Selasa, 14 Juni 2011

Rpp ipa smk xa

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN


 

Sekolah    : SMK Jayawisata Surakarta

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester     : X/Gasal

Pemelajaran 1    : Ilmu Pengetahuan dan Metode Ilmiah

Alokasi Waktu     : 4 pertemuan @ 2 x 45 menit


 

Standar Kompetensi     : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan


 

Kompetensi Dasar    : Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala amal biotik


 

Indikator :

  1. Langkah-langkah metode ilmiah diijelaskan dan masing-masing diberikan contohnya.


     

    Tujuan Pemelajaran :

  2. Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat menjelaskan pengertian pengetahuan, ilmu pengetahuan dan penelitian dengan benar.
  3. Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah dengan benar.
  4. Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat memberikan contoh langkah-langkah metode ilmiah dengan benar.


     

    Materi     :

  5. Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan
  6. Metode Ilmiah dan Penelitian


     

    Metode Pemelajaran : CBSA (cara belajar siswa aktif), diskusi, eksplorasi, simulasi/ praktik.

Media Pemelajaran :

1. Buku Materi Pelajaran/ Ilmu Pengetahuan Alam SMK.

2. LCD Proyektor, Laptop.

3. Foto-Foto/video kegiatan ilmiah.


 

Langkah Kegiatan Pemelajaran     :

    

    Pertemuan Pertama

No. 

Kegiatan Pemelajaran

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  1. Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  2. Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

1. Siswa mempelajari materi A. Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan, buku IPA Formatif Hal. 3-5.

2. Guru dengan menggunakan multimedia pembelajaran/LCD, menjelaskan akan materi yang sulit dipahami siswa.

3. Siswa mengerjakan kegiatan di halaman 5.

4. Guru melakukan pengamatan dan penilaian sikap sekaligus membimbing siswa selama mengerjakan kegiatan.

5. Guru bersama siswa mendiskusikan hasil kerja kegiatan siswa. 


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.

2. Guru menugaskan siswa mengerjakan soal ulangan harian 1 sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

    Pertemuan Kedua

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  1. Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  2. Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 


 

2 


 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

1. Guru bersama siswa mengoreksi jawaban ulangan harian 1 (PR).

2. Guru menjelaskan ulang akan materi pertanyaan yang belum/sulit dipahami siswa.

3. Siswa melanjutkan mempelajari materi Metode Ilmiah dan Penelitihan (buku IPA Formatif) hal. 6-8.

4. Siswa mengerjakan kegiatan di halaman 9.

5. Guru melakukan pengamatan dan penilaian sikap sekaligus membimbing siswa selama mengerjakan kegiatan.

6. Guru bersama siswa mendiskusikan hasil kerja kegiatan siswa.


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.

2. Guru menugaskan siswa mengerjakan soal ulangan harian 2 sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

    Pertemuan Ketiga

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  1. Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  2. Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

1. Guru bersama siswa mengoreksi jawaban ulangan harian 2 (PR).

2. Guru menjelaskan ulang akan materi pertanyaan yang belum/sulit dipahami siswa.

3. Siswa mengerjakan soal Uji Kompetensi 1.

4. Guru bersama siswa mengoreksi jawaban Uji Kompetensi 1.

5. Guru mengevaluasi/menganalisis hasil pekerjaan siswa uji kompetensi 1.


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.

2. Guru menugaskan siswa mempelajari materi pelajaran 2.


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

    Pertemuan Keempat.

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  1. Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  2. Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  1. Siswa mengerjakan tes/ Uji Kompetensi 1
  2. Guru bersama siswa mengoreksi hasil uji kompetensi 1.
  3. Guru melakukan analisis hasil evaluasi/uji kompetensi 1

3. Siswa melanjutkan melakukan pengamatan percobaan kegiatan 1.

4. Siswa bersama guru mendiskusikan temuan dari pengamaan percoban kegiatan 1.


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

Guru menugaskan siswa untuk mempelajara materi pemelajaran 2.


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

Penilaian     :

  1. Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.
  2. Penilaian hasil kerja (kegiatan dan tugas rumah).
  3. Tes tertulis


 

Alat Penilaian     : Tes tertulis


 

A. Pilihlah satu jawaban yang Anda anggap paling benar !

1. Ilmu pengetahuan berasal dari bahasa Yunani, yaitu ….

A. Scientia                D. sains

B. Science                E. sistematisasi

C. to know


 

2. Pengetahuan dari seorang nenek moyang tentang adanya jin penunggu dipohon beringin disebut pengetahuan ….

A. ordinary knowledge            D. pra-ilmiah

B. knowledge                E. metode ilmiah

C. non-ilmiah

3. Pengetahuan yang diolah dan disusun secara metodis, sistematis dan koheren tentang suatu bidang tertentu dari kenyataan disebut ….

    A. ilmu                    D. sains

    B. ilmu pengetahuan            E. tehnologi

C. metode

4. Pengetahuan disusun secara koheren, artinya ….

A. diperoleh dengan cara analisis refleksif dengan mencari hubungan antara konsep-konsep

B. menggunakan metode-metode tertentu

C. menggunakan langkah-langkah tertentu yang teratur dan terarah

D. merupakan rangkaian yang saling terkait dan berkesusaian

E. hanya dibatasi pada salah satu kenyataan

5. Hasil penerapan sains dalam kehidupan sehari-hari disebut dengan….

A. biologi                D. penelitian

B. ketrampilan                E. tehnologi

C. metode

6. Suatu cara memecahkan masalah ilmiah dengan langkah-langkah tertentu yang sistematis dan teratur disebut ….

A. pengertian ilmiah            D. metode ilmiah

B. penelitian ilmiah            E. langkah ilmiah

C. penelitian non ilmiah

7. Prosedur stimuli dan respon memiliki ciri sistematis yang berarti ….

A. dapat diterima akal            D. bersifat realistis

B. berdasarkan kenyataan            E. melalui konsep tertentu

C. memiliki tata urutan tertentu


 

8. Ada urutan langkah metode ilmiah sebagai berikut:

1. mengumpulkan data    2. eksperimen        3.kesimpulan    4. hipotesis

5. masalah

Urutan metode ilmiah yang benar adalah ….

A. 1-2-3-4-5                D. 4-2-3-1-5

B. 2-3-5-4-1                E. 4-1-2-4-3

C. 5-1-4-2-3

9. Dibawah ini yang bukan merupakan cara-cara mengumpulkan data/ keterangan, adalah ….

A. keperpustakaan            D. mengadakan pengamatan

B. membaca internet            E. merenung dalam kelas

C. mempelajari laporan

10. Hal tersebut diatas dilakukan karena untuk ….

A. mencari masalah

B. memiliki sikap kritis

C. mencari tahu jawaban untuk masalahnya

D. mengangkat derajat golongan

E. mempraktekkan sesuatu yang diminati

11. Ada hubungan gigitan nyamuk dengan penyakit malaria, pernyataan tersebut merupakan langkah dalam metode ilmiah yaitu ….

A. rumusan masalah            D. pengamatan (observasi)

B. data atau keterangan            E. kesimpulan

C. hipotesis

12. Hipotesis harus dibuktikan dengan ….

A. mengumpulkan data            D. melakukan eksperimen

B. mengajukan masalah            E. menarik kesimpulan

C. mengadakan pengamatan

13. Dibawah ini yang bukan merupakan sikap ilmiah adalah ….

A. bersikap terbuka            D. selalu ingin tahu

B. bersikap objektif            E.memaksakan kehendak

C. teliti

14. Metodologi berasal dari kata method dan logi, method mempunyai arti ….

A. ilmu                     D. empiris

B. cara                     E. fakta

C. akal


 


 

15. Mengukur suatu besaran dengan hasta dapat menimbulkan kekeliruan, karena ….

A. tidak setiap orang memiliki hasta

B. hasta orang satu berbeda panjangnya dengan hasta orang lain

C. panjang hasta berubah-ubah

D. ada orang yang kidal ada yang tidak

E. satuan hasta tidak berlaku umum


 

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar !

1. Apa yang dimaksud pengetahuan non ilmiah?, berikan contohnya !

2. Jelaskan yang dimaksud dengan metode ilmiah !

3. Apakah manfaat teknologi terhadap pengetahuan?

4. Berikan pengertian sistematik dalam konteks penelitian ilmiah !

5. Apabila percobaan sudah sampai pada kesimpulan, langkah apa yang perlu dikerjakan ?


 

Kunci Jawaban

Bagian A (tiap jawaban benar skor 1 )

1. A    2. C    3.B    4.D    5.E    6.D    7. C     8. C    9. E 10.C 11.C    12.A    13.E    14.B    15.B    


 

Bagian B

  1. Pengetahuan non-ilmiah adalah hasil serapan indera atau instuisi terhadap pengalaman hidup sehari-hari yang tidak perlu dan tidak mungkin diuji kebenarannya sehingga tidak dapat dikembangkan menjadi pengetahuan ilmiah. Misalnya pengetahuan orang tertentu tentang jin atau makhluk halus di tempat tertentu, keampuhan pusaka, manfaat air cucian benda pusaka untuk menyembuhkan penyakit, dll. (skor 3)
  2. Metode ilmiah merupakan suatu cara sistematis yang digunakan oleh para ilmuwan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. (skor 3)
  3. Teknologi sebagai hasil penerapan ilmu pengetahuan, yang selanjutnya teknologi berberan sebagai alat bantu untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. (skor 3)
  4. Sistematik berarti suatu penelitian harus disusun dan dilaksanakan secara berurutan sesuai pola dan kaidah yang benar. (skor 3)
  5. Setelah membuat kesimpulan kemudian membuat saran-saran yang mungkin bisa dikerjakan atau bahkan dihindari oleh peneliti lain. Seterusnya membuat publikasi hasil penelitian. (skor 3)


 

Nilai Akhir = ( skor A + skor B)/3


 

Sumber Belajar/Bacaan:

  1. IPA FORMATIF SMK X A, terbitan Viva Pakarindo, Klaten
  2. Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK X, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
  3. Internet


 

Surakarta, Juli 2010

Mengetahui

Kepala Sekolah                        Guru IPA


 


 


 


 


 


 

SUPRAPTI, S.Pd., M. Si                Ir. PURWO SUTANTO

NIP: -                            NIP:


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN


 

Sekolah    : SMK Jayawisata Surakarta

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester     : X/Gasal

Pemelajaran 2    : Rancangan Penelitian

Alokasi Waktu     : 5 pertemuan @ 2 x 45 menit


 

Standar Kompetensi     : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan


 

Kompetensi Dasar    : Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala amal biotik


 

Indikator :

  1. Gejala-gejala alam biotik di lingkungan sekitar diidentifikasi secara cermat dan masalah yang ditemukan dirumuskan dengan jelas.
  2. Hipotesis disusun sebagai solusi terhadap masalah yang telah dirumuskan. Rumusan hipotesis memperlihatkan hubungan antar variabel.
  3. Rencana penelitian disusun dengan varibel-variabel (manipulasi, respon, dan kontrol) yang akan diukur, prosedur, cara pengumpulan data dan mengolah data diuraikan dengan jelas.
  4. Variabel-variabel penelitian diperlakukan dan diukur dengan teliti/akurat, diolah serta simpulan yang dibuat sesuai dengan data.


     

    Tujuan Pemelajaran :

  5. Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat membuat rumusan langkah penelitian dengan benar.
  6. Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat menjelaskan tentang hipotesis dengan benar.
  7. Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat membuat variasi hipotesis dengan benar.
  8. Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat membuat proposal penelitian secara lengkap dan benar.
  9. Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat menerapkan rancangan penelitian dengan benar.


     

    Materi    :

  10. Penelitian
  11. Proposal Penelitian


     

    Metode Pemelajaran : CBSA (cara belajar siswa aktif), diskusi, eksplorasi, simulasi/ praktik.


 

Media Pemelajaran :

1. Buku Materi Pelajaran/ Ilmu Pengetahuan Alam SMK.

2. LCD Proyektor, Laptop.

3. Foto-Foto/video kegiatan ilmiah.


 

Langkah Kegiatan Pemelajaran     :


 

Pertemuan Pertama

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  1. Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  2. Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

1. Siswa mempelajari materi Pemelajaran 2 bagian A. Penelitian, buku IPA Formatif Hal. 14-24.

2. Guru dengan menggunakan multimedia pembelajaran/LCD, menjelaskan akan materi yang sulit dipahami siswa.


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.

2. Guru menugaskan siswa mengerjakan soal ulangan harian 1 sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

    Pertemuan Kedua

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  1. Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  2. Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

1. Guru bersama siswa mengoreksi jawaban ulangan harian 1 (PR).

2. Guru menjelaskan ulang akan materi pertanyaan yang belum/sulit dipahami siswa.

3. Siswa melanjutkan mempelajari materi bagian B. Proposal Penelitian (buku IPA Formatif) hal. 26-17.

4. Guru dengan mengunakan multi media pembelajaran, menjelaskan materi yang belum dikuasai siswa.

5. Siswa mengerjakan kegiatan 2 di halaman 27.

6. Guru melakukan pengamatan dan penilaian sikap sekaligus membimbing siswa selama mengerjakan kegiatan.

7. Guru bersama siswa mendiskusikan hasil kerja kegiatan siswa.


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.

2. Guru menugaskan siswa mengerjakan persiapan kegiatan 1 hal 24, sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

    Pertemuan Ketiga

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  1. Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  2. Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran hari ini.


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

1. Guru bersama siswa mengevaluasi persiapan pelaksanaan kegiatan 1/ (PR).

2. Guru menjelaskan akan materi percobaan yang sulit dipahami siswa.

3. Siswa melakukan percobaan Kegiatan 1.


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.

2. Guru menugaskan siswa mengerjakan soal uji kompetensi 2 pelajaran 2 sebagai PR.


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit


 

    Pertemuan Keempat

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  1. Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  2. Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

1. Guru bersama siswa mengoreksi hasil pekerjaan siswa dalam mengerjaakan soal Uji Kompetensi 1 (PR).

2. Guru menjelaskan ulang akan materi pertanyaan yang belum/sulit dipahami siswa.

3. Siswa melanjutkan melakukan pengamatan percobaan kegiatan 1.

4. Siswa bersama guru mendiskusikan temuan dari pengamaan percoban kegiatan 1.


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.

2. Guru menugaskan siswa mempersiapan penguasaan materi pemelajaran 2 untuk menghadapi uji kompetensi 2


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

    Pertemuan Kelima

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  1. Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  2. Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  1. Siswa mengerjakan tes/ Uji Kompetensi 2
  2. Guru bersama siswa mengoreksi hasil uji kompetensi 2.
  3. Guru melakukan analisis hasil evaluasi/uji kompetensi 2
  4. Siswa melanjutkan melakukan pengamatan percobaan kegiatan 1.
  5. Siswa bersama guru mendiskusikan temuan dari pengamaan percoban kegiatan 1.


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.

2. Guru menugaskan siswa untuk mempelajara materi pemelajaran 3 sambil terus memantau percobaan sampai selesai/berakhir.


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

Penilaian :

  1. Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.
  2. Penilaian hasil kerja (kegiatan dan tugas rumah).
  3. Tes tertulis


 

Alat Penilaian : tes tertulis


 

A. Pilihlah satu jawaban yang Anda anggap paling benar !

1. Dari rumusan masalah, apakah cahaya matahari berpengaruh terhadap pertumbuhan kecambah jagung ? maka bunyi Hipotesis nol (Ho) nya adalah ….

A. cahaya matahari sangat penting bagi kehidupan tumbuhan

B. kecambah jagung mudah tumbuh di lingkungan yang lembab

C. ada pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan tanaman

D. tidak ada pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan kecambah jagung

E. tidak ada pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan jagung

2. Berdasarkan pernyataan hipotesis " pertumbuhan tanaman tomat yang diberi pupuk kandang akan lebih baik daripada pertumbuhan tanaman tomat yang tidak diberi pupuk kandang ", variabel bebasnya adalah ….

A. pupuk kandang                D. pertumbuhan tanaman tomat

B. tanaman tomat                E. tanaman tomat dan pupuk kandang

C. pertumbuhan

3. Pernyataan yang benar tentang ciri-ciri perumusan hipotesis adalah ….

A. berarti pendapat atau teori            D. menunjukkan hubungan antar teori

B. ditulis dalam kalimat tanya            E. harus dapat diuji (testable)

C. berisi pernyataan pengalaman

4. Sebuah penelitian yang hanya ingin mengetahui ada tidaknya perbedaan tanpa harus mengatakan kelompok mana yang lebih dari kelompok lainnya, maka perumusan hipotesis yang digunakan adalah ….

A. Satu Arah                    D. Komparatif

B. Dua Arah                    E. Alternatif

C. Korelasi

5.Variabel bebas disebut juga dengan ….

    A. Variabel Tergantung            D. Variabel Moderator

    B. Dependent Variable            E. Intervening Variable

    C. Independent Variable

6.Desain penelitian dilakukan untuk memperoleh data yang akan digunakan untuk ….

    A. kelengkapan percobaan            D. mengelompokkan jenis penelitian

    B. menguji hipotesis                E. menguji analisis penelitian

    C. pembuktian kajian teori

7. Variabel penelitian memiliki rumusan yang bersifat konseptual sehingga maknanya masih abstrak, maka diperlukan adanya batasan pada rumusan variabel dengan merumuskan definisi operasionalnya sehingga memiliki arti yang bersifat ….

    A. tunggal                    D. konseptual

    B. ganda                    E. kriteria variabel

    C. antiquous

8. Judul penelitian dikatakan baik apabila ….

A. terdiri dari satu kalimat            D. mencerminkan masalah yang aktual

B. singkat dan spesifik            E. merupakan saran

C. merupakan kesimpulan

9. Variabel manipulasi dari pernyataan " pohon jeruk yang menerima paling banyak air akan menghasilkan jeruk terbanyak " adalah ….

A. ukuran buah jeruk                D. hasil buah jeruk

B. pohon jeruk                E. ukuran

C. jumlah air

10.    Apabila yang akan diteliti tentang konsumen suatu supermarket, maka yang menjadi objek penelitiannya adalah ….

    A. barang yang diproduksi            D. General Manager

    B. orang yang membeli            E. semua orang yang ada di supermarket

    C. staff supermarket tersebut

11.    Sampel yang diambil merupakan bagian dari populasi maka ciri-ciri yang dimiliki sampel harus dimiliki juga oleh ….

    A. Sampel                    D. Penduduk

    B. Konsumen                E. Populasi

    C. Variabel

12. Instrumen penelitian merupakan alat untuk mengukur variabel yang digunakan untuk ….

    A. menyusun tinjauan pustaka        D. mengumpulkan data

    B. merumuskan hipotesis            E. membuat kesimpulan

    C. menganalisa data

13. Instrumen pengumpulan data dalam suatu penelitian yang menggunakan tanya jawab secara tatap muka untuk memperoleh informasi yang diperlukan adalah ….

    A. Observasi                D. Dokumentasi

    B. Wawancara                E. Angket

    C. Deskriptif

14. Dibawah ini yang termasuk jenis data kualitatif adalah ….

A. buah mangga rasanya manis

B. tinggi badan Andi 150 cm

C. panjang daun mangga 15 cm

D. suhu air mendidih mencapai 100 derajat celcius

E. volume alkohol yang digunakan 20 ml

15. Seorang siswa melakukan pengamatan tentang kecepatan pertumbuhan pada kacang panjang selama 4 hari. Hasil pengamatannya adalah sebagai berikut : hari pertama panjang kecambah adalah 2 cm, hari kedua bertambah 4 cm, hari ketiga bertambah lagi 3 cm, dan hari keempat bertambah lagi 3 cm. Data tersebut tidak mungkin ditampilkan dalam bentuk ….

A. tabel                    D. diagram batang

B. grafik                    E. diagram lingkaran

C. diagram baris


 

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar !

1. Jelaskan perbedaan prosedur penalaran deduktif dan induktif !

2. Apa yang dimaksud dengan latar belakang masalah ?

3. Apa yang dimaksud dengan pengamatan (observasi) ?

4. Berilah dua contoh pengamatan secara kuantitatif !

5 Apakah isi dari tinjauan pustaka dalam laporan penelitian ?


 

Kunci Jawaban

Bagian A (skor benar 1)

1. D    2. A    3.E    4.B    5.C    6.B    7. A    8. B    9. C    

10.B    11.A    12.D    13.B    14.A    15.E    

Bagian B

  1. Jawab: Prosedur penalaran induktif yaitu cara berpikir untuk menarik kesimpulan umum dari berbagai kasus individual (khusus) atau deduktif yaitu cara berpikir untuk menarik kesimpulan yang bersifat khusus dari pernyataan yang bersifat umum. (skor 3)
  2. Jawab: Latar belakang masalah memuat hal-hal yang melatar belakangi dilakukannya penelitian, apa hal yang menarik untuk melakukan penelitian biasanya karena adanya kesenjangan antara kesenjangan antara yang seharusnya dan kenyataan. Dalam bagian ini dimuat deskripsi singkat wilayah penelitian dan juga jika diperlukan hasil penelitian peneliti sebelumnya (skor 3)
  3. Jawab: Observasi atau pengamatan bertujuan untuk mendapatkan informasi atau pengetahuan dari suatu obyek atau peristiwa. Pengamatan dapat dilakukan dengan panca indera atau ditambah dengan alat bantu, misalnya mikroskup, teropong dan lain-lain. (skor 3)
  4. Jawab: Pengamatan jumlah mobil yang lewat di jalan pada jam tertentu. Pengamatan kecepatan gerak tertentu. Dan lain-lain. (skor 3)
  5. Jawab: Informasi yang relevan untuk penelitian dan Hasil penelitian sebelumnya (jika sudah ada). (skor 3)

Nilai Akhir (skor A + skor B) / 3


 

Sumber Belajar/Bacaan:

  1. IPA FORMATIF SMK X A, terbitan Viva Pakarindo, Klaten.
  2. Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK X, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
  3. Internet

Surakarta, Juli 2010

Mengetahui

Kepala Sekolah                        Guru IPA


 


 


 

SUPRAPTI, S.Pd., M. Si        Ir. PURWO SUTANTO

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN


 

Sekolah    : SMK Jayawisata Surakarta

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester     : X/Gasal

Pemelajaran 3    : Pengolahan dan Penyajian Data

Alokasi Waktu     : 2 pertemuan @ 2 x 45 menit


 

Standar Kompetensi     : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan


 

Kompetensi Dasar    : Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala amal biotik


 

Indikator :

  1. Variabel-variabel penelitian diperlakukan dan diukur dengan teliti/akurat, diolah serta simpulan yang dibuat sesuai dengan data.
  2. Laporan penelitian ditulis, dikomunikasikan dan hasilnya dipertahankan dengan argumentasi yang sesuai.


     

    Tujuan Pemelajaran :

  3. Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat menjelaskan cara pengujian hipotesis dengan benar.
  4. Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat mengolah data hasil penelitian dengan benar.
  5. Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat membuat penyajian data dengan benar.


     

Materi    : Pengujian Statistik


 

Metode Pemelajaran : CBSA (cara belajar siswa aktif), diskusi, eksplorasi, simulasi/ praktik.


 

Media Pemelajaran :

1. Buku Materi Pelajaran/ Ilmu Pengetahuan Alam SMK.

2. LCD Proyektor, Laptop.


 

Langkah Kegiatan Pemelajaran     :

Pertemuan Pertama

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  1. Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  2. Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

1. Siswa mempelajari materi Pemelajaran 3
Pengujian Statistik, buku IPA Formatif Hal. 36-43.

2. Guru dengan menggunakan multimedia pembelajaran/LCD, menjelaskan akan materi yang sulit dipahami siswa.


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.

2. Guru menugaskan siswa mengerjakan kegiatan halaman 44 sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 

    Pertemuan Kedua

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  1. Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  2. Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  1. Siswa bersama guru melakukan diskusi tugas rumah

2. Guru menjelaskan ulang akan materi pertanyaan yang belum/sulit dipahami siswa.

3. Siswa mengerjakan soal ulangan harian hal 44.

4. Guru bersama siswa mengevaluasi hasil kerja siswa.

5. Guru menjelaskan ulang materi yang menjadi kesulitan siswa.


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.

2. Guru menugaskan siswa mengerjakan persiapan pembelajaran 4


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 

IX. Penilaian     :

  1. Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.
  2. Penilaian hasil kerja (kegiatan dan tugas rumah).
  3. Tes tertulis


 

X. Alat Penilaian     : tes praktik


 

Suatu penelitian untuk mengetahui umur pelanggan arena bermain (Play Station) ABC selama satu minggu berdasar umur (th) diperoleh data sebagai berikut :

Umur 10 tahun : 3 orang    Umur 12 tahun : 5 orang    Umur 15 tahun : 2 orang

Umur 17 tahun : 8 orang    Umur 18 tahun : 12 orang    Umur 20 tahun : 5 orang

Umur 21 tahun : 5 orang    Umur 23 tahun : 3 orang    Umur 25 tahun : 1 orang

Umur 26 tahun : 3 orang    Umur 27 tahun : 2 orang

  1. Tentukan mean, modus, dan median.
  2. Buatlah tampilan datanya dalam bentuk diagram pie.


 

Langkah Penyelesaian:

1. Urutkan data tersebut dari umur yang termuda ke yang tertua. Dari urutan seperti ini dapat diketahui nilai modusnya, yaitu yang jumlah pesertanya terbesar (umur 18 tahun).

2. Untuk menghitung nilai mean gunakan rumus 9. (18.42 tahun)

3. Untuk menentukan besarnya median, cari letaknya dengan menggunakan rumus 10. (18 tahun)

4. untuk membuat diagram pie bisa menggunakan MS excel atau cara manual. Secara manual bisa dihitung persentase peserta kelomopk umur (misal kelompok umur 10-15 tahun: (10/49)x 100% = 20,4%) dst.


 

Sumber Belajar/Bacaan:

  1. IPA FORMATIF SMK X A, terbitan Viva Pakarindo, Klaten
  2. Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK X, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
  3. Internet

Surakarta, Juli 2010

Mengetahui

Kepala Sekolah                        Guru IPA


 


 


 


 


 


 

SUPRAPTI, S.Pd., M. Si                Ir. PURWO SUTANTO


 


 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN


 

Sekolah    : SMK Jayawisata Surakarta

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester     : X/Gasal

Pemelajaran 4    : Identifikasi Masalah Gejala Alam Biotik

Alokasi Waktu     : 8 pertemuan @ 2 x 45 menit


 

Standar Kompetensi     : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan


 

Kompetensi Dasar    : Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik


 

Indikator :

  1. Gejala-gejala alam biotik di lingkungan sekitar diidentifikasi secara cermat dan masalah yang ditemukan dirumuskan dengan jelas.


     

    Tujuan Pemelajaran :

    1. Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat menjelaskan prinsip dasar pertumbuhan makhluk hidup dengan benar.
    2. Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat menjelaskan prinsip dasar perkembangbiakan makhluk hidup dengan benar.
    3. Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat menjelaskan prinsip dasar adaptasi dan perilaku makhluk hidup dengan benar.
    4. Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat menjelaskan peranan mikroba dalam kehidupan dengan benar.
    5. Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat menjelaskan kaitan antara pertumbuhan, perkembangbiakan, dan adaptasi makhluk hidup dengan benar.


     

Materi :

  1. Pertumbuhan dan Perkembangan.
  2. Reproduksi dan Perkembangbiakan.
  3. Pemencaran Organisme.
  4. Adaptasi.
  5. Mikroba dan Kehidupan.


     

    Metode Pemelajaran : CBSA (cara belajar siswa aktif), diskusi, eksplorasi, simulasi/ praktik.


 

Media Pemelajaran :

1. Buku Materi Pelajaran/ Ilmu Pengetahuan Alam SMK.

2. LCD Proyektor, Laptop.

3. Foto-Foto/videopembelajaran yang relevan


 

Langkah Kegiatan Pemelajaran     :


 

    Pertemuan Pertama

No.

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  1. Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  2. Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

1. Siswa mempelajari materi pemelajaran 4 bagian A , buku IPA Formatif Hal. 45-48.

2. Guru dengan mengunakan multi media pembelajaran, menjelaskan materi yang sulit dipahami siswa.

3. Siswa mengerjakan kegiatan di halaman 48.

4. Guru melakukan pengamatan dan penilaian sikap sekaligus membimbing siswa selama mengerjakan kegiatan.

5. Guru bersama siswa mendiskusikan hasil kerja kegiatan siswa. 


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.

2. Guru menugaskan siswa mengerjakan soal ulangan harian 1 sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

    Pertemuan Kedua

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  1. Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  2. Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

1. Guru bersama siswa mengoreksi jawaban ulangan harian 1 (PR).

2. Guru menjelaskan ulang akan materi pertanyaan yang belum/sulit dipahami siswa.

3. Siswa melanjutkan mempelajari materi B. Reproduksi (buku IPA Formatif) hal. 49.

4. Guru dengan menggunakan multimedia pembelajaran/LCD, menjelaskan materi yang belum/sulit dipahami siswa.

5. Siswa mengerjakan kegiatan di halaman 55.

6. Guru melakukan pengamatan dan penilaian sikap sekaligus membimbing siswa selama mengerjakan kegiatan.

7. Guru bersama siswa mendiskusikan hasil kerja kegiatan siswa.


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.

2. Guru menugaskan siswa mengerjakan soal ulangan harian 2 sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 

    

    Pertemuan Ketiga

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  1. Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  2. Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

1. Guru bersama siswa mengoreksi jawaban ulangan harian 2 (PR).

2. Guru menjelaskan ulang akan materi pertanyaan yang belum/sulit dipahami siswa.

3. Siswa melanjutkan mempelajari materi C. Pemencaran Organisme (buku IPA Formatif) hal. 56.

4. Guru dengan menggunakan multimedia pembelajaran/LCD, menjelaskan akan materi yang sulit dipahami siswa Siswa mengerjakan kegiatan di halaman 58.

5. Guru melakukan pengamatan dan penilaian sikap sekaligus membimbing siswa selama mengerjakan kegiatan.

6. Guru bersama siswa mendiskusikan hasil kerja kegiatan siswa.


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.

2. Guru menugaskan siswa mengerjakan soal ulangan harian 3 sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

    Pertemuan Keempat

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  1. Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  2. Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

1. Guru bersama siswa mengoreksi jawaban ulangan harian 3 (PR).

2. Guru menjelaskan ulang akan materi pertanyaan yang belum/sulit dipahami siswa.

3. Siswa melanjutkan mempelajari materi D. Adaptasi (buku IPA Formatif) hal. 59.

4. Guru dengan menggunakan multimedia pembelajaran/LCD, menjelaskan akan materi yang sulit dipahami siswa. Siswa mengerjakan kegiatan di halaman 61.

5. Guru melakukan pengamatan dan penilaian sikap sekaligus membimbing siswa selama mengerjakan kegiatan.

6. Guru bersama siswa mendiskusikan hasil kerja kegiatan siswa. 


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.

2. Guru menugaskan siswa mengerjakan soal ulangan harian 4 sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 

    Pertemuan Kelima

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  1. Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  2. Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

1. Guru bersama siswa mengoreksi jawaban ulangan harian 4 (PR).

2. Guru menjelaskan ulang akan materi pertanyaan yang belum/sulit dipahami siswa.

3. Siswa melanjutkan mempelajari materi E. Mikroba dan Kehidupan (buku IPA Formatif) hal. 62.

4. Guru dengan menggunakan multimedia pembelajaran/LCD, menjelaskan akan materi yang sulit dipahami siswa.


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.

2. Guru menugaskan siswa mengerjakan soal ulangan harian 5 dan kegiatan 5 sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 

    

    Pertemuan Keenam

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  1. Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  2. Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

1 . Guru bersama siswa mengoreksi jawaban ulangan harian 5 (PR).

2. Guru menjelaskan ulang akan materi pertanyaan yang belum/sulit dipahami siswa

3. Guru bersama siswa mendiskusikan hasil kerja kegiatan 5 halaman 71.


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

1. Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.

2. Guru menugaskan siswa untuk mempelajari materi pemelajaran 4 untuk persiapan uji kompetensi 4.


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

    Pertemuan Ketujuh

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  1. Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  2. Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  1. Siswa mengerjakan tes/ Uji Kompetensi 1
  2. Guru bersama siswa mengoreksi hasil uji kompetensi 1.
  3. Guru melakukan analisis hasil evaluasi/uji kompetensi 1
  4. Siswa melanjutkan melakukan pengamatan percobaan kegiatan penelitian terdahulu.
  5. Siswa bersama guru mendiskusikan temuan dari pengamaan percobaan kegiatan penelitian terdahulu.


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

  1. Guru menugaskan siswa untuk membuat laporan hasil percobaan kegiatan penelitian terdahulu.
  2. Siswa diberi tugas mengerjakan latihan soal semester gasal.


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

    Pertemuan Kedelapan

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  1. Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  2. Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  1. Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerjaan soal latihan semester gasal.
  2. Guru melakukan analisis hasil evaluasi/ latihan semester gasal.
  3. Siswa melakukan presentasi hasil penelitian.
  4. Siswa merevisi laporan hasil penelitian.


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

  1. Guru menugaskan siswa untuk mengumpulkan hasil revisi laporan penelitian.
  2. Guru menugaskan siswa untuk persiapan ujian semester gasal.


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

Penilaian     :

  1. Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.
  2. Penilaian hasil kerja (kegiatan dan tugas rumah).
  3. Tes tertulis


 

Alat Penilaian     : Tes tertulis


 

A. Pilihlah satu jawaban yang Anda anggap paling benar !

1. Ragi yang kita beli di toko merupakan..................

A.    karbohidrat yang mengandung bakteri          D.    protein yang mengandung enzim

B.    karbohidrat yang mengandung enzim         E.    protein yang mengandung jamur

C.    karbohidrat yang mengandung jamur

2. Alasan virus dianggap sebagai makhluk hidup adalah.......

A.    tak mempunyai ADN dan ARN            D. tak dapat dikristalkan

B.    bertahan pada suhu tinggi                 E. menyebabkan penyakit

C.    dapat berkembangbiak

3. Contoh bakteri yang banyak dijumpai di laut adalah......

A.    Clostridium botolinum                 D. Rhizobium leguminusorum

B.    Flavobacterium                    E. Azotobacter sp.

C.    Anabaena azollae

4. Bakteri anaerob berbeda dengan bakteri aerob karena......

A.    bakteri anaerob hidup dengan adanya oksigen             

B.    bakteri anaerob hidup ditempat yang lembab             

C.    bakteri anaerob hidup ditempat kering

D.    bakteri anaerob hidup tanpa oksigen bebas

E.    bakteri aerob hidup tanpa oksigen

5. Pemberian Rhizopun dan Mucor pada pembuatan tempe bertujuan agar sebagai bahan makanan kedelai menjadi mudah.....

A.    diolah                        D. ditumbuhi jamur

B.    dimasak                         E. dicerna

C.    diperkaya protein

6. Beberapa bakteri yang tidak menghasilkan antibiotik adalah:

A. Bacillus brevis     D. Bacillus polymyxa

B. Flavobacterium     E. Bacillus polymyxa, Bacillus subtilis

C. Bacillus subtilis

7. Berikut ini yang bukan termasuk adaptasi fisiologi adalah....

A. kelenjar bau pada musang.     D. kelenjar madu pada bunga

B. kantong tinta pada cumi-cumi.     E. semprotan tinta pada gurita

C. pigmen Kulit pada kadal.

8. Ciri-ciri maklhuk hidup yang erat hubungannya dengan usaha pelestarian jenisnya adalah.....

A. memerlukan makanan    D.memiliki iritabilitas

B. berkembang biak    E. mengalami pertumbuhan

C.    memerlukan oksigen

9. Setiap makhluk hidup memiliki kemampuan untuk berkembang biak. Tujuan makhluk hidup berkembang biak adalah .....

A.memperkuat kelompok    D. menghasilkan keturunan yang baik

B.menambah anggota populasi     E.    menjaga kelestarian jenisnya

C. menambah keturunan

10. Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri dengan bantuan.....

A. matahari     D. udara

B. angin     E. panas

C. air hujan

11.Di bawah ini yang paling kuat sebagai alasan berkurangnya populasi katak di persawahan adalah.......

A. penggunaan pestisida oleh petani    D. berkurangnya populasi tikus

B. berkurangnya populasi ular    E. meningkatnya populasi ular

C. munculnya pertanian organik

12. Berkurangnya populasi kucing liar di suatu komplek perumahan disebabkan oleh.....

A.peracunan tikus oleh warga    D. berkurangnya tempat berteduh kucing

B.berkurangnya stok pangan warga    E. maraknya bahan pengawet makanan

C. meningkatnya populasi tikus

13. Salah satu bakteri yang digunakan sebagai tolok ukur adanya pencemaran air oleh tinja manusia adalah bakteri .....

A.    Escherichia coli                      D.    Bacillus anthracis

B.    Mycobacterium tuberculosis             E.    Actynomyces bovis

C.    Vibrio fetus

14. Bakteri Rhizobium memiliki manfaat yang sangat besar dalam hal.....

A.    menyuburkan tanaman karena membantu mengikat N2 bebas.

B.    menghasilkan nitrit yang menyuburkan tanah.     

C.    digunakan untuk pembuatan tempe.

D.    mengikat CO2 bebas dari udara.

E.    meningkatkan kadar O2 di udara.

15. Blooming algae dapat menyebabkan biota air lainnya mati karena.....

A.    algae memakan biota air lain.             

B.    menyebabkan kadar oksigen dalam perairan menurun.     

C.    meningkatkan duhu dalam perairan.

D.    algae mengambil nutrisi yang diperlukan biota air lain.

E.    menurunkan derajat keasaman (pH) perairan.

16. Agar makhluk hidup berubah sifatnya, maka yang diubah adalah.....

A.    makanannya                     D. lingkungannya

B.    tempat hidupnya                     E. perawatannya

C.    materi genetiknya

17. Untuk dapat berkembang biak secara vegetatif, makhluk hidup tidak membutuhkan......

A.    sel kelamin pasangan                 D. perkawinan silang

B.    tempat yang cocok                 E. kelompok yang kuat

C.    makanan yang cukup

18. Untuk dapat berkembang biak secara generatif, makhluk hidup membutuhkan......

A.    sel kelamin pasangan                 D.perkawinan

B.    tempat yang cocok                E.kelompok yang kuat

C.    makanan yang cukup

19. Penyerbukan secara alogami terjadi bila.....

A.    serbuk sari dan putik berasal dari bunga yang sama dalam satu individu.

B.    serbuk sari dan putik berasal dari individu yang berlainan varietas.

C.    serbuk sari dan putik berasal dari bunga lain dalam satu pohon.

D.    serbuk sari dan putik berasal dari bunga individu lain tapi masih satu varietas.

E.    serbuk sari dan putik berasal dari satu individu, tetapi terjadi sebelum bunga mekar.

20. Pada umumnya di tepi pantai banyak tumbuh pohon kelapa. Pertumbuhan pohon kelapa itu didukung oleh adanya kemampuan penyebaran secara.....

A.    hidrokori                     D.antropokori

B.    anemokori                     E.ornitokori

C.    zookori

21. Mencangkok adalah salah satu cara perkembangbiakan vegetatif buatan, hal ini bertujuan....

A.    menghasilkan varietas yang dapat dibudidayakan.

B.    melindungi varietas liar supaya tidak punah.

C.    menghasilkan spesies tumbuhan bunga yang baru.

D.    mencegah tumbuhnya parasit yang tidak diinginkan.

E.    melestarikan sifat aslinya.

22. Penghambatan secara alami pada perbanyakan generasi makhluk hidup dapat dilakukan dengan cara.....

A.    bencana alam                     D. pemisahan pasangan

B.    pemandulan                     E. pembunuhan masal

C.    pemutusan siklus reproduksi

23. Apabila selama pertumbuhan tanaman mengalami kekurangan cahaya akan mengakibatkan .......

A.    klorosis                         D. kematian

B.    kerdil                         E. pembengkokan

C.    etiolasi

24. Untuk meningkatkan perbaikan kualitas bunga pada tanaman dibutuhkan hormon.......

A.    auksin                        D. etilen

B.    giberelin                        E. asam traumalin

C.    antokalin

25. Berikut ini yang bukan cara adaptasi tumbuhan menahun terhadap lingkungan kering adalah.......

A.    akar panjang, jangkauan luas.

B.    daun berubah menjadi bulu.

C.    mempunyai jaringan penyimpan air.

D.    daun tipis dan lebar.

E.    daun kecil atau menjadi sisik.


 

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar !

1. Jelaskan pengertian perkembangan dan pertumbuhan pada makhluk hidup !

2. Apakah perbedaan antara tumbuhan dan hewan dalam pemenuhan kebutuhan makanan?

3. Sebutkan lima contoh bakteri yang berguna bagi manusia !

4. Jelaskan manfaat jamur bagi manusia!

5. Jelaskan apa manfaat katak bagi keseimbangan alam !

6. Jelaskan apa yang terjadi jika pada penyerbukan sendiri, kepala putiknya matang lebih dahulu dari kepala sari!

7. Apa yang dimaksud fertilisasi eksternal?

8. Apa yang terjadi jika pada katak jika pada musim kawin katak tidak terdapat air yang menggenang?

9. Bagaimana pendapat anda jika dalam perkampungan terdapat banyak ular yang berkeliaran di perumahan penduduk?

10. Apa yang seharusnya anda lakukan ketika pohon tanaman tertentu di pekarangan anda merontokkan daunnya?


 

Kunci Jawaban

Bagian A (skor jawaban benar 2)

1. A    2. C    3.B    4.D    5.E    6.B    7. E     8. B    9. E    10.A

11.D    12.A    13.A    14.A    15.B    16.C    17.A    18.A    19.D    20.A

21.E    22.A    23.C    24.C    25.D    


 

Bagian B:

  1. Jawab: Pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran sel atau organisme. Pertumbuhan ini bersifat kuantitatif/ terukur. Perkembangan adalah proses menuju kedewasaan pada organisme. (skor 3)
  2. Jawab: Tumbuhan mampu membuat makanannya sendiri (bersifat autotrof) hewan bersifat heterotrof ( membutuhkan bahan organik dari makhluk hidup lain). (skor 2)
  3. Jawab: Lactobacillus bulgaricus, Streptococcus thermophilus, Streptococcus lactis, Lactobacillus sp., Pediococcus cerevisiae, Lactobacillus bulgaricus dan Srteptococcus lactis dan lain-lain. (skor 3)
  4. Jawab: Beberapa jamur aman dimakan manusia bahkan beberapa dianggap berkhasiat obat, dan beberapa yang lain beracun. Contoh jamur yang bisa dimakan: jamur merang (Volvariela volvacea), jamur tiram (Pleurotus), jamur kuping (Auricularia polytricha), jamur kancing atau champignon (Agaricus campestris), dan jamur shiitake (Lentinus edulis). (skor 5)
  5. Jawab: Katak pemakan serangga menempati posisi sebagai karnivora tingkat kedua. Katak sebagai sumber makanan bagi karnivora tingkat tiga. (skor 3)
  6. Jawab: Putik sebagai penghasil sel kelamin betina sedangkan kepala sari akan menghasilkan serbuk sari. Jika pada penyerbukan sendiri (autogami) putik matang lebih dahulu dari pada kepala sari maka penyerbukan tidak akan terjadi. Dalam penyerbukan sendiri seharusnya kepala sari dengan putik matang bersamaan. (skor 5)
  7. Jawab: Pembuahan dimana bertemunya sel telur dengan sperma (sel jantan) terjadi di luar tubuh induknya. (skor 2)
  8. Jawab: Telur katak biasanya ditaruh diperairan untuk memberikan lingkungan pertumbuhan telur katak yang menetas. Jika tidak ada air, maka berudu tidak bisa hidup, sehingga tidak akan terjadi penambahan populasi dan generasi katak berikutnya. (skor 3)
  9. Jawab: Ular biasanya memangsa tikus atau katak. Jika berkeliaran di perumahan berarti di situ banyak berkeliaran makanan ular. (skor 2)
  10. Jawab: Dibiarkan berserakan begitu saja agar tujuan pengguguran daun ( mencegah penguapan air tanah) dan mengurangi penguapan pada tumbuhan, sehingga tidak lekas mengalami kekeringan, baik pada batang maupun pada tanah (tanah tetap lembab). (skor 3)


 

Nilai Akhir ( skor A + skor B)/8


 

Sumber Belajar/Bacaan:

  1. IPA FORMATIF SMK X A, terbitan Viva Pakarindo, Klaten
  2. Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK X, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
  3. Internet


 

Surakarta, Juli 2010

Mengetahui

Kepala Sekolah                        Guru IPA


 


 


 


 


 

SUPRAPTI, S.Pd., M. Si                Ir. PURWO SUTANTO

NIP: -                            NIP:

DOKUMEN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP


 

MAPEL ILMU PENGETAHUAN ALAM


 

IPA


 

SEMESTER GENAP

KELAS: X, XI, XII

SEMUA KEAHLIAN


 


 


 


 


 

Ir. PURWO SUTANTO


 


 


 


 

SMK JAYAWISATA SURAKARTA


 

Jl. Sekar Jagad I. Pajang, Laweyan, Surakarta

Telp. 0271 720017 email: mellu539@yahoo.co.id

Jumat, 25 Maret 2011

RATU BUAH-BUAHAN

Manggis (Garcinia mangostana L) sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena diketahui mengandung Xanthone sebagai antioksidan, antiproliferativ, antiinflamasi dan antimikrobial. Sifat antioksidannya melebihi vitamin E dan vitamin C. Xanthone merupakan subtansi kimia alami yang tergolong senyawa polyhenolic. Peneliti dari Universitas Taichung di Taiwan telah mengisolasi xanthone dan deviratnya dari kulit buah manggis ( pericarp ) di antaranya diketahui adalah 3-isomangoestein, alpha mangostin, Gamma-mangostin, Garcinone A, Garcinone B, C, D dan garcinone E, maclurin, mangostenol.
Sebuah penelitian di Singapura menunjukan bahwa sifat antioksidan pada buah manggis jauh lebih efektif bila dibandingkan dengan antioksidan pada rambutan dan durian.
Xanthone tidak ditemui pada buah-buahan lainnya kecuali pada buah manggis, karena itu manggis di dunia diberikan julukan ”Queen of Fruit” atau Si Ratu Buah.
Dari berbagai penelitian kandungan xanthone dan derivatnya efektif melawan kanker
payudara secara in-vitro, dan obat penyakit jantung. Khasiat garcinone E (devirat
xanthone) ini jauh lebih efektif untuk menghambat kanker bila dibandingkan dengan obat kanker seperti flaraucil, cisplatin, vincristin, metohotrexete, dan mitoxiantrone.( sumber BPTP oleh Kasma Iswari dan Tri Sudaryono )
Info Lanjut silahkan klik di http://www.vemmabuilder.com/910249805

Selasa, 08 Februari 2011

UJIAN PRAKTIK IPA SMK 2011

YAYASAN TRIDAYA WISATA SURAKARTA

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) JAYAWISATA SURAKARTA
Jl. Sekar Jagad I, Pajang, Laweyan, Surakarta 57146


KODE : AD.IPA.L/US. PRAK/2011


LEMBAR KERJA UJIAN SEKOLAH PRAKTIK
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
SMK JAYAWISATA SURAKARTA


MATA DIKLAT : ILMU PENGETAHUAN ALAM
PROGRAM KEAHLIAN: Semua Program (APH, UPW)
HARI/TANGGAL : Selasa 1 Maret 2011
WAKTU : 08.00 - 10.00

Standar Kompetensi : Memahami Polusi dan Dampaknya Terhadap Manusia dan Lingkungan
Kode Kompetensi : B.4
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan cara-cara menangani limbah
Indikator Kompetensi : Air bersih dan tercemar dapat dibedakan berdasarkan komposisi air.

Tujuan :
1. Siswa dapat menggunakan alat ukur TDS meter dengan benar.
2. Siswa dapat mengidentifikasi kualitas bermacam-macam air dengan mengukur jumlah zat padat terlarut (TDS) dengan benar.

Pelaksanaan Percobaan
Zat padat terlarut (Total Dissolved Solid) jumlah total ion yang meliputi mineral, garam atau logam yang terlarut didalam air. Adanya TDS mengindikasikan bahwa air sudah tidak murni lagi. Namun TDS tidak selalu berkorelasi dengan tingkat potensi zat bahaya air bagi peruntukannya. Bagi manusia, nilai TDS air minum yang rendah memudahkan penyerapan air oleh sel. Bila nilai TDS dalam air minum tinggi kemungkinan besar mengandung kontaminan yang berbahaya, dan dapat menghalangi penyerapan air oleh sel. Maksimum konsumsi bagi manusia sekitar 500 ppm.
Kandungan TDS dapat diukur dan diketahui secara kuntitatif dengan mudah bila menggunakan TDS meter digital. Pengukuran TDS meter berdasarkan konduktivitas dalam satuan ppm (part per million), atau milligram per liter (mg/L). Alat ini telah dikalibrasikan dengan larutan NaCl 342 ppm. Alat ini juga bisa digunakan untuk mengetahui suhu diluar maupun di dalam cairan. Cara penggunaan alat ini dengan sebagai berikut.

A. Bahan:
1.Air sumur mentah (kode A) = 250 ml (1 gelas)
2.Air sumur matang (kode B) = 250 ml (1 gelas)
3.Air sabun (1sdt deterjen /250 ml) (kode C ) = 250 ml (1 gelas)
4.Air bekas cucian pakaian (kode D) = 250 ml (1 gelas)
5.Air minum mineral (kode E) = 250 ml (1 gelas)
6.Air garam (1sdt garam /250 ml) (kode F) = 250 ml (1 gelas)

B. Alat:
1. Gelas kaca beker = 12 buah
2. TDS meter = 2 buah
3. Kain Lap = 2 buah

C. Cara Kerja:
1. Siapkan berbagai larutan bahannya dalam.
2.Cara menggunakan TDS meter
a.Buka tutup pelindung TDS meter.
b.Tekan tombol ON/OFF pada posisi ON.
c.Celupkan ujung bawah TDS meter ke dalam larutan sampai batas maksimum (5 cm). jangan mencelupkan lebih dari batas ini karena kompartemen alat akan bisa kemasukan cairan sehingga bisa merusakkan fungsinya.
d.Goyangkan dengan pelan untuk menghilangkan gelembung udara yang mungkin ada.
e.Tungu sesaat sehingga tampilan angka pembacaan stabil selama 10 detik, tekan tombol HOLD , agar bisa membaca digit angka secara dekat dan jelas.
f.Jika dalam digit angka terdapat tampilan x10, berarti angka yang muncul sebagai hasil pengukuran harus dikalikan 10.
g.Setelah pemakaian, goyangkan TDS meter untuk membersihkan sisa larutan pada ujung bawah alat.
3. Catat hasil pengukurannya sesuai kode larutan yang telah disiapkan.
4. Ulangi pengukuran TDS untuk seluruh larutan yang ada.
5. Buatlah table hasil pengukurannya.
6. Jawablah pertanyaan berikut ini:
a. Apakah yang dimaksud dengan TDS?
b. Apa hubungan nilai TDS dengan kualitas cairan (air)?
c.Dengan membandingkan nilai TDS air A dan B, mana yang lebih tinggi nilainya, mengapa bisa demikian?
d.Dengan membandingkan nilai TDS air C dan D, mana yang lebih tinggi nilainya, mengapa bisa demikian?
e.Dengan membandingkan nilai TDS air E dan F, mana yang lebih tinggi nilainya, mengapa bisa demikian?

D. Aspek Penilaian:
1)Sikap Individu
2)Ketrampilan Proses
3 Penampilan hasil proses
4) Kualitas jawaban pertanyaan.

E. Rencana Anggaran
1. Biaya yang dibutuhkan : Rp 200.000,- (dua ratus ribu rupiah), dua kelas.
2. Sumber biaya : siswa melalui sekolah.


Surakarta, 8 Februari 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru IPA




Suprapti, S.Pd, M.Si Ir. Purwo Sutanto

Sabtu, 23 Oktober 2010

Bahan Ajar IPA SMK 2010



Bahan ajar IPA SMK ini merupakan kombinasi format Buku Materi dan Lembar Kerja Siswa. Dengan format ini diharapkan penggunaannya lebih praktis, sehingga guru maupun siswa tidak perlu menggunakan banyak bahan ajar cetak, dan biaya lebih hemat. Selain harganya murah, bahan ajar ini selalu direvisi setiap tahun ajaran baru, sehingga peningkatan kualitas isinya bisa lebih cepat dan lebih sering. Bagi yang berminat bisa menghubungi nomer 08122981921. Kami siap melayani pesanan Anda kapan dan dimana saja.

Rabu, 10 Maret 2010

UJI PRAKTIK IPA SMK TAHUN 2010

LEMBAR KERJA UJIAN SEKOLAH PRAKTIK
SMK JAYAWISATA SURAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2009/2010


MATA DIKLAT : ILMU PENGETAHUAN ALAM
PROGRAM KEAHLIAN : Semua Program (APH , UJP)
HARI/TANGGAL : Selasa-Rabu, 30-31 April 2010
WAKTU : 07.30 - 12.00


Standar Kompetensi: Memahami Polusi dan Dampaknya Terhadap Manusia dan Lingkungan
Kode Kompetensi : B.4
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan cara-cara menangani limbah

Tujuan :
Setelah melaksanakan ujian praktik ini diharapkan siswa mampu mendaurulang kertas menjadi produk kerajinan tangan yang bernilai tambah, dengan baik.

A. BAHAN ( per kelas):
1. Kertas bekas = 3 - 5 kg
2. Pati singkong/ kanji = 1 kg
3. Pengawet Bahan Makanan ( Natrium bensoat) = 1 pack/ botol
4. Zat warna (kuning/hijau/merah) = masing-masing 1 botol
5. Air = secukupnya
6. Minyak goreng atau oli = ½ liter

B. ALAT (per kelompok):
1. Baskom/ember = 3 buah
2. Timbangan = 1 buah
3. Pengaduk dari kayu = 1 buah
4. Catakan/ pola benda bentuk tertentu = minimum 1 buah
5. Blender = 1 buah
6. Gunting kertas = 1 buah
7. Gayung air atau gelas ukur = 1 buah
8. Panci aluminium = 1 buah
9. Kompor = 1 buah
10. Kain saring/ kain kasa = 1 lembar ½ m2

C. Cara Membuat:
1. Bubur kertas:
a. Timbang kertas bekas 1-2 kg kemudian potong kecil-kecil
b. siapkan ember yang berisi air, masukkan potongan kertas bekas dan rendam selama 30-60 menit
c. Ambil sedikit demi sedikit rendaman kertas bekas, kemudian tambahkan air secukupnya. Perbandingan air : kertas adalah 2-3 : 1
d. Nyalakan power blender sampai membentuk bubur kertas. Blender jangan sampai diisi kertas terlalu banyak agar tidak macet/merusak blender.
e. Bentangkan kain saring di dalam ember kosong.
f. Tuangkan bubur kertas dari blender di atas kain saring, setelah cukup banyak, kain saring di angkat seperti menyaring sari kedele, peras sampai airnya tuntas.
g. Bubur kertas yang masih basah di sisihkan dalam ember yang lain.
2. Lem kanji:
a. Siapkan panci, isi dengan air mentah dingin sebanyak 3 kali volume kanji
b. Masukkan tepung kanji dan aduk hingga merata.
c. Tambahkan haban pengawet makanan secukupnya ( 1 sendok teh / kg kanji)
d. Nyalakan kompor, masak tepung kanji sampai matang. jangan lupa harus selalu di aduk agar tidak gosong.
e. Setelah matang (mengental) angkat dan dinginkan.
3. Membentuk benda berdasarkan pola
a. Siapkan pola benda yang akan dibentuk.
b. Olesi bagian yang akan diisi dengan minyak/olie agar mudah melepasnnya nanti.
c. Campurkan bubur kertas basah dengan lem pati/kanji dan zat pewarna hingga merata. Jika pewarnanya berbentuk serbuk, sebelumnya harus dilarutkan dengan air agar mudah merata. Makin banyak lem, makin keras dan kuat benda yang dihasilkan.
d. Masukkan sedikit demi sedikit ke dalam ruang cetakan sampai penuh, sambil di tekan sekuat-kuatnya.
e. Jika bisa keluarkan dari cetakan dan keringkan, atau keringkan bersama cetakannya di panas matahari.
f. Setelah agak kering bisa dikeluarkan dari cetakan. Kemudian dilanjutkan pengeringannya.

Contoh Hasil Karya
D. Aspek Penilaian:
1) Kinerja individu
2) Ketrampilan Proses
3) Penampilan hasil (bentuk, estetika)
4) Kualitas hasil (kekuatan, manfaat/ fungsi)
F. Rencana Anggaran
 Biaya yang dibutuhkan : Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah), dua kelas.
 Sumber biaya : siswa melalui sekolah.

Surakarta, 10 Maret 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru IPA



Suprapti, S.Pd., M.Pd Ir. Purwo Sutanto

Contoh Produk Hasil Kerja