Selasa, 14 Juni 2011

RPP IPA SMK XB

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN


 

Sekolah    : SMK Jayawisata Surakarta

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester     : X/Genap

Pemelajaran I    : Pengertian dan sifat materi

Alokasi Waktu     : 5 pertemuan @ 2 x 45 menit


 

I. Standar Kompetensi : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan


 

II. Kompetensi Dasar    : Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam abiotik


 

III. Indikator:

  • Menjelaskan pengertian dan macam-macam wujud materi.
  • Menyebutkan contoh materi sesuai sifatnya.
  • Mengidentifikasi dan menyebutkan contoh perubahan materi sesuai sifatnya.


     

    IV. Tujuan Pemelajaran :

  1. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menjelaskan pengertian materi dengan benar.
  2. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menjelaskan wujud materi dengan benar.
  3. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menyebutkan contoh materi sesuai sifatnya dengan benar.
  4. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menyebutkan contoh perubahan materi sesuai sifatnya dengan benar.


 

V. Materi Pemelajaran :

    1. Pengertian Materi .

    2. Wujud Materi dan Perubahannya.

    3. Sifat-sifat Materi

    4. Perubahan Materi


 

VI. Metode Pemelajaran : CBSA (cara belajar siswa aktif), eksplorasi, kooperatif.


 

VII. Media Pemelajaran :

    1. Buku Materi Pelajaran/ Bahan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK.

    2. LCD Proyektor, Laptop.

    3. Foto-Foto/gambar/video


 

VIII. Sumber Belajar/Bacaan:

  1. Bahan Pelajaran FORMATIF Ilmu Pengetahuan Alam SMK X B terbitan Viva Pakarindo, Klaten
  2. Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK X, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
  3. Internet


 

IX. Langkah Kegiatan Pemelajaran :

Pertemuan pertama

No.

Kegiatan Pemelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa, penilaian atau cara pencapaian kompetensi dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit

2

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Siswa mempelajari materi pemelajaran 1 bagian A dan B, buku IPA Formatif Hal. 3-8.
  • Guru dengan media LCD dan dengan menggunakan gambar contoh perubahan wujud materi, menjelaskan materi yang sulit dipahami siswa,
  • Siswa mengerjakan latihan ulangan 1 hal. 7-8.
  • Guru bersama siswa membahas jawaban latihan ulangan 1


 


 


 

65-70 menit

3

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa mempelajari materi ajar sub bab berikutnya, sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit

 

Jumlah waktu

90 menit


 

Pertemuan Kedua

No.

Kegiatan Pemelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit

2

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Siswa mempelajari materi pemelajaran 1 bagian C, buku IPA Formatif Hal. 8-18.
  • Guru dengan media LCD dan dengan menggunakan gambar contoh sifat-sifat materi, menjelaskan materi yang masih sulit dipahami siswa.


 


 


 

65-70 menit

3

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa mengerjakan latihan ulangan 2 hal. 18-19 sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit

 

Jumlah waktu

90 menit


 

Pertemuan ketiga

No.

Kegiatan Pemelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit

2

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Guru bersama siswa membahas jawaban latihan ulangan (PR).
  • Guru menjelaskan jawaban pertanyaan yang masih menjadi kesulitan siswa.
  • Siswa mempelajari materi pemelajaran D. Perubahan Materi, hal. 20-23.
  • Guru dengan bantuan media pembelajaran (LCD) menjelaskan materi yang masih menjadi kesulitan siswa.


 


 


 

65-70 menit

3

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa mengerjakan kegiatan individu halaman 23 dan sekaligus ulangan harian 3 halaman 23, sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit

 

Jumlah waktu

90 menit


 


 

Pertemuan keempat

No.

Kegiatan Pemelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit

2

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Guru bersama siswa membahas hasil kegiatan individu dan jawaban latihan ulangan (PR).
  • Guru menjelaskan jawaban pertanyaan yang masih menjadi kesulitan siswa.
  • Guru dengan bantuan media pembelajaran (LCD), menjelaskan materi yang masih menjadi kesulitan siswa.


 


 


 

65-70 menit

3

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan untuk mempelajari materi pemelajaran pertama guna menghadapi uji sub kompetensi 1


 

10-15 menit

 

Jumlah waktu

90 menit


 

Pertemuan kelima

No.

Kegiatan Pemelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung.


 

5 menit

2

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Siswa melaksanakan uji sub kompetensi 1 selama 45 menit
  • Siswa mengoreksi lembar jawaban secara silang, guru membacakan kunci jawabannya.
  • Guru, dengan program Excel melakukan analisis jawaban siswa.
  • Siswa yang mendapatkan skor nilai di bawah KKM harus mengulang belajar materi sesuai ketidakkompetensiannya, dibantu oleh siswa yang mendapat nilai di atas KKM .
  • Guru melakukan pengamatan proses kemudian mengadakan evaluasi kemampuan kepada siswa yang belum kompeten tersebut.


 


 


 

65-70 menit

3

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa untuk mempelajari materi pemelajaran berikutnya.


 

10-15 menit

 

Jumlah waktu

90 menit


 

X. Penilaian :

1. Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.

2. Penilaian hasil kerja (ulangan harian tugas rumah)

3. Tes tertulis.


 

XI. Alat Penilaian

A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar, tulis dalam kertas kerja anda!

