zat pencemar lingkungan
c. pencemaran lingkungan
d. polutan
e. populasi
7). Macam pencemaran berdasarkan tempat terjadinya adalah ….
a. pencemaran udara
b. pencemaran fisik
c. pencemaran kimiawi
d. pencemaran biologi
e. pencemaran yang menyebabkan sakit kronis
8). Di rawa-rawa yang banyak bahan organiknya menyebabkan kandungan
oksigennya ….
a. seimbang dengan bahan organik
b. dinamakan BOD
c. akan berlipat ganda
d. berkurang
e. semakin banyak
9). Mikroorganisme sering terdapat dalam air kotor, seperti Salmonella
typhosa yang menyebabkan penyakit ….
a. disentri basiler
b. tifus
c. kolera
d. hepatitis
e. disentri amuba
10).Efek rumah kaca dalam sehari-hari dapat kita ibaratkan seperti ….
a. kita berdiri di tengah lapang pada siang hari
b. rasa udara panas di malam hari
c. tanaman yang tidak pernah disiram air
d. kita duduk dalam mobil pada siang hari
e. kita berada di bawah pohon dengan angina sepoi-sepoi
Surakarta, Juli 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru IPA
SUPRAPTI, S.Pd., M. Si Ir. PURWO SUTANTO
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : XI / 3
Kompetensi Keahlian : APH dan UPW
Pertemuan ke : 8 dan 9
Alokasi waktu : 4 X 45 menit
Kode kompetensi : B 2.2
Standar Kompetensi : Memahami polusi dan dampaknya pada manusia dan lingkungan
Kompetensi Dasar : 2.2 Mengidentifikasi jenis polusi pada lingkungan kerja
Indikator :
1. Mendefinisikan pengertian polutan
2. Mengidentifikasi jenis-jenis polutan berdasarkan keberadaan dan jenis lingkungan kerja
3. Menjelaskan tentang polutan air, tanah, udara, dan sumber polutan.
Tujuan Pembelajaran:
a. Siswa dapat mendefinisikan pengertian polutan
b. Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat polutan
c. Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis polutan berdasarkan keberadaan dan jenis lingkungan kerja
d. Siswa dapat menjelaskan macam-macam polutan air dan sumber polutan
e. Siswa dapat menjelaskan macam-macam polutan udara dan sumber polutan
f. Siswa dapat menjelaskan macam-macam polutan tanah dan sumber polutan
g. Siswa dapat mendata jenis polutan yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur ulang
Materi Pembelajaran:
- Pengertian polutan
- Sifat-sifat polutan
- Polutan air, tanah dan udara beserta contohnya
Metode Pembelajaran:
a. Studi pustaka
b. Diskusi
c. Tanya jawab
d. Observasi
Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan pertama
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi: 1) Menginformasikan tentang pengertian polutan 2) Menanyakan bagaimana syarat-syarat suatu zat dikatakan sebagai polutan 3) Membimbing siswa untuk mempelajari sumber dan jenis polutan air berdasarkan perbedaan sifat-sifatnya 4) Membimbing siswa mempelajari proses terjadinya suatu zat menjadi polutan air dan dampaknya bagi kesehatan 5) Membimbing siswa mempelajari beberapa mikroorganisme yang digunakan sebagai indikator pencemaran di air 6) Membimbing siswa dalam mengerjakan kegiatan individu, diskusi kelompok dan soal-soal |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1) Guru dan siswa menyimpulkan tentang materi pelajaran hari ini 2) Guru memberi tugas kepada siswa untuk menyelesaikan soal-soal |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Pertemuan kedua
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1 | Pendahuluan/ Eksplorasi:
|
10 menit |
2 | Kegiatan Inti/Elaborasi: 1) Menanyakan kepada siswa tentang jenis-jenis polutan udara dan tanah yang ada di sekitar atau lingkungan kerja 2) Membimbing siswa mendiskusikan perbedaan sabun dan detergen 3) Membimbing siswa untuk mempelajari contoh-contoh polutan udara, sumber dan dampaknya 4) Menugaskan kepada siswa untuk mendata polutan yang dapat dimanfaatkan dengan dan tanpa daur ulang 5) Membimbing siswa untuk mengerjakan kegiatan individu dan soal-soal |
65-70 menit |
3 | Penutup/ Konfirmasi: 1) Siswa dan guru menyimpulkan tentang materi pelajaran hari ini 2) Guru menugaskan kepada siswa untuk membuat kelompok kliping tentang polusi dan polutan pada suatu lingkungan |
10-15 menit |
Jumlah waktu | 90 menit |
Alat dan Sumber Belajar:
- IPA FORMATIF SMK X A, terbitan Viva Pakarindo, Klaten
- Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK X, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
- Internet/ Majalah, koran, tabloid, jurnal.
- Lingkungan sekitar
Penilaian:
a. Penugasan
b. Pengamatan proses
c. Tes tertulis :
1) Apa yang dimaksud dengan polutan ?
2) Sebutkan ciri-ciri suatu zat dikatakan polutan !
3) Sebutkan sumber polutan CO di udara !
4) Sebutkan perbedaan detergen dan sabun !
5) Sebutkan 5 komponen yang termasuk polutan udara primer !
6) Zat atau bahan yang menyebabkan pencemaran disebut dengan ….
a. polutan
b. polusi
c . pencemaran
d. zat beracun
e. zat berbahaya
7) Lingkungan yang terkontaminasi dengan polutan, kualitasnya akan ….
a. meningkat
b. menurun
c. standar
d. sama dengan kuantitas
e. memprihatinkan
8) Karena dampak yang ditimbulkan, tidak semua zat dapat dikatakan polutan, hal ini disebabkan sifat polutan yang dapat ….
a. berada di berbagai tempat
b. muncul dengan tiba-tiba
c. bermanfaat bagi makhluk hidup
d. menyebabkan kerugian terhadap makhluk hidup
e. tidak menimbulkan efek samping bagi tanaman
9) Di bawah ini merupakan dampak yang diakibatkan polutan nitrat di perairan, kecuali ….
a. oksigen terlarut menjadi turun
b. populasi ikan menurun
c. berbau busuk
d. mempunyai rasi tidak enak
e. warna air menjadi kuning kemerah-merahan
10) Fosfor yang terkandung dalam perairan dalam bentuk senyawa organic terlarut yaitu terdapat pada ….
a. dalam sentawa autofosfat
b. kotoran organisme yang terurai
c. protoplasma
d. senyawa organik
e. senyawa fosfor organik
Surakarta, Juli 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru IPA
SUPRAPTI, S.Pd., M. Si Ir. PURWO SUTANTO
Tidak ada komentar:
Posting Komentar