Senin, 25 Februari 2008

BUKU IPA SMK








BUKU IPA SMK HASIL KARYA TIM MGMP IPA SMK JATENG
DITERBITKAN OLEH Saka Mitra Kompetensi KLATEN, DIPASARKAN OLEH KIOS PELAJAR INDONESIA (KPI), KONTAK PERSON 08882872033


Peristiwa tsunami, banjir, tanah longsor dan gempa bumi dengan berbagai penyebab dan akibat yang begitu dasyat telah menghenyakkan kesadaran kita semua. Di dunia pendidikan kemudian muncul legal formal untuk mengantisipasi kejadian-kejadian dan dampaknya di masa mendatang. Wujud nyatanya adalah tertuang dalam Standar Isi kurikulum 2006/KTSP, khususnya SMK. Disana jelas ditegaskan bahwa salah satu mapel yang wajib diajarkan di seluruh jenis dan tingkat SMK adalah mapel IPA. Tak perduli rumpun Bisnis Manajemen (BM), Seni Budaya, ataupun Pariwisata dan Teknologi, semua wajib mengajarkan IPA.
Barangkali paradigma petinggi kita di sana adalah bahwa dengan pembekalan pengetahuan alam yang konsisten, alumni SMK yang notabene dicetak untuk menempati posisi sebagai skill worker, nantinya tidak akan lagi apriori terhadap kelestarian alam. Dan memang isi dari mapel IPA kurikulum 2006/KTSP adalah tentang antisipasi bencana dan pengelolaan lingkungan hidup.
Hal yang lumrah bahwa setiap kebijkana baru diterapkan, pasti ada beragam respon. Respon klasik misalnya, kenapa IPA diajarkan di ilmu sosial budaya, kenapa IPA juga ditambahkan di rumpun TI. Dan tidak kalah serunya adalah pertanyaan Siapa yang bisa mengajar IPA di sekolah sosial dan seni budaya? Apa dan dimana mencari buku pegangannya?
Buku IPA SMK Pariwisata mungkin bisa memberikan jawaban pertanyaan terakhir di atas. Buku ini disusun oleh guru-guru IPA Pariwisata yang tergabung damal MGMP IPA SMK Provinsi Jawa Tengah. Meskipun belum bisa dikatakan bagus isinya, tetapi mungkin pas dengan pernyataan tiada rotan akarpun jadi.
Ada lima hal yang menjadi alasan untuk menggunakan atau mengapresiasi buku ini, yaitu:
1. Buku ini disusun berdasarkan lampiran Permendiknas RI No. 22 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD) pemelajaran IPA SMK/MAK.
2. Buku ini telah dilengkapi dengan perangkat pembelajaran seperti RPP, dan Silabus.
3. Buku ini mendukung sistem pembelajaran yang kreatif, inovatif dan komprehensif.
4. Buku ini dilengkapi dengan info menarik, aktual dan relevan yang berkaitan dengan materi.
5. Buku ini telah tersedia dalam jilid lengkap (tingkat 1-3 atau kelas 10-12) dan dapat dimiliki dalam dua versi kualitas cetakan (kertas CD atau HVS).
Saya yakin bahwa banyak kendala yang dihadapi dilapangan ketika akan menerapkan pembelajaran IPA SMK. Apalagi disekolah yang tidak memiliki guru yang berlatarbelakang paspal. Dari kondisi itu paling tidak rekan-rekan pasti mengharapkan adanya program diklat dari pemerintah tentang pembelajaran IPA SM, karena tidak mungkin di setiap SMK mengharapkan bahwa IPA SMK akan diajarkan oleh guru yang berlatar belakang IPA.
Oleh karena itu mari kita rapatkan barisan untuk memberdayakan MGMP IPA SMK di daerah masing-masing untuk saling membantu sesama kita. Dan jika rekan-rekan guru kebingungan mencari sumber belajar IPA SMK/MAK, buku ini layak untuk anda gunakan. Sedangkan bagi yang telah menggunakan dan mengalami kendala pembelajaran di kelas bisa mengkomunikasikan kepada kami melalui email mellu539@yahoo.co.id atau di abukamal62@gmail.com. Semampu kami akan membantu meringankan permasalahan Anda.
Untuk penyempurnaan edisi berikutnya, kami selalu mengharapkan bantuan saran dan kritiknya dari rekan-rekan yang telah mengapresiasi atau menggunakan buku-buku ini.>

Tidak ada komentar:

Entri Populer

Advert

My Bisnis Slideshow: Purwo’s trip to Solo, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Solo slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.
BISNIS AFFILIASI YUK