1. Satuan Internasional untuk suhu adalah .......

A. Kelvin                        D.Reamur

B. Celsius                         E. Joule

C. Fahrenheit

2. Yang digunakan untuk penetapan titip tetap atas thermometer Fahrenheit adalah .......

A. es mencair diberi skala nol            D. Air mendidih diberi skala 100

B. es mencair diberi skala 32            E. Air mendidih diberi skala 212

C. air mendidih diberi skala 180

3. Ciri-ciri yang mengindikasikan adanya perubahan kimia, kecuali.......

A. perubahan warna                D. Perubahan suhu

B. perubahan bau                    E. Perubahan jumlah

C. perubahan gas

4. Jika diketahui: I. asam laktat, II asam asetat, III asam sulfat, IV asam pospat. Zat yang termasuk asam organik adalah….

A. IV dan II                    D. I dan III

B. I dan II                        E. III dan IV

C. II dan III

5. Pada buah jeruk banyak mengandung senyawa asam organik .......

A. asam laktat                    D. Asam sitrat

B. asam asetat                    E. Asam jerat

C. asam propionat

6. Bahan berikut ini bersifat basa kecuali .......

A. cuka makan                    D. Cairan karbol

B. sabun cuci                    E. Air kapur

C. deterjen

7. menurut susunan partikelnya zat dapat dibedakan .......

A. padat, cair, gas                    D. Logam dan non logam

B. campuran dan senyawa                E. Atom, unsur, senyawa

C. campuran dan murni

8. Emas dan tembaga memiliki lambing unsur .......

A. Em dan Te                    D. Te dan Es

B. Au dan Cu                     E. Fe dan Ag

C. Cu dan Au

9. Sebanyak 5 liter air pada tekanan 76 cm Hg akan mendidih pada suhu 100oC, jika volumenya tetap dan tekanan diubah menjadi 74 cm Hg maka air akan mendidih pada suhu…...

A. 100oC                        D. 102oC

B. kurang dari 100oC                E. 98oC

C. lebih dari 100oC

10. Titik didih alkohol sebesar 78,3oC, artinya .......

A. alkohol akan berubah wujud dari cair ke padat pada suhu     78,3oC            

B. alkohol akan berubah wujud dari cair ke gas pada suhu     78,3oK            

C. alkohol akan berubah wujud dari gas ke cair pada suhu     78,3oC

D. alkohol akan berubah wujud dari padat ke cair pada suhu 78,3oC

E. alkohol akan berubah wujud dari gas ke padat pada suhu     78,3oC

11. Air di atas daun talas membentuk butiran-butiran air yang terpisah, hal ini disebabkan .......

A. ada gaya adesi                    D. Ada gaya kohesi

B. adesi air lebih kecil dari kohesinya        E. Ada tegangan permukaan daun

C. gadesi air lebih besar dari kohesinya

12. Berikut ini yang termasuk perubahan kimia adalah .......

A. air menjadi es                    D. Lilin direbus

B. es membeku                    E. Lilin dibakar

C. air menguap

13. Berikut ini yang termasuk perubahan tidak dapat balik adalah .......

A. air menjadi es                    D. Lilin direbus

B. es membeku                    E. Lilin dibakar

C. air menguap

14. Pemisahan kafein dari serbuk kopi dalam air panas disebut .......

A. penyaringan                    D. kromatografi

B. ekstraksi                    E. kristalisasai

C. distilasi


 

15. Pada peristiwa perubahan pisang mentah menjadi matang selama diperam terjadi .......

A. perubahan fisika                    D. Perubahan warna

B. perubahan kimia                    E. Perubahan kekerasan

C. perubahan fisika dan perubahan kimia


 

B. Jawablah soal-soal berikut ini dengan singkat dan tepat!

1. Apakah yang dimaksud dengan senyawa?

2. Apakah yang dimaksud dengan senyawa organik?

3. Apakah yang dimaksud dengan senyawa oksida ?

4. Apakah yang dimaksud dengan reaksi kimia?

5. Mengapa benda padat tidak dapat mengalir?


 

Kunci Jawaban :

Bagian A:

1. A    2. E     3. E    4. B    5. D

6. A    7. E    8. B    9. B    10.C

11. B    12. E    13. E    14. B    15. C


 

Bagian B:


 

1. Jawab: zat yang dihasilkan dari ikatan antara atom penyusunnya, dan dapat dipisahkan secara kimia menjadi unsur penyusunnya

2. Jawab: senyawa yang dibangun oleh atom utamanya karbon, sehingga senyawa ini juga dikenal dengan istilah hidrokarbon, yang banyak terdapat di alam dan juga pada makhluk hidup.

3. Jawab: senyawa yang dibentuk oleh atom oksigen dengan atom lainnya

4. Jawab: perubahan materi penyusun ketika terjadi perubahan kimia yang terjadi pada materi atau zat, sehingga diperoleh zat sebelum reaksi dan zat sesudah reaksi.

5. Jawab: zat padat mempunyai susunan partikel yang teratur dan jarak antar partikel sangat dekat atau rapat sehingga ikatan antar partikelnya sangat kuat.


 

Norma Penilaian:

Bagian A jawaban benar skor 1

Bagian B tiap jawaban benar skor 3

Nilai akhir = (jumlah skor A + jumlah skor B )/ 3


 

Catatan :

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………


 

Surakarta, ….. Januari 2011

Mengetahui

Kepala Sekolah                        Guru IPA


 


 


 


 

Suprapti, S.Pd., M.Si                        Ir. Purwo Sutanto

NIP:     -                            NIP: -

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN


 

Sekolah    : SMK Jayawisata Surakarta

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam

Pemelajaran II    : Bumi dan Gejala Alam

Kelas/Semester     : X/Genap

Alokasi Waktu     : 5 pertemuan, @ 2 x 45 menit


 

I. Standar Kompetensi : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan


 

II. Kompetensi Dasar    : Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam abiotik


 

III. Indikator:

1. Mengidentifikasi sifat-sifat lapisan bumi.

2. Mengidentifikasi beberapa macam gejala alam.

3. Menjelaskan proses terjadinya beberapa macam gejala alam.


 

IV. Tujuan Pemelajaran :

1. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menyebutkan sifat-sifat lapisan bumi dengan benar.

2. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat mengidentifikasi beberapa macam gejala alam dengan benar.

3. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menjelaskan proses terjadinya beberapa macam gejala alam dengan benar


 

V. Materi Pemelajaran :

    1. Bentuk dan Struktur Lapisan Bumi

    2. Gerakan Lapisan Bumi

    3. Tenaga Eksogen dan Cuaca


 

VI. Metode Pemelajaran : CBSA (cara belajar siswa aktif), eksplorasi, kooperatif.


 

VII. Media Pemelajaran :

    1. Buku Materi Pelajaran/ Bahan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK.

    2. LCD Proyektor, Laptop.

    3. Foto-Foto/gambar/video lapisan bumi dan gejala alam.


 

VIII. Sumber Belajar/Bacaan:

  1. Bahan Pelajaran FORMATIF Ilmu Pengetahuan Alam SMK XB terbitan Viva Pakarindo, Klaten
  2. Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK X, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
  3. Internet


 

IX. Langkah Kegiatan Pemelajaran :


 

Pertemuan pertama

No.

Kegiatan Pemelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa, penilaian atau cara pencapaian kompetensi dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit

2

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Siswa mempelajari materi pemelajaran 2 bagian A B, dan C, buku IPA Formatif Hal. 27-33.
  • Guru dengan media LCD dan dengan menggunakan gambar menjelaskan materi yang sulit dipahami siswa.
  • Siswa mengerjakan latihan ulangan 1 halaman 33.
  • Guru bersama siswa membahas jawaban latihan ulangan 1.


 


 


 

65-70 menit

3

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa mempelajari materi ajar sub bab berikutnya, sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit

 

Jumlah waktu

90 menit


 

Pertemuan Kedua

No.

Kegiatan Pemelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit

2

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Siswa mempelajari materi pemelajaran 1 bagian D, buku IPA Formatif hal. 34-37.
  • Guru dengan media LCD dan dengan menggunakan gambar, menjelaskan materi yang sulit dipahami siswa.
  • Siswa mengerjakan latihan ulangan 2 halaman 37-38.
  • Guru bersama siswa membahas jawaban latihan ulangan 2.


 


 


 

65-70 menit

3

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa mengerjakan kegiatan halaman 32, dan 37 sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit

 

Jumlah waktu

90 menit


 

Pertemuan ketiga

No.

Kegiatan Pemelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit

2

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Guru bersama siswa mendiskusikan hasil kegiatan sebelumnya (PR).
  • Siswa melanjutkan mempelajari materi halaman 38-41.
  • Guru dengan bantuan media pembelajaran (LCD), menjelaskan materi yang masih menjadi kesulitan siswa.


 


 


 

65-70 menit

3

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa mengerjakan kegiatan individu halaman 42 dan sekaligus ulangan harian 3 halaman 41-42, sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit

 

Jumlah waktu

90 menit


 


 

Pertemuan keempat

No.

Kegiatan Pemelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit

2

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Guru bersama siswa membahas hasil kegiatan individu dan jawaban latihan ulangan (PR).
  • Guru menjelaskan jawaban pertanyaan yang masih menjadi kesulitan siswa.
  • Guru dengan bantuan media pembelajaran (LCD), menjelaskan materi yang masih menjadi kesulitan siswa.


 


 


 

65-70 menit

3

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan untuk mempelajari materi pemelajaran pertama guna menghadapi uji sub kompetensi 2


 

10-15 menit

 

Jumlah waktu

90 menit


 

Pertemuan kelima

No.

Kegiatan Pemelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung.


 

5 menit

2

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Siswa melaksanakan uji sub kompetensi 2 selama 45 menit
  • Siswa mengoreksi lembar jawaban secara silang, guru membacakan kunci jawabannya.
  • Guru, dengan bantuan Excel melakukan analisis jawaban siswa.
  • Siswa yang mendapatkan skor nilai di bawah KKM harus mengulang belajar materi sesuai ketidakkompetensinya, dibantu oleh siswa yang mendapat nilai di atas KKM .
  • Guru melakukan pengamatan proses kemudian mengadakan evaluasi kemampuan kepada siswa yang belum kompeten.


 


 


 

65-70 menit

3

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa untuk mempelajari materi pemelajaran berikutnya.


 

10-15 menit

 

Jumlah waktu

90 menit


 

X. Penilaian :

1. Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.

2. Penilaian hasil kerja (ulangan harian tugas rumah

3. Tes tertulis.


 


 

XI. Alat Penilaian :


 

A. Pilih salah satu jawaban yang paling benar, dan tulis di buku kerja anda!


 

1. Tenaga yang dapat menyebabkan kerusakan bentuk permukaan bumi seperti badai, erosi, abrasi disebut tenaga …..

A. endogen                D. tektonik

B.eksogen                E. volkanik

C. seisme

2. Yang tidak termasuk tenaga eksogen adalah…..

A. aberasi                D. tektonisme

B. gletser                E. pelapukan

C. erosi

3. Yang merupakan peristiwa perubahan benda yang terjadi secara kimia adalah….

A. terbentuknya es saat musim dingin            D. hancurnya batu-batuan

B. perkaratan logam                E. Terkikisnya tanah oleh air

C. hancurnya kayu oleh rayap

4. Pada pukul 07.00 suhu udara 27oC, pada pukul 13.00 berubah menjadi 31oC, sedangkan pada pukul 18.00 tercatat 28oC. berdasarkan data itu, maka suhu harian rata-rata adalah….

A. 31oC                D. 29oC

B. 28,25oC                E. 27,5oC

C. 21,5oC

5. Suatu daerah A memiliki ketinggian 500 meter dengan tekanan udara q mbar. Tekanan udara di kota B dengan lketinggian 720 meter adalah….

A. q+22 mbar                D. 0,22 q bar

B. 22 q mbar                E. 22 mbar

C. q – 22 mbar

6. Penyebab perbedaan atau perubahan tekanan udara di setiap tempat adalah…..

A. pergeseran matahari dan ketinggian            D. Gerak revolusi bumi

B. cuaca dan suhsu udara                E. Gerak rotasi bumi

C. suhu udara dan posisi

7. Faktor yang menentukan kelembaban udara adalah ….

A. jumlah uap air yang terkandung di udara    D. Suhu udara

B. volume udara                E. Massa udara kering

C. massa uap air di udara

8. Di daerah berhutan lebat lebih banyak curah hujan, hal tersebut terjadi karena….

A. di daerah berhutan banyak menerima panas    

B. di daerah berhutan lebat banyak mengandung uap air    

C. di daerah berhutan lebat lebih sedikit mengandung uap air

D. di daerah berhutan lebat terjadi proses pendinginan uap air

E. di daerah berhutan lebat banyak penguapan yang dihasilkan oleh tumbuh-tumbuhan.

9. Pergerakan lempeng kerak bumi ke bawah lempeng lainnya disebut............

A. plutonisme                    D. ekstrusi

B. sesar                         E. antiklin

C. penunjaman

10. Singkapan lapisan bumi yang mengarah ke bawah (turun) disebut....

A. tektonisme                    D. Siklin

B. antiklin                         E. divergensi

C. vulkanisme

11. Pemisah batas dua lempeng disebut ............

A. Sesar                        D. penunjaman

B. konvergensi                     E. disjungsi

C. metamorf

12. Getaran yang disebabkan karena pergerakan lapisan batu dari kerak bumi disebut ….

A.    Gelombang gempa                D. Gempa Vulkanik

B.     Gelombang permukaan            E. Letusan gempa

C.    Gempa Tektonik

13. Titik dimana batuan pecah untuk pertama kalinya sehingga menyebabkan gempa bumi disebut dengan ….

A.    Diatrema                    D. Ridge

B.    Episentrum                    E. Stromboli

C.    Fokus

14. Pada daerah lempeng sering terjadi gempa bumi . Hal ini disebabkan...

A.    merupakan tempat keluarnya magma     D.merupakan titik fokus


B.    terjadi gerakan dan tekanan             E.timbul retakan di tanah

C.    terbentuk pancuran lava

15. Gunung yang terbentuk karena tabrakan antar lempeng, sehingga lempeng yang satu turun di bawah lempeng yang lain. Lempeng yang turun mulai mencair dan membentuk ….

A.    kawah                        D. mantel

B.     lava                        E. ridge

C.    magma


 

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar!

1. Sebutkan tiga macam lapisan penyusun bumi !

2. Fenomena apakah yang terjadi jika dua lempeng saling menjauh?

3. Sebutkan tiga jenis benda-benda vulkanik!

4. Gunung berapi yang letusan gas-gas magma yang terjadi menciptakan kawah dangkal selebar 50-2.000 meter akan membentuk apa?

5. Banyaknya panas matahari yang diterima permukaan bumi terutama dipengaruhi oleh apa saja?


 

Kunci Jawaban :

Bagian A:

1. B    2. D     3. D    4. B    5. C

6. A    7. A    8. E    9. C    10.D

11. A    12. C    13. C    14. B    15. D


 

Bagian B:

1. Jawab:

  • Lapisan kerak bumi (Crust)
  • Mantel
  • Inti bumi

2. Jawab:

  • Perenggangan lempeng yang disertai tumbukan kedua tepi lempeng.
  • Aktivitas vulkanisme laut dalam yang menghasilkan lava basa berstruktur bantal (lava bantal) serta hamparan lelehan lava encer.
  • Aktivitas gempa

3. Jawab:

  • Benda cair yang terdiri dari lava, lahar, dan lahar hujan/lahar dingin.
  • Benda padat (eflata) yang terdiri dari bom, lapili, kerikil vulkanik, dan abu vulkanik. Batu apung termasuk eflata yang dihasilkan dari buih magma dengan yang cepat membeku pada saat terlempar ke atas.
  • Benda gas (CO2, H2S, N2, dan uap air (H2O).

4. Jawab: gunung berapi tipe maar

5. Jawab:

  • lamanya penyinaran matahari;
  • kemiringan sinar matahari;
  • keadaan awan dan keadaan permukaan bumi.


 

Norma Penilaian:

Bagian A jawaban benar skor 1

Bagian B tiap jawaban benar skor 3

Nilai akhir = (jumlah skor A + jumlah skor B )/ 3


 

Catatan :

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………


 


 


 


 

Surakarta, ….. Januari 2011


 

Mengetahui

Kepala Sekolah                        Guru IPA


 


 


 


 


 

Suprapti, S.Pd., M.Si                        Ir. Purwo Sutanto

NIP:     -                            NIP: -


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN


 

Sekolah    : SMK Jayawisata Surakarta

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam

Pemelajaran III    : Rotasi dan Revolusi Bumi

Kelas/Semester     : X/Genap

Alokasi Waktu     : 3 pertemuan @ 2 x 45 menit


 

I. Standar Kompetensi : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan


 

II. Kompetensi Dasar    : Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam abiotik


 

III. Indikator :

1. Menentukan posisi suatu tempat berdasarkan tata koordinat bumi.

2. Menjelaskan peristiwa rotasi bumi dan revolusi bumi.

3. Menjelaskan akibat rotasi dan revolusi bumi terhadap kehidupan.


 

IV. Tujuan Pemelajaran :

1. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menentukan posisi suatu tempat berdasarkan tata koordinat bumi dengan benar.

2. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menjelaskan peristiwa rotasi bumi dan revolusi bumi dengan benar.

3. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menjelaskan akibat rotasi dan revolusi bumi terhadap kehidupan dengan benar.


 

V. Materi Pemelajaran     :

    1. Tata Koordinat Bumi

    2. Rotasi Bumi dan Akibatnya.

    3. Revolusi Bumi dan Akibatnya.

    4. Aktivitas Bulan dan Pengaruhnya terhadap Keadaan Bumi.


 

VI. Metode Pemelajaran : CBSA (cara belajar siswa aktif), eksplorasi, diskusi, kooperatif.


 

VII. Media Pemelajaran     :

    1. Buku Materi Pelajaran/ Bahan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK.

    2. LCD Proyektor, Laptop.

    3. Foto-Foto/gambar/video


 

VIII. Sumber Belajar/Bacaan:

  1. Bahan Pelajaran FORMATIF Ilmu Pengetahuan Alam SMK X B terbitan Viva Pakarindo, Klaten
  2. Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK X, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
  3. Internet


 

IX. Langkah Kegiatan Pemelajaran     :


 

Pertemuan pertama

No.

Kegiatan Pemelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa, penilaian atau cara pencapaian kompetensi dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit

2

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Siswa mempelajari materi pemelajaran 3 bagian A dan B, buku IPA Formatif Hal. 47-50.
  • Guru dengan media LCD dan dengan menggunakan gambar, menjelaskan materi yang sulit dipahami siswa,
  • Siswa mengerjakan latihan ulangan 1 hal. 50.
  • Guru bersama siswa membahas jawaban latihan ulangan 1


 


 


 

65-70 menit

3

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa mempelajari materi ajar sub bab berikutnya, sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit

 

Jumlah waktu

90 menit


 

Pertemuan Kedua

No.

Kegiatan Pemelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit

2

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Siswa mempelajari materi pemelajaran 3 bagian C dan D, buku IPA Formatif Hal. 51-55.
  • Guru dengan media LCD dan dengan menggunakan gambar dan atau video menjelaskan materi yang masih sulit dipahami siswa.
  • Siswa mengerjakan kegiatan individu halaman 55
  • Guru bersama siswa membahas hasil kerja siswa dari kegiatan di atas.


 


 


 

65-70 menit

3

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan untuk mempelajari materi pemelajaran pertama guna menghadapi uji sub kompetensi 3


 

10-15 menit

 

Jumlah waktu

90 menit


 

Pertemuan ketiga

No.

Kegiatan Pemelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit

2

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Siswa melaksanakan uji sub kompetensi 1 selama 45 menit
  • Siswa mengoreksi lembar jawaban secara silang, guru membacakan kunci jawabannya.
  • Guru, dengan bantuan program Excel melakukan analisis jawaban siswa.
  • Siswa yang mendapatkan skor nilai di bawah KKM harus mengulang belajar materi sesuai ketidakkompetensiannya, dibantu oleh siswa yang mendapat nilai di atas KKM .
  • Guru melakukan pengamatan proses kemudian mengadakan evaluasi kemampuan kepada siswa yang belum kompeten tersebut.


 


 


 

65-70 menit

3

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • 2. Guru menugaskan siswa untuk mempelajari materi pemelajaran berikutnya.


 

10-15 menit

 

Jumlah waktu

90 menit

X. Penilaian :

1. Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.

2. Penilaian hasil kerja (ulangan harian tugas rumah).

3. Tes tertulis.


 

XI. Alat Penilaian :

A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar, tulis dalam kertas kerja anda!

  1. Bumi berputar pada porosnya dari barat ke timur disebut .......

    A. rotasi                D. Resolusi

    B. revolusi                 E. resonansi

    C. gerakan semu            

  2. Suatu saat di kota Greenwich menunjukkan pukul 08.00, di kota yang terletak pada 60o bujur timur adalah pukul........

    A. 04.00                D. 24.00

    B. 12.00                E. 21.00

    C. 08.00                 

  3. Gerak timur ke barat matahari dan benda-benda langit disebut.....

    A. gerak matahari            D. gerak semu harian

    B. gerak semu matahari        E. perpindahan

    C. gerak harian

  4. Ada beberapa peristiwa yang dapat kita rasakan sehari-hari sebagai akibat dari rotasi bumi. Yang bukan merupakan akibat dari rotasi bumi .........

    A. adanya gerak semu harian        D. adanya perbedaan waktu

    B. pengembungan di kutub bumi    E. perbedaan lama siang-malam

    C. pergantian siang-malam

  5. Perbedaan waktu antara WIB dan WIT adalah .......

    A. 1 jam                D. 3 menit

    B. 3 jam                 E. 4 menit

    C. 4 jam

  6. Bujur standar dari WITA adalah ......

    A. 60o BT                D. 120 o BT

    B. 90 o BT                 E. 125 o BT

    C. 135 o BT

  7. Bumi menempuh lintasan peredaran semunya memerlukan waktu .....

    A. 24 jam 50 menit            D. 23 jam

    B. 24 jam                 E. 23 jam 50 menit

    C. 23 jam 56 menit

  8. Tempat-tempat yang berselisih 1o bujur akan berbeda waktu ...... menit

    A. 4                    D. 30

    B. 15                     E. 5

    C. 60

  9. Waktu standar yang digunakan di seluruh dunia terletak di......

    A. Jakarta                D. London

    B. Indonesia                 E. Inggris

    C. Greenwich

  10. Berikut yang termasuk dalam zone WITA adalah .....

    A. Bali                    D. Jakarta

    B. Maluku                 E. Sorong

    C. Sumatra Utara


 

B. Jawab pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!

1. Pada jarak rentang lintang berapakah gerak semu tahunan matahari bergeser bolak-balik?

2. Bagaimanakah musim yang terjadi di belahan utara dan selatan katulistiwa pada tiap bulan April ?

3. Apa sebab pada bulan Juli kutub utara mengalami siang terus menerus selama 24 jam?

4. Bagaimanakah arah gerak revolusi bulan terhadap bumi?

5. Meskipun bulan berrevolusi terhadap bumi, namun bentuk permukaan bulan yang terlihat dari bumi selalu mirip. Mengapa demikian?

6. Apakah yang mempengaruhi tinggi rendahnya permukaan pasang surut air laut?

7. Apakah sebabnya kita di bumi hanya dapat mengamati setengah permukaan bulan yang sama saja, tidak setengah permukaan yang lain ?

8. Apakah sebabnya bentuk bulan yang tampak dari bumi berubah dengan teratur ?

9. Bagaimana urutan perubahan penampakan bulan dari bumi ketika terjadi gerhana bulan total?

10. Bagaimana posisi bumi, bulan dan matahari ketika terjadi gerhana matahari?


 

Kunci Jawaban :


 

Bagian A:

1. A    2. B     3. C    4. E    5. B

6. C    7. C    8. A    9. C    10.A


 

Bagian B:

1. Jawab : 23,5o LU sampai 23,5oLS.

2. Jawab : di utara musim semi, di selatan musim gugur.

3. Jawab : kutub utara bumi sedang menghadap ke arah matahari.

4. Jawab : bergerak dari arah barat menuju timur.

5. Jawab : rotasi bulan yang berkecepatan sama dengan revolusinya.

6. Jawab : posisi bulan-bumi-matahari.

7. Jawab : sebab kecepatan rotasi bulan dengan kecepatan revolusi bulan terhadap bumi sama.

8. Jawab : sebab sebagian permukaan bulan tidak mendapatkan sinar matahari karena terhalang baying-bayang bumi

9. Jawab : Gerhana penumbra → gerhana sebagian →gerhana total → gerhana sebagian → gerhana penumbra → bulan normal.

10. Jawab : bulan terletak di antara bumi dan matahari (konjungsi)


 

Norma Penilaian:

Bagian A jawaban benar skor 2

Bagian B tiap jawaban benar skor 3

Nilai akhir = (jumlah skor A + jumlah skor B )/ 5

Catatan :

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………


 

Surakarta, ….. Januari 2011

Mengetahui

Kepala Sekolah                        Guru IPA


 


 


 


 


 

Suprapti, S.Pd., M.Si                        Ir. Purwo Sutanto

NIP:     -                            NIP: -


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN


 

Sekolah    : SMK Jayawisata Surakarta

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam

Pemelajaran IV    : Gempa Bumi dan Tsunami

Kelas/Semester     : X/Genap

Alokasi Waktu     : 4 pertemuan 2 x 45 menit


 

I. Standar Kompetensi : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan


 

II. Kompetensi Dasar    : Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam abiotik


 

III. Indikator:

1. Menjelaskan gejala alam yang berkaitan dengan gempa bumi.

2. Menjelaskan proses terjadinya gempa bumi.

3. Menjelaskan proses terjadinya tsunami.

4. Menyebutkan cara antisipasi kejadian gempa bumi atau terjadinya tsunami .


 

IV. Tujuan Pemelajaran :

1. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menjelaskan gejala alam yang berkaitan dengan gempa bumi dengan benar.

2. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menjelaskan proses terjadinya gempa bumi dengan benar.

3. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menjelaskan proses terjadinya tsunami dengan benar

4. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menyebutkan cara antisipasi kejadian gempa bumi atau terjadinya tsunami dengan benar


 

V. Materi Pemelajaran     :

    1. Gempa Bumi.

    2. Tsunami.


 

VI. Metode Pemelajaran : CBSA (cara belajar siswa aktif), eksplorasi, diskusi, kooperatif, simulasi/pr aktik.


 

VII. Media Pemelajaran     :

    1. Buku Materi Pelajaran/ Bahan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK.

    2. LCD Proyektor, Laptop.

    3. Foto-Foto/video


 

VIII. Sumber Belajar/Bacaan:

  1. Bahan Pelajaran FORMATIF Ilmu Pengetahuan Alam SMK X B terbitan Viva Pakarindo, Klaten
  2. Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK X, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
  3. Internet


 

IX. Langkah Kegiatan Pemelajaran     :


 

    Pertemuan pertama

No.

Kegiatan Pemelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa, penilaian atau cara pencapaian kompetensi dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung.


 

10 menit

2

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Siswa mempelajari materi pemelajaran 4 bagian A, Bahan Pelajaran IPA Formatif Halaman 58-68.
  • Guru dengan media LCD dan dengan menggunakan gambar menjelaskan materi yang sulit dipahami siswa.
  • Siswa mengerjakan latihan ulangan 1 halaman 69.
  • Guru bersama siswa membahas jawaban pertanyaan latihan ulangan 1


 


 


 

65-70 menit

3

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa mengerjakan tugas individu halaman 61, 69 dan ulangan harian 1 halaman 69 sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit

 

Jumlah waktu

90 menit


 

Pertemuan Kedua

No.

Kegiatan Pemelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit

2

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Guru bersama siswa membahas hasil kegiatan individu dan jawaban latihan ulangan (PR).
  • Guru menjelaskan jawaban pertanyaan yang masih menjadi kesulitan siswa.
  • Guru dengan bantuan media pembelajaran (LCD), menjelaskan materi yang masih menjadi kesulitan siswa.


 


 


 

65-70 menit

3

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa mempelajari sub materi B hal 70, sekaligus mengerjakan ulangan harian 2 halaman 73 sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit

 

Jumlah waktu

90 menit


 

Pertemuan ketiga

No.

Kegiatan Pemelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit

2

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Guru bersama siswa membahas hasil kegiatan individu dan jawaban latihan ulangan (PR).
  • Guru menjelaskan jawaban pertanyaan yang masih menjadi kesulitan siswa.
  • Guru dengan bantuan media pembelajaran (LCD), menjelaskan materi yang masih menjadi kesulitan siswa.


 


 


 

65-70 menit

3

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan untuk mempelajari materi pemelajaran pertama guna menghadapi uji sub kompetensi 4


 

10-15 menit

 

Jumlah waktu

90 menit

    

Pertemuan ke empat

No.

Kegiatan Pemelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung.


 

5 menit

2

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Siswa melaksanakan uji sub kompetensi 4 selama 45 menit
  • Siswa mengoreksi lembar jawaban secara silang, guru membacakan kunci jawabannya.
  • Guru, dengan bantuan Excel melakukan analisis jawaban siswa.
  • Siswa yang mendapatkan skor nilai di bawah KKM harus mengulang belajar materi sesuai ketidakkompetensinya, dibantu oleh siswa yang mendapat nilai di atas KKM .
  • Guru melakukan pengamatan proses kemudian mengadakan evaluasi kemampuan kepada siswa yang belum kompeten.


 


 


 

65-70 menit

3

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa untuk mempelajari materi yang telah dipelajari untuk persiapan UUB semester genap/kenaikan kelas.


 

10-15 menit

 

Jumlah waktu

90 menit


 

X. Penilaian :

1. Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.

2. Penilaian hasil kerja (ulangan harian tugas rumah.

3. Tes tertulis.


 

XI. Alat Penilaian :


 

I. Pilihlah salah satu jawaban di bawah ini yang kau anggap paling benar !

1. Getaran yang disebabkan karena pergerakan lapisan batu dari kerak bumi disebut ….


a.    Gelombang gempa                d. Gempa Vulkanik

b.     Gelombang permukaan            e. Letusan gempa

c.    Gempa Tektonik

2. Titik dimana batuan pecah untuk pertama kalinya sehingga menyebabkan gempa bumi disebut dengan ….

a.    Diatrema                    d. Ridge

b.    Episentrum                    e. Stromboli

c.    Fokus

3. Lapisan bumi yang merupakan tempat terjadinya gempa, yaitu ….

a.    Astenosfer                    d. Lapisan Inti

b.     Litosfer                    e. Lapisan mantel

c.    Lapisan kerak

4. Pada daerah lempeng sering terjadi gempa bumi . Hal ini disebabkan...

a.    merupakan tempat keluarnya magma     d.merupakan titik fokus


b.    terjadi gerakan dan tekanan             e.timbul retakan di tanah

c.    terbentuk pancuran lava

5. Di bawah ini merupakan faktor-faktor terjadinya gempa, kecuali….

a.    bergesernya batuan dalam kerak bumi

b.    adanya gerakan lempeng bumi

c.    pergerakan magma ke lapisan atas sehingga batu bergeser

d.    munculnya energi yang dilepaskan

e.    letusan gunung berapi yang dahsyat

6. Gelombang gempa ini menggerakkan batuan yang dilewatinya dengan gerakan naik turun dan menyamping yang mempunyai kecepatan + 4,5 Km / dt. ….

a.     Gelombang episentrum            d. Gelombang lempeng

b.    Gelombang primer                e. Gelombang sekunder

c.    Gelombang permukaan

7. Gunung berapi yang terbentuk karena bertabrakannya antar lempeng, sehingga lempeng yang satu turun di bawah lempeng yang lain. Lempeng yang turun mulai mencair dan membentuk ….

a.    kawah                        d. mantel

b.     lava                        e. ridge

c.    magma

8. Gaya yang berasal dari dalam bumi disebut...

a.    epirogenetik                     d. endogen

b.    orogenetik                    e. eksogen

c.    transgesi

9. Tsunami adalah gelombang besar yang disebabkan oleh .....

a.    angin                          d. Gempa bumi

b.    air pasang                       e. Aktivitas gunung berapi

c.    salinitas

10. Di bawah ini yang bukan merupakan karakteristik gempa tsunami adalah ….

  1. Kecepatan gelombang tergantung kedalaman pusat gempa
  2. Menimbulkan air bah setelah masuk kedaratan sekitar pantai.
  3. Sebelum terjadi tsunami muka air laut di pantai menurun drastis dari keadaan normal
  4. waktu peringatan tsunami tergantung pada jarak pusat gempa
  5. Dengan kecanggihan tehnologi terjadinya tsunami dapat diramalkan dengan tepat

11. Tsunami adalah gelombang besar yang disebabkan oleh .....

a.    angin                          d. Gempa bumi

b.    air pasang                       e. Aktivitas gunung berapi

c.    salinitas

12. Kata tsunami mempunyai arti …..

a. Gelombang tersier                d. Gelombang skunder

b. Gelombang primer                e. Gelombang samudra

c. Gelombang pelabuhan

13. Berikut ini bukan merupakan bagian dari proses terjadinya tsunami adalah ….

a. Gempa tektonik bawah laut yang menyebabkan dasar laut naik atau turun

b. Pergeseran dasar laun yang menggerakan gelombang permukaan laut

c. Gelombang akibat gempa memasuki air dangkal kecepatanya semakin meningkat dan ketinggianya bertambah

d. Gelombang akibat gempa memasuki air dangkal kecepatanya semakin menunurun dan ketinggianya bertambah

e. Gelombang tsunami lepas pantai tidak lebih lebih besar dari gelombang normal, tetapi lebih cepat

14. Di bawah ini yang bukan merupakan karakteristik gempa tsunami adalah ….

a. Kecepatan gelombang tergantung kedalaman pusat gempa

b. Menimbulkan air bah setelah masuk kedaratan sekitar pantai.

c. Sebelum terjadi tsunami muka air laut di pantai menurun drastis dari keadaan normal

d. waktu peringatan tsunami tergantung pada jarak pusat gempa

e. Dengan kecanggihan tehnologi terjadinya tsunami dapat diramalkan dengan tepat

15. Dari pernyataan berikut :

(1) Pemasyarakatan peringatan dini tsunami

(2) Membuat bangunan anti gempa

(3) Latihan evakuasi tsunami

(4) Persedian fasilitas dan lahan

yang merupakan langkah-langkah antisipasi terjadinya tsunami adalah ….

a. (1), (2), (3) dan (4)                d. (1), (2) dan (3)

b. (1) dan (2)                    e. (1), (2) dan (4)

c. (1), (3) dan (4)


 

B. Jawablah soal di bawah ini dengan jelas !

1. Apa yang kamu lakukan ketika terjadi gempa, padahal kamu sedang berada di gedung yang tinggi?

2. Bagaimana kaitan gempa bumi dengan tsunami ? Jelaskan !

3. Jelaskan dengan menggunakan teori pergeseran lempeng tektonik mengapa Indonesia merupakan negara yang paling rawan terhadap ancaman tsunami ?

4. Apakah perbedaan antara gempa tektonik, gempa volkanik dan tsunami?

5. Jelaskan dengan menggunakan teori pergeseran lempeng tektonik mengapa Indonesia merupakan negara yang paling rawan terhadap ancaman tsunami ?


 

Kunci Jawaban :


 

Bagian A:

1. A    2. C    3. C    4. B    5. C    

6. B    7. D    8. D    9. D    10. B    

11. D    12. E    13. D    14. B    15. B    


 

Bagian B:


 

1. Jawab : Jika anda dalam bangunan, jangan panik.

  • Lindungi kepala dan badan anda dari benda-benda keras, seperti eternit. Lampu, dll dengan bersembunyi di bawah meja yang kuat.
  • Mencari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan goncangan.
  • Jangan menggunakan lift saat terjadi gempa, jika terjebak dalam lift, hubungi manager gedung dengan menggunakan interphone jika tersedia.
  • Ambil dan gunakan telepon seluler untuk berkomunikasi, jangan menggunakan telepon kabel.

2. Jawab : Sebagian besar tsunami disebabkan oleh pergeseran lempeng tektonik di dasar samudra sehingga saling menujam. Akibat tunjaman itu sebuah bongkahan dari dasar samudra tiba-tiba terdorong ke atas, atau tiba-tiba turun. Akibatnya air laut tiba-tiba terdorong ke atas atau tiba-tiba tersedot turun. Gerakan vertikal pada lempeng ini mengakibatkan gangguan kesetimbangan air yang ada di atasnya. Hal ini menyebabkan aliran energi laut yang ketika di tepi panai menjadi gelombang besar yang memindahkan sejumlah besar air laut ke daratan/pantai.

3. Jawab : Secara geografis, Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng utama, yaitu lempeng Hindia atau Indo-Australia di selatan yang bergerak relatif ke utara-timur dengan pergeseran 7 cm/tahun; Lempeng Eurasia di utara yang bergerak relatif 9 cm/tahun ; dan Lempeng Pasifik di sebelah Timur yang bergerak relatif ke barat dengan pergerakan 11 cm/tahun. Lempeng Indo-Australia yang berada di bawah Samudra Hindia menukik masuk ke bagian bawah lempeng benua Eurasia. Jadi jika di daerah pertemuan lempeng tadi terjadi gempa bumi dasyat ( lebih dari 6,5 SR) besar kemungkinan terjadinya tsunami.

4. Jawab : gempa tektonik disebabkan oleh aktivitas kerak bumi, gempa vulkanik disebabkan oleh aktivitas kegunungapian, tsunami adalah ombak yang sangat besar (tinggi) yang terjadi di daerah pantai/pelabuhan.

5. Jawab : Secara geografis, Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng utama, yaitu lempeng Hindia atau Indo-Australia di selatan yang bergerak relatif ke utara-timur dengan pergeseran 7 cm/tahun; Lempeng Eurasia di utara yang bergerak relatif 9 cm/tahun ; dan Lempeng Pasifik di sebelah Timur yang bergerak relatif ke barat dengan pergerakan 11 cm/tahun. Lempeng Indo-Australia yang berada di bawah Samudra Hindia menukik masuk ke bagian bawah lempeng benua Eurasia. Jadi jika di daerah pertemuan lempeng tadi terjadi gempa bumi dasyat ( lebih dari 6,5 SR) besar kemungkinan terjadinya tsunami.


 

Norma Penilaian:

Bagian A jawaban benar skor 1

Bagian B tiap jawaban benar skor 3

Nilai akhir = (jumlah skor A + jumlah skor B )/ 3


 

Catatan :

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………


 

Surakarta, ….. Januari 2011

Mengetahui

Kepala Sekolah                        Guru IPA


 


 


 


 


 

Suprapti, S.Pd., M.Si                        Ir. Purwo Sutanto

NIP:     -                            NIP:

Tidak ada komentar: