Jumat, 04 Januari 2013

UJI PRAKTIK IPA 2013

Yang membutuhkan bahan ujian praktik ipa SMK silahkan unduh di sini PENGAMATAN KUALITAS AIR Judul Tugas : Mengukur Zat Padat Terlarut dalam air dengan menggunakan TDS meter Jenis Tugas : Eksplorasi Individual Nilai Karakter : Jujur, kerja keras, mandiri, komunikatif, teliti, rasa ingin tahu. Kegiatan: Mengukur Zat Padat Terlarut dalam air dengan menggunakan TDS meter A. Bahan: 1. Air sumur mentah (kode A) = 250 ml 2. Air sumur matang (kode B) = 250 ml 3. Air sabun (1 sdt deterjen /250 ml) (kode C ) = 250 ml 4. Air bekas cucian pakaian (kode D) = 250 ml 5. Air minum mineral (kode E) = 250 ml 6. Air garam (1sdt garam /250 ml) (kode F) = 250 ml B. Alat: 1. Gelas beker 250 ml = 6 buah 2. TDS meter = 1 buah 3. Kain Lap = 1 buah 4. PH Indikator atau pH meter digital (jika ada) = secukupnya C. Cara Kerja: 1. Siapkan berbagai larutan di atas dan tuangkan dalam gelas beker 250 ml. tiap gelas beker diisi satu jenis larutan sebanyak 50-100 ml. 2. Ukurlah pH masing-masing jenis air tersebut menggunakan pH meter digital (kertas indicator). Catat hasil pengukuran dalam tabel pengamatan. 3. Cara menggunakan TDS meter a. Buka tutup pelindung TDS meter. b. Tekan tombol ON/OFF pada posisi ON. c. Celupkan ujung bawah TDS meter ke dalam larutan sampai batas maksimum (5 cm). jangan mencelupkan lebih dari batas ini karena kompartemen alat akan bisa kemasukan cairan sehingga bisa merusak kan fungsinya. d. Goyangkan dengan pelan untuk menghilangkan gelembung udara yang mungkin ada. e. Tunggu sesaat sehingga tampilan angka pembacaan stabil selama 10 detik, tekan tombol HOLD, angkat dari cairan agar bisa membaca digit angka secara dekat dan jelas. f. Jika dalam digit angka terdapat tampilan x10, berarti angka yang muncul sebagai hasil pengukuran harus dikalikan 10. g. Setelah pemakaian, goyangkan TDS meter untuk membersihkan sisa larutan pada ujung bawah alat. 4. Catat hasil pengukurannya sesuai kode larutan yang telah disiapkan. 5. Ulangi pengukuran TDS untuk seluruh larutan yang ada. 6. Buatlah tabel hasil pengukurannya. 7. Jawablah pertanyaan berikut ini: a. Apakah yang dimaksud dengan TDS, apa fungsi TDS meter? b. Apa hubungan nilai TDS, nilai pH air dengan kualitas cairan (air)? c. Dengan membandingkan nilai TDS air A dan B, mana yang lebih tinggi nilainya, mengapa bisa demikian? d. Dengan membandingkan nilai TDS air C dan D, mana yang lebih tinggi nilainya, mengapa bisa demikian? e. Dengan membandingkan nilai TDS air E dan F, mana yang lebih tinggi nilainya, mengapa bisa demikian? 8. Buatlah kesimpulan dari kegiatan di atas!

Tidak ada komentar: