Selasa, 14 Juni 2011

RPP IPA SMK XIB

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN


 

Sekolah    : SMK Jayawisata Surakarta

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam

Pemelajaran I    : Dampak Polusi

Kelas/Semester     : XI/Genap

Alokasi Waktu     : 7 pertemuan, @ 2 x 45 menit


 

I. Standar Kompetensi     : Memahami polusi dan dampaknya pada manusia dan lingkungan

II. Kompetensi Dasar    : Mendeskripsikan dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan Lingkungan


 

III. Indikator:

  1. Mendeskripsikan dampak polusi terhadap penurunan kualitas hidup manusia.
  2. Menjelaskan dampak polusi udara, air, dan tanah terhadap kesehatan dan lingkungan.
  3. Menjelaskan dampak polusi suara, radioaktif dan makanan terhadap kesehatan dan lingkungan.


     

    IV. Tujuan Pemelajaran :

  4. Setelah mempelajari materi ini siswa akan dapat mendeskripsikan dampak polusi terhadap penurunan kualitas hidup manusia dengan benar.
  5. Setelah mempelajari materi ini siswa akan dapat menjelaskan dampak polusi udara terhadap kesehatan dan lingkungan dengan benar.
  6. Setelah mempelajari materi ini siswa akan dapat menjelaskan dampak polusi air terhadap kesehatan dan lingkungan dengan benar.
  7. Setelah mempelajari materi ini siswa akan dapat menjelaskan dampak polusi tanah terhadap kesehatan dan lingkungan dengan benar.
  8. Setelah mempelajari materi ini siswa akan dapat menjelaskan dampak polusi suara, radioaktif dan makanan terhadap kesehatan dan lingkungan dengan benar.


 

V. Materi Pemelajaran :

  1. Manusia dan Lingkungan
  2. Dampak Polusi Udara
  3. Dampak Polusi Air
  4. Dampak Polusi Tanah
  5. Dampak Polusi Suara
  6. Dampak Polusi Bahan Radioaktif
  7. Dampak Pencemaran Makanan


 

VI. Metode Pemelajaran : CBSA (cara belajar siswa aktif), eksplorasi, kooperatif.


 

VII. Media Pemelajaran :

1. Buku Materi Pelajaran/ Bahan Ajar IPA SMK XI B FORMATIF Viva Pakarindo Klaten

2. Buku bahan ajar Ilmu Pengetahuan Alam SMK.

3. LCD Proyektor, Laptop.

4. Foto-Foto tempat/gambaran kualitas lingkungan..


 

VIII. Sumber Belajar/Bacaan:

  1. Bahan Pelajaran FORMATIF Ilmu Pengetahuan Alam SMK XIB terbitan Viva Pakarindo, Klaten.
  2. Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK XI, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten.
  3. Internet.


 


 

IX. Langkah Kegiatan Pemelajaran :


 

Pertemuan pertama

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa, penilaian atau cara pencapaian kompetensi dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung.


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Siswa mempelajari materi pemelajaran 1 bagian A dan B, buku IPA Formatif Halaman 3-6.
  • Guru dengan media LCD dan dengan menggunakan gambar berbagai jenis habitat makhluk hidup menjelaskan materi yang sulit dipahami siswa.
  • Siswa mengerjakan latihan ulangan 1 halaman 7.
  • Guru bersama siswa membahas jawaban latihan ulangan 1.


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa mengerjakan kegiatan kelompok pada halaman 6, sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

Pertemuan Kedua

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Guru menagih tugas siswa, kemudian secara acak memilih satu atau dua kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja mereka. Siswa dari kelompok lain bisa memberikan apresiasi.
  • Guru melakukan pengamatan dan penilaian proses terhadap kegiatan kelompok.  


 


 


 

65-70 menit

3 

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa untuk mempelajari materi berikutnya sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

Pertemuan ketiga

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Siswa mempelajari materi pemelajaran 1 bagian C, buku IPA Formatif Halaman 8-15.
  • Guru dengan media LCD dan dengan menggunakan gambar, menjelaskan materi yang sulit dipahami siswa.


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa mempelajari materi berikutnya sekaligus mengerjakan kegiatan halaman 14, sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

Pertemuan keempat

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Siswa melanjutkan mempelajari materi pemelajaran 1 bagian C, buku IPA Formatif Halaman 8-15.
  • Guru dengan media LCD dan dengan menggunakan gambar, menjelaskan materi yang sulit dipahami siswa.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan materi kegiatan halaman 14.
  • Siswa mengerjakan soal ulangan harian 2 halaman 14.
  • Guru bersama siswa membahas jawaban ulangan 2.


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa mempelajari materi berikutnya sekaligus mengerjakan kegiatan halaman 20, sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

Pertemuan kelima

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Siswa mempelajari materi pemelajaran 1 bagian D, buku IPA Formatif Halaman 16-19.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan hasil kegiatan sebelumnya (PR).
  • Guru dengan bantuan media pembelajaran (LCD), menjelaskan materi yang masih menjadi kesulitan siswa.


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa mempelajari materi selanjutnya sekaligus mengerjakan kegiatan individu halaman 21, 24, sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

Pertemuan keenam

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Guru bersama siswa membahas hasil kegiatan individu dan jawaban latihan ulangan (PR).
  • Guru dengan bantuan media pembelajaran (LCD), menjelaskan materi yang masih menjadi kesulitan siswa.


 


 


 

65-70 menit

3 

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan untuk mempelajari materi pemelajaran pertama guna menghadapi uji sub kompetensi 1


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

Pertemuan ketujuh

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung.


 

5 menit

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Siswa melaksanakan uji sub kompetensi 1 selama 45 menit
  • Siswa mengoreksi lembar jawaban secara silang, guru membacakan kunci jawabannya.
  • Guru, dengan bantuan Excel melakukan analisis jawaban siswa.
  • Siswa yang mendapatkan skor nilai di bawah KKM harus mengulang belajar materi sesuai ketidakkompetensinya, dibantu oleh siswa yang mendapat nilai di atas KKM .
  • Guru melakukan pengamatan proses kemudian mengadakan evaluasi kemampuan kepada siswa yang belum kompeten.


 


 


 

65-70 menit

3 

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa untuk mempelajari materi pemelajaran berikutnya.


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

X. Penilaian :

1. Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.

2. Penilaian hasil kerja (ulangan harian tugas rumah)

3. Tes tertulis.


 

XI. Alat Penilaian :

A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar, tulis dalam kertas kerja anda!

  1. Berikut merupakan faktor-faktor yang menyebabkan masalah polusi di kota-kota besar kecuali ….

    a.    produksi pangan yang semakin meningkat

    b.    tingginya urbanisasi sehingga daya dukung lingkungan rendah

    c.    meningkatnya industrialisasi

    d.    ketergantungan masyarakat pada produk teknologi

    e.    banyaknya sumber daya alam yang dapat dieksploitasi

  2. Kesehatan secara keseluruhan tidak hanya tentang ketidakhadiran penyakit saja, tetapi menyangkut masalah kondisi ….

    a.    fisik                        d. fisik, mental dan etika

    b.    fisik dan mental                e. fisik, mental dan sosial

    c.    mental dan social


     


     

  3. Dalam pemaparan faktor lingkungan yang mempengaruhi kesehatan manusia, maka lingkungan tanah akan mengontaminasi manusia lewat ….

    a.    kulit                        d. kulit dan saluran pencernaan

    b.    saluran pernapasan                e. kulit dan saluran pernapasan

    c.    saluran pencernaan

  4. Polutan ini tidak berwarna dan berbau, berasal dari proses pembakaran yang tidak sempurna dari bahan yang mengandung karbon. Polutan ini adalah ….

    a.    C                                d. CFC

    b.    CO                            e. CaSO4

    c.    CO2

    5. Gas CO merupakan gas beracun, apabila seseorang terkontaminasi gas CO akan kekurangan oksigen dalam tubuhnya, hal ini disebabkan karena ….

    1. paru-paru akan tersumbat oleh gas CO
    2. oksigen di udara sudah bereaksi dengan gas lain
    3. haemoglobin akan berikatan dengan gas CO
    4. peredaran darah menjadi tidak lancer
    5. oksigen bereaksi dengan gas CO

    6. Kadar gas nitrogen oksida di udara berhubungan dengan jumlah penyakit bronchitis kronis. Pada bayi, nitrit akan bereaksi dengan haemoglobin dan dikenal dengan istilah ….

    a.    wajah bayi                    d.    bayi kuning

    b.    wajah biru                    e.    bayi pucat

    c.    bayi biru

    7. Gas SO3 akan bereaksi dengan uap air membentuk H2SO4 dan dapat menimbulkan dampak ….

    a.    eutrofikasi                    d. hujan asam

    b.    pemanasan suhu                e. efek rumah kaca

    c.    hujan badai

8. Berikut merupakan sumber polutan sulfur dioksida secara alami, kecuali ….

  1. pembakaran batu bara
  2. aktivitas gunung berapi
  3. pembusukan bahan organik
  4. reduksi sulfat secara biologis
  5. penguraian oleh mikroba

9. Dampak gas sulfur oksida terhadap kesehatan manusia adalah ….

  1. mual, kepala pusing
  2. gangguan penglihatan dan daya tangkap
  3. mengganggu proses biokimia tubuh
  4. menyebabkan penyakit anemia dan stroke
  5. paralysis cilia dan peradangan pada selaput lender

10. Dampak hujan asam bersifat merugikan bagi kesehatan manusia, karena nitrat yang masuk dalam tubuh akan diubah menjadi nitrit dan bereaksi dengan haemoglobin yang merusak sistem ….

  1. pernapasan dan emphysema
  2. transportasi oksigen dalam darah
  3. pernapasan dan iritasi pada tubuh
  4. sirkulasi dan paralysis silia
  5. epithelium yang menyebabkan kematian

11. Berikut ini merupakan gejala-gejala yang ditimbulkan akibat hujan asam pada lingkungan, kecuali ….

  1. timbulnya bintik-bintik pada daun
  2. terhambatnya makanisme pembentukan klorofil
  3. dapat membunuh ikan dan tanaman air
  4. kecepatan korosi meningkat
  5. rawan bencana kering dan banjir


 

12. Terperangkapnya radiasi infra merah oleh CO2 dalam atmosfer, dan menyebabkan meningkatnya suhu bumi disebut ….

  1. green house effect
  2. green house gases
  3. gas-gas rumah kaca
  4. efek radiasi panas
  5. efek rumah panas

13. Dampak pemanasan global terhadap kesehatan manusia adalah ….

  1. menyebabkan iritasi pada mata
  2. timbul penyakit paralysis silia
  3. menyebarnya penyakit malaria
  4. terjangkitnya penyakit DBD dan cholera
  5. menyebarnya penyakit malaria dan DBD

14. Dampak pencemaran air oleh minyak pada badan air menyebabkan ….

  1. penetrasi sinar kedalam air berkurang
  2. penyumbatan saluran air
  3. terendamnya telur-telur ikan
  4. kecepatan reaksi kimia meningkat
  5. tingginya jumlah oksigen terlarut

15. Efek negative dari limbah detergen di perairan adalah ….

  1. mudah diuraikan mikroorganisme
  2. menyebabkan eutrofikasi
  3. dapat membersihkan zat-zat beracun
  4. oksigen terlarut semakin tinggi
  5. penyumbatan saluran air


 

B.    Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas !

1.    Jelaskan bahwa tindakan pembinaan lingkungan dan pembangunan yang ada merupakan tindakan yang tidak bertentangan tetapi dapat berjalan bersama saling memperkuat !

2.    Jelaskan dampak yang ditimbulkan apabila manusia terkontaminasi polutan Pb diudara !

3.    Polusi air dapat disebabkan adanya bakteri pathogen. Sebutkan penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri !

4.    Hal-hal apa saja yang dapat merugikan kesehatan manusia dan lingkungan akibat penumpukan sampah disembarang tempat ? Sebutkan !

5.    Pencemaran makanan dapat diakibatkan karena kegagalan dalam proses pengemasan. Jelaskan !


 

Kunci Jawaban :

Bagian A:

1. E    2. E     3. D    4. B    5. C

6. C    7. D    8. A    9. E    10.B

11. E    12. A    13. E    14. A    15. B


 

Bagian B:

1.    Jawab : apabila dilihat pembangunan sering menimbulkan kerusakan lingkungan hidup, tetapi apabila pembangunan yang dilakukan memperhatikan prinsip-prinsip keseimbangan lingkungan maka pembinaan lingkungan yang diberikan dapat memperkuat jalannya pembangunan dengan tetap memperhatikan keseimbangan ekosistem yang ada

2.    Jawab : Pb dalam udara yang terhirup masuk melalui pernapasan akan mengendap di dalam tubuh. Dari paru-paru akan menyebar keseluruh tubuh melalui peredaran darah, masuk dalam sel darah merah, ginjal, hati yang mengganggu proses biokimia dalam tubuh. Dan dapat menyebabkan penyakit anemia, hipertensi, serangan jantung, kerusakan otak, stroke dan kanker ginjal.

3.    Jawab :    

    a.    diare

    b.     kolera

    c.    tifus

4.    Jawab : penumpukan sampah di sembarang tempat dapat menyebabkan timbulnya bau yang menusuk dan menjadi sarang lalat yang dapat menyebarkan penyakit bagi manusia, lingkungan sekitarnya akan tercemari cairan dari sampah maupun bau yang ditimbulkan

5.    Jawab : karena dalam proses pengemasan dapat terjadi reaksi antara bahan makanan dengan kemasan, antara lingkungan dengan kemasan atau proses perkembangbiakan mikroorganisme akibat kontak antara bahan makanan dan udara


 

Norma Penilaian:

Bagian A jawaban benar skor 1

Bagian B tiap jawaban benar skor 3

Nilai akhir = (jumlah skor A + jumlah skor B )/ 3


 

Catatan :

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………


 

Surakarta, ….. Januari 2011

Mengetahui

Kepala Sekolah                        Guru IPA


 


 


 


 


 

Suprapti, S.Pd., M.Si                        Ir. Purwo Sutanto

NIP:     -                            NIP: -

 

Sekolah    : SMK Jayawisata Surakarta

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam

Pemelajaran II    : Cara-Cara Penanganan Limbah

Kelas/Semester     : XI/Genap

Alokasi Waktu     : 3 pertemuan @ 2 x 45 menit


 

I. Standar Kompetensi : Memahami polusi dan dampaknya pada manusia dan lingkungan.


 

II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan

Lingkungan.


 

III. Indikator:

  1. Menyebutkan metode penanganan limbah sesuai dengan sifat dan wujud limbah.
  2. Menjelaskan langkah-langkah penanganan limbah cair.
  3. Menjelaskan tahap-tahap penanganan limbah padat.
  4. Menjelaskan cara-cara penenganan limbah gas.


     

    IV. Tujuan Pemelajaran :

  5. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat membedakan metode penanganan limbah sesuai dengan sifat dan wujud limbah dengan benar.
  6. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menjelaskan langkah-langkah penanganan limbah cair dengan benar.
  7. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menjelaskan tahap-tahap penanganan limbah padat dengan benar.
  8. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat menjelaskan cara-cara penenganan limbah gas dengan benar.


 

V. Materi Pemelajaran :

  1.     Penanganan Limbah Cair
  2.     Penanganan Limbah Padat
  3.     Penanganan Limbah Gas


 

VI. Metode Pemelajaran : CBSA (cara belajar siswa aktif), eksplorasi, kooperatif.


 

VII. Media Pemelajaran :

1. Buku Materi Pelajaran/ Bahan Ajar IPA SMK XIB FORMATIF Viva Pakarindo Klaten

2. Buku bahan ajar Ilmu Pengetahuan Alam SMK.

3. LCD Proyektor, Laptop.

4. Foto-Foto tempat/gambaran kualitas lingkungan..


 

VIII. Sumber Belajar/Bacaan:

  1. Bahan Pelajaran FORMATIF Ilmu Pengetahuan Alam SMK XIB terbitan Viva Pakarindo, Klaten
  2. Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK XI, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
  3. Internet


 

IX. Langkah Kegiatan Pemelajaran :


 

Pertemuan pertama

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa, penilaian atau cara pencapaian kompetensi dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Siswa mempelajari materi pemelajaran 2 bagian A, buku IPA Formatif Halaman 37-40.
  • Guru dengan media LCD dan dengan menggunakan gambar, menjelaskan materi yang sulit dipahami siswa.
  • Siswa mengerjakan salah satu kegiatan halaman 40.
  • Guru mengawasi sambil menilai perilaku siswa.
  • Siswa mengerjakan latihan ulangan halaman 41.
  • Guru bersama siswa membahas jawaban ulangan harian 1.


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa mempelajari materi berikutnya, sekaligus mengerjakan kegiatan dan soal latihan ulangan di halaman 40-48 sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit


 

Pertemuan Kedua

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Guru menagih tugas siswa, kemudian secara acak memilih satu atau dua kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja mereka. Siswa dari kelompok lain bisa memberikan apresiasi.
  • Guru melakukan pengamatan dan penilaian proses terhadap kegiatan kelompok.
  • Guru bersama siswa membahas jawaban pertanyaan soal-soal latihan ulangan harian 2-3


 


 


 

65-70 menit

3 

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan untuk mempelajari materi pemelajaran kedua guna menghadapi uji sub kompetensi 2


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

Pertemuan ketiga

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung.


 

5 menit

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Siswa melaksanakan uji sub kompetensi 1 selama 45 menit
  • Siswa mengoreksi lembar jawaban secara silang, guru membacakan kunci jawabannya.
  • Guru, dengan bantuan Excel melakukan analisis jawaban siswa.
  • Siswa yang mendapatkan skor nilai di bawah KKM harus mengulang belajar materi sesuai ketidakkompetensinya, dibantu oleh siswa yang mendapat nilai di atas KKM .
  • Guru melakukan pengamatan proses kemudian mengadakan evaluasi kemampuan kepada siswa yang belum kompeten.


 


 


 

65-70 menit

3 

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa untuk mempelajari materi pemelajaran berikutnya.


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

X. Penilaian :

1. Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.

2. Penilaian hasil kerja (ulangan harian tugas rumah

3. Tes tertulis.


 

XI. Alat Penilaian :

A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar, tulis dalam kertas kerja anda!

1.    Pengolahan air limbah secara alamiah dengan menggunakan ….

    a.    digester                    d. elektrodialisis

    b.    reactor                        e. osmosis berlawanan

    c.    kolam stabilisasi

2.    Dibawah ini yang bukan termasuk tindakan dalam penanganan primer dalam pengelolaan air limbah adalah ….

    a.    memisahkan padatan dari air limbah

    b.    menyaring bahan buangan berukuran besar

    c.    menghancurkan bahan padatan

    d.    pengendapan hancuran padatan

    e.    dekomposisi bahan padatan secara biologis

3.    Yang dimaksud dengan lumpur aktif adalah ….

    a.    Lumpur yang mengandung ion-ion aktif

    b.    Lumpur yang mengandung bakteri pengurai

    c.    lumpur yang bercampur dengan zat berbahaya

    d.    lumpur yang mengandung limbah padat

4.    Pengolahan ketiga limbah cair disebut juga dengan ….

    a.    primary treatment                d. three treatment

    b.    secondary treatment                e. tersier treatment

    c.    tertiary treatment

5.    Tujuan dari pengolahan limbah tahap ketiga adalah ….

    a.    menghancurkan bahan padatan

    b.    mamisahkan padatan dari air limbah

    c.    penguraian bahan padatan secara biologis

    d.    menghilangkan unsur hara nitrat dan fosfat

    e.    menghilangkan bahan-bahan organik terlarut

6.    Pengolahan air limbah yang bertujuan menghilangkan bahan-bahan organik terlarut, dengan mengalirkan air yang telah diolah melalui lapisan karbon aktif disebut tahap ….

    a.    adsorbsi                    d. khlorinasi

    b.    absorbsi                    e. osmosis berlawanan

    c.    elektrodialisis

7.    Cara memisahkan dua macam larutan dengan konsentrasi yang berbeda oleh membrane permeabel merupakan tahap pengolahan limbah yaitu ….

    a.    adsorbsi                    d. sedimentation

    b.    elektrodialisis                    e. osmosis berlawanan

    c.    filtration

8.    Proses pengolahan limbah cair yang bertujuan merombak zat pencemar organik dengan bantuan mikroorganisme untuk memisahkan air limbah dengan bahan pencemar. Proses tersebut termasuk pengolahan secara ….

    a.    fisika                        d. aerobic

    b.    kimia                        e. anaerobic

    c.    biologi

9.    Penanganan limbah domestik dengan cara pengolahan on site yaitu excreta ditampung dan diolah pada ….

    a.    sungai                        d. tempat pengendapan

    b.    kolam stabilisasi                e. tempat penyaringan

    c.    septic tank

10.    Penanganan limbah minyak dengan cara memberikan zat-zat hara pada lahan-lahan yang rusak dinamakan ….

    a.    bioremediasi alam                d. sistem penyuburan lahan

    b.     biodegradasi alam                e. sistem peremajaan

    c.    biosintesis

11.    Sampah " non biodegradable ", artinya ….

    a.    mudah diuraikan                d. mudah dibakar

    b.    sulit diuraikan                    e. sulit dibakar

    c.    mudah terbiodegradasi

12.    Gas yang dihasilkan pada saat pembusukan sampah menimbulkan bau busuk dan bersifat racun bagi tubuh. ….

    a.    CO2                        d. CO

    b.    H2                            e. O2

    c.    H2S

13.    Area tanah yang luas berupa lekukan tanah diisi dengan sampah yang kemudian ditimbun dengan tanah. Cara tersebut terkenal dengan nama ….

    a.    animal feeding                    d. incineration

    b.    composting                    e. Sanitary landfill

    c.    recycling

14.    Insenerasi adalah pemusnahan sampah dengan cara dibakar. Gas yang masuk dalam unit pembersihan gas buang dalam insenerator bertujuan….

    a.    menyempurnakan pembakaran         d. menyuplai gas bahan baker

    b.    menghasilkan uap air                 e. menyaring debu dan gas berbahaya

    c.    mempertahankan jumlah oksigen

15.    Tehnik untuk menangani emisi hidrokarbon dari sumbernya dengan cara absorbsi ….

    a.    menggunakan api untuk oksidasi lengkap

    b.    gas hidrokarbon dihilangkan dengan memberikan uap

    c.    gas buangan bereaksi dengan cairan dan hidrokarbon larut

    d.    gas hidrokarbon mengalami kondensasi menjadi cairan

    e.    gas buangan dilewatkan dalam karbon aktif


 

B.    Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas !

  1. Jelaskan proses penanganan air limbah dalam tahap penanganan primer!
  2. Dalam proses pengolahan air limbah tahap kedua (secondary treatment), proses penguraian bahan organik secara aerobic menggunakan " activated sludge ". Apa yang dimaksud dengan " activated sludge " ?
  3. Sebutkan tujuan dari pengolahan limbah secara
    1. fisika
    2. kimia
    3. biologi
  4. Jelaskan penanganan limbah domestik yang mengandung excreta dengan pengolahan on-site !
  5. Sebutkan upaya penanganan limbah minyak di lautan !


 

Kunci Jawaban :

Bagian A:

1. C    2. E     3. B    4. C    5. D

6. A    7. E    8. C    9. C    10. A

11. B    12. C    13. E    14. E    15. C


 


 

Bagian B:

1. Jawab : dalam tahap penanganan primer bertujuan memisahkan padatan dari air limbah dengan cara penyaringan, pengendapan dan pemisahan endapan.

2. Jawab : lumpur yang banyak mengandung bakteri pengurai.

3. Jawab :

    a.    mengolah limbah dengan memisahkan bahan pencemar secara fisik.

    b.    mengikat bahan pencemar malalui reaksi kimia dengan penambahan bahan kimia ke dalam limbah.

    c.    merombak zat pencemar organik dengan bantuan mikroorganisme untuk memisahkan air limbah dengan bahan pencemar

4. Jawab : penanganan limbah domestik yang mengandung excreta dengan cara ditampung dan diolah pada jamban disekita rumah.

5.    Jawab : dengan bioremediasi alami

    -    sistem penenggelaman dengan serbuk halus

    -    menggunakan pelampung yang dikombinasi dengan pompa.


 

Norma Penilaian:

Bagian A jawaban benar skor 1

Bagian B tiap jawaban benar skor 3

Nilai akhir = (jumlah skor A + jumlah skor B )/ 3


 

Catatan :

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………


 

Surakarta, ….. Januari 2011

Mengetahui

Kepala Sekolah                        Guru IPA


 


 


 


 


 

Suprapti, S.Pd., M.Si                        Ir. Purwo Sutanto

NIP:     -                            NIP: -


 


 


 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN


 

Sekolah    : SMK Jayawisata Surakarta

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam

Pemelajaran III    : Pemanfaatan Limbah

Kelas/Semester     : XI/Genap

Alokasi Waktu     : 4 pertemuan 2 x 45 menit


 

I. Standar Kompetensi    : Memahami polusi dan dampaknya pada manusia dan lingkungan


 

II. Kompetensi Dasar    : Mendeskripsikan dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan

                     Lingkungan

III. Indikator :


 

IV. Tujuan Pembelajaran :

  1. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat, menjelaskan langkah-langkah pembuatan kompos dari limbah padat
  2. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat, menjelaskan pengolahan limbah menjadi biogas.
  3. Setelah mempelajari materi ini, siswa akan dapat, menjelaskan proses cara pembuatan daur ulang kertas.


 

V. Materi Pemelajaran     :

  1. Pengolahan Limbah Menjadi Kompos ( Composting )
  2. Pengolahan Limbh Menjadi Biogas
  3. Daur Ulang Limbah


 

VI. Metode Pemelajaran : CBSA (cara belajar siswa aktif), eksplorasi, diskusi, kooperatif, simulasi/ praktik.


 

VII. Media Pemelajaran :

1. Buku Materi Pelajaran/ Bahan Ajar IPA SMK XI B FORMATIF Viva Pakarindo Klaten

2. Buku bahan ajar Ilmu Pengetahuan Alam SMK.

3. LCD Proyektor, Laptop.

4. Video pembelajaran tentang pemanfaatan sampah/limbah


 

VIII. Sumber Belajar/Bacaan:

  1. Bahan Pelajaran FORMATIF Ilmu Pengetahuan Alam SMK XIB terbitan Viva Pakarindo, Klaten
  2. Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK XI, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
  3. Internet


 

IX. Langkah Kegiatan Pemelajaran     :


 

    Pertemuan pertama

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa, penilaian atau cara pencapaian kompetensi dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit 

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Siswa mempelajari materi pemelajaran 3 bagian A, Bahan Pelajaran IPA Formatif Halaman 54-68.
  • Guru dengan media LCD dan dengan menggunakan gambar video pembuatan kompos, menjelaskan materi yang sulit dipahami siswa.


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa mengerjakan tugas kelompok dan soal ulangan harian 1 halaman 57-58, sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

Pertemuan Kedua

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Guru bersama siswa membahas hasil kegiatan individu dan jawaban latihan ulangan (PR).
  • Guru menjelaskan jawaban pertanyaan yang masih menjadi kesulitan siswa.
  • Siswa melanjutkan mempelajari materi B halaman 59-60.
  • Guru dengan bantuan media pembelajaran (LCD), menjelaskan materi yang masih menjadi kesulitan siswa.


 


 


 

65-70 menit 

3 

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa mempelajari materi selanjutnya, sekaligus mengerjakan tugas kelompok dan soal kegiatan dan ulangan harian 2 halaman 63-64, sebagai tugas rumah (PR).


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

Pertemuan ketiga

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung


 

10 menit

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Guru bersama siswa membahas hasil kegiatan individu dan jawaban latihan ulangan (PR).
  • Guru menjelaskan jawaban pertanyaan yang masih menjadi kesulitan siswa.
  • Guru dengan bantuan media pembelajaran (LCD), menjelaskan materi yang masih menjadi kesulitan siswa.


 


 


 

65-70 menit

3 

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan untuk mempelajari materi pemelajaran ketiga guna menghadapi uji sub kompetensi 3


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 


 


 


 

    Pertemuan ke empat

No. 

Kegiatan Pemelajaran 

Alokasi Waktu 

1

Pendahuluan/ Eksplorasi:

  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung.


 

5 menit

2 

Kegiatan Inti/Elaborasi:

  • Siswa melaksanakan uji sub kompetensi 3 selama 45 menit
  • Siswa mengoreksi lembar jawaban secara silang, guru membacakan kunci jawabannya.
  • Guru, dengan bantuan Excel melakukan analisis jawaban siswa.
  • Siswa yang mendapatkan skor nilai di bawah KKM harus mengulang belajar materi sesuai ketidakkompetensinya, dibantu oleh siswa yang mendapat nilai di atas KKM .
  • Guru melakukan pengamatan proses kemudian mengadakan evaluasi kemampuan kepada siswa yang belum kompeten.


 


 


 

65-70 menit

3 

Penutup/ Konfirmasi:

  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa untuk mempelajari materi yang telah dipelajari untuk persiapan UUB semester genap/kenaikan kelas.


 

10-15 menit 

 

Jumlah waktu 

90 menit 


 

X. Penilaian :

1. Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.

2. Penilaian hasil kerja (ulangan harian tugas rumah).

3. Tes tertulis.


 

XI. Alat Penilaian :

A.    Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1.    Kelembaban, suhu, aerasi dan pH merupakan faktor yang mempengaruhi pembuatan kompos. Dalam pembuatan kompos memerlukan kelembaban yang ….

    a.    rendah                        d. tinggi

    b.    sedang                        e. normal

    c.    seimbang

2.    Pengolahan kompos dari sampah organik dengan memerlukan oksigen disebut proses ….

    a.    aerob                        d. biotik

    b.    anaerob                    e. biodegradasi

    c.    abiotik

3.    Salah satu keunggulan pengolahan sampah dengan proses pengomposan adalah ….

    a.    dapat menghasilkan energi

    b.    biodegradasinya memerlukan waktu lama

    c.    volume limbah organik menjadi banyak

    d.    merupakan pupuk yang ramah lingkungan

    e.    sampah di lingkungan sekitar menjadi berkurang

4.    Karakteristik biogas dibawah ini, kecuali ….

    a.    tidak berbau dan berwarna

    b.    berat 20 % lebih ringan di udara

    c.    diuraikan dalam lingkungan tinggi oksigen

    d.    suhu pembakaran 650 – 750 oC

    e.    menghasilkan nyala api biru cerah


 


 


 

5.    Kertas, Koran dan karton dapat didaur ulang walaupun apabila dilihat dari asalnya termasuk dalam sampah ….

    a.    organik                    d. mudah membusuk

    b.    anorganik                    e. mudah terurai

    c.    mudah terbakar


 

B.    Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas !

  1. Sebutkan 3 pemanfaatan sampah organik yang mendatangkan keuntungan bagi manusia !
  2. Apakah fungsi dari mikroorganisme dalam pembuatan kompos ?
  3. Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kompos !
  4. Sebutkan contoh-contoh bakteri yang dapat digunakan dalam pembuatan kompos !
  5. Sebutkan keunggulan-keunggulan dari pupuk kompos !
  6. Jelaskan secara sederhana proses pengolahan biogas !
  7. Sebutkan 4 manfaat pengolahan limbah organik menjadi biogas !
  8. Berikan contoh limbah anorganik yang dapat didaur ulang !
  9. Apakah kertas dapat didaur ulang ? Termasuk jenis sampah apakah kertas itu ?
  10. Sebutkan 3 contoh hasil daur ulang kertas !


 

Kunci Jawaban :

Bagian A:

1. D    2. A    3. D    4. C    5. A


 

Bagian B:

1. Jawab : -    dimanfaatkan sebagai kompos

    -    makanan ternak

    -    penghasil energi biogas

2. Jawab : perombakan bahan organik dari limbah dan menjaga keseimbangan karbon dan nitrogen yang mempengaruhi hasil kompos menjadi baik

3. Jawab : kelembaban, suhu, aerasi, pH, kandungan oksigen karbon dan nitrogen dan jumlah mikroorganisme.

4. Jawab : bakteri yang berasal dari kotoran ternak

    -    bakteri inokulan seperti effective microorganisms ( EM4 ), orgadec dan stardec

5. Jawab :

1.    bahan mudah didapat

    2.    jenis pupuk yang ramah lingkungan

    3.    peralatan tidak mahal

    4.    pembuatan dapat dilakukan sendiri

    5.    unsur hara pada kompos dapat bertahan lama

    6.    membuat rasa buah dan sayuran lebih enak dan harum

6. Jawab :

1.    kotoran ternak dalam keadaan segar dicampur air dengan perbandingan 1: 1

2.    memasukkan campuran bahan ke dalam digester

3.    setelah beberapa lama gas sudah terbentuk dan dapat dilihat setelah gas dialirkan menuju kompor yang dinyalakan

7. Jawab :

    1.    menghasilkan sumber energi yaitu biogas

    2.    limbah dari pengolahan biogas dapat digunakan sebagai pupuk

    3.    meningkatkan pendapatan masyarakat

    4.    mengurangi pencemaran lingkungan

8. Jawab : contoh alat-alat dari plastik, kaca, logam dan kertas

9.Jawab : Ya. Termasuk jenis sampah organik.

10. Jawab :

    1.    kertas ucapan hari raya

        2.    bingkai fotoaneka kerajinan


 


 

Norma Penilaian:

Bagian A jawaban benar skor 2

Bagian B tiap jawaban benar skor 3

Nilai akhir = (jumlah skor A + jumlah skor B )/ 4


 

Catatan :

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………


 

Surakarta, ….. Januari 2011

Mengetahui

Kepala Sekolah                        Guru IPA


 


 


 


 


 

Suprapti, S.Pd., M.Si                        Ir. Purwo Sutanto

NIP:     -                            NIP: -


 


 


 

Tidak ada komentar: