Selasa, 14 Juni 2011

RPP IPA SMK XIIB


RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN
 
Sekolah    : SMK Jayawisata Surakarta

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester     : XII/Genap
Pemelajaran I    : Pemberdayaan Sumber Daya Alam dan Dampaknya Terhadap Ekosistem
Alokasi Waktu     : 5 pertemuan @ 2 x 45 menit
 I. Standar Kompetensi : Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan AMDAL 
II. Kompetensi Dasar : Menjelaskan konsep keseimbangan lingkungan   
III. Indikator :

  1. Menjelaskan peranan tumbuhan dan hewan bagi kehidupan manusia.
  2. Mengidentifikasi faktor keseimbangan ekosistem berdasarkan lingkungan sekitar.
  3. Mengidentifikasi macam-macam eksploitasi dan dampaknya terhadap ekosistem.
  4. Mengantisipasi dampak eksploitasi ekosistem.

    IV. Tujuan Pemelajaran :
  5. Setelah mempelajari materi ini siswa akan dapat menyebutkan peranan tumbuhan dan hewan bagi kehidupan manusia dengan benar.
  6. Setelah mempelajari materi ini siswa akan dapat mengidentifikasi faktor keseimbangan ekosistem berdasarkan lingkungan sekitar dengan benar.
  7. Setelah mempelajari materi ini siswa akan dapat mengidentifikasi macam-macam eksploitasi ekosistem dengan benar.
  8. Setelah mempelajari materi ini siswa akan dapat mengidentifikasi dampak eksploitasi ekosistem dengan benar.
  9. Setelah mempelajari materi ini siswa akan dapat mengantisipasi dampak eksploitasi ekosistem dengan benar.
V. Materi Pemelajaran :
  1. Peranan Tumbuhan dan Hewan Bagi Manusia.
  2. Pemanfaatan dan Keterbatasan Sumber Daya Alam.
  3. Dampak Eksploitasi Sumber Daya Alam.
  4. Cara-cara Pengelolaan Sumber Daya Alam Berkesinambungan.
  5. Etika Lingkungan 
VI. Metode Pemelajaran     : CBSA (cara belajar siswa aktif), diskusi, kooperatif, eksplorasi.



VII. Media Pemelajaran     :

1. Buku Materi Pelajaran/ Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam SMK.
2. LCD Proyektor, Laptop.
 
VIII. Sumber Belajar/Bacaan:

  1. BAHAN AJAR FORMATIF Ilmu Pengetahuan Alam SMK XII B terbitan Viva Pakarindo, Klaten
  2. Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK XII, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
  3. Lingkungan dan Internet 
. Langkah Kegiatan Pemelajaran :

Pertemuan pertama
No. 
Kegiatan Pemelajaran 
Alokasi Waktu 
1
Pendahuluan/ Eksplorasi:
  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa, penilaian atau cara pencapaian kompetensi dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung




10 menit 
2 
Kegiatan Inti/Elaborasi:
  • Siswa mempelajari materi pemelajaran 1 bagian A dan B, buku IPA Formatif Hal. 3-8.
  • Guru dengan media LCD dan dengan menggunakan gambar sumber daya alam dan pemanfaatannya, untuk menjelaskan materi yang sulit dipahami siswa,
  • Siswa mengerjakan latihan ulangan 1 halaman 9.
  • Guru bersama siswa membahas jawaban latihan ulangan 1












65-70 menit 
3 
Penutup/ Konfirmasi:
  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa mempelajari materi ajar sub bab berikutnya, sebagai tugas rumah (PR).




10-15 menit 

Jumlah waktu 
90 menit 

 
Pertemuan Kedua
No. 
Kegiatan Pemelajaran 
Alokasi Waktu 
1
Pendahuluan/ Eksplorasi:
  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung




10 menit 
2 
Kegiatan Inti/Elaborasi:
  • Siswa mempelajari materi pemelajaran 1 bagian C, buku IPA Formatif Halaman 10-14.
  • Guru dengan media LCD dan dengan menggunakan gambar / foto perubahan kualitas lingkungan, menjelaskan materi yang masih sulit dipahami siswa.
  • Siswa mengerjakan latihan ulangan 2 halaman 14.
  • Guru bersama siswa membahas jawaban latihan ulangan 2












65-70 menit 
3 
Penutup/ Konfirmasi:
  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa mempelajari materi ajar sub bab berikutnya, sebagai tugas rumah (PR) .




10-15 menit 

Jumlah waktu 
90 menit 

 

Pertemuan ketiga
No. 
Kegiatan Pemelajaran 
Alokasi Waktu 
1
Pendahuluan/ Eksplorasi:
  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung




10 menit 
2 
Kegiatan Inti/Elaborasi:
  • Siswa mempelajari materi pemelajaran 1 bagian D dan E, buku IPA Formatif Halaman 14-21.
  • Guru dengan media LCD dan dengan menggunakan gambar / foto rehabilitasi ekosistem, menjelaskan materi yang masih sulit dipahami siswa.












65-70 menit 
3 
Penutup/ Konfirmasi:
  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru membuat kelompok kerja kemudian menugaskan siswa mengerjakan kegiatan diskusi halaman 21 sebagai tugas rumah (PR).




10-15 menit 

Jumlah waktu 
90 menit 

 
Pertemuan keempat
No. 
Kegiatan Pemelajaran 
Alokasi Waktu 
1
Pendahuluan/ Eksplorasi:
  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung




10 menit
2 
Kegiatan Inti/Elaborasi:
  • Siswa dikelompokkan sesuai kelompok yang telah dibentuk untuk melakukan diskusi sesuai pilihan tema.
  • Guru mengatur jalannya diskusi sekaligus melakukan pengamatan dan penilaian.












65-70 menit
3 
Penutup/ Konfirmasi:
  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan untuk mempelajari materi pemelajaran pertama guna menghadapi uji sub kompetensi 1




10-15 menit 

Jumlah waktu 
90 menit 

 
Pertemuan kelima
No. 
Kegiatan Pemelajaran
Alokasi Waktu 
1
Pendahuluan/ Eksplorasi:
  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung.




5 menit
2 
Kegiatan Inti/Elaborasi:
  • Siswa melaksanakan uji sub kompetensi 1 selama 45 menit
  • Siswa mengoreksi lembar jawaban secara silang, guru membacakan kunci jawabannya.
  • Guru, dengan bantuan program Excel melakukan analisis jawaban siswa.
  • Siswa yang mendapatkan skor nilai di bawah KKM harus mengulang belajar materi sesuai ketidakkompetensiannya, dibantu oleh siswa yang mendapat nilai di atas KKM .
  • Guru melakukan pengamatan proses kemudian mengadakan evaluasi kemampuan kepada siswa yang belum kompeten tersebut.












65-70 menit
3 
Penutup/ Konfirmasi:
  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa untuk mempelajari materi pemelajaran berikutnya.




10-15 menit 

Jumlah waktu 
90 menit 

 

X. Penilaian :

1. Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.
2. Penilaian hasil kerja (ulangan harian tugas rumah.
3. Tes tertulis.
XI. Alat Penilaian

Penilaian Pengamatan : Diskusi Kelompok

No. 
Nama Siswa 
Aspek Penilaian 
Partisipasi
(25%) 
Keberanian Berbicara (15%) 
Toleransi
(25%) 
Kualitas Ide/ Argmentasi (35%)





































 
A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar, tulis dalam kertas kerja anda!
1. Keterbatasan sumberdaya alam telah menuntut manusia untuk melakukan berbagai upaya agar selalu tersedia keberadaannya, menurut saudara bagaimanakah upaya untuk melestarikan sumberdaya alam yang dapat diperbaharui…..
A. mengurangi pemakaian karena persediaannya terbatas
B. meningkatkan reproduksi dengan meggalakan bibit unggul
C. mengimpor dari luar
D. menghentikan penggunaannya
E. melakukan penghematan
2. Aktivitas manusia dalam mengeksploitasi sumberdaya alam merupakan salah satu upaya mencukupi kebutuhan hidupnya yang beranekaragam. Walau demikian aktivitas tersebut tidak sedikit telah menimbulkan kerusakan di muka bumi sebagai akibat pencemaran. Bagaimanakah usaha untuk menghindari pencemaran lingkungan .....
A. antisipasi bencana alam sejak dini         D. pengolahan limbah sebelum dibuang
B. menanami kembali hutan yang gundul     E. membuat penampungan limbah
C. pembuatan cerobong asap pabrik yang tinggi
3. Suatu zat dikatakan menjadi pencemar lingkungan bila memenuhi persyaratan berikut, kecuali....
A.    Membahayakan keseimbangan lingkungan      D. jumlahnya berlebihan
B. berada pada tempat yang tidak semsetinya     E. Berada pada waktu yang tidak tepat
C. jumlahnya melimpah dan bermanfaat bagi manusia
4. Efek rumah kaca dapat terjadi karena....

A. pencemaran udara oleh belerang dan nitrogen    D. Penggunaan bahan bangunan dari kaca
B. meningkatkan intensitas sinar matahari        E. Pencemaran udara dari karbon dioksida
C. penggunaan CFCs untuk AC secara terus menerus.
5. Kebijakan moral manusia dalam pergaulan manusia dengan lingkungan disebut........
A. etika lingkungan                 D. Mutu lingkungan
B. daya dukung lingkungan             E. Kelestarian lingkungan
C. bergaul dengan lingkungan
6. Erosi banyak ditimbulkan akibat aktivitas manusia dalam mengolah lahan pertanian. Dibudidayakannya tanaman keras pada lahan-lahan miring, memiliki tujuan.....
A. bersifat menguntungkan secara ekonomis     D. sebagai tempat untuk berteduh
B. melindungi lahan pertanian             E.mengikat air hujan
C. meningkatkan kekuatan tanah
7. Adanya budidaya peternakan bagi masyarakat di pedesaan bertujuan untuk.....

A. memenuhi kepentingan ekspor         D. kebutuhan gizi keluarga
B. investasi di masa depan             E. sumber pekerjaan
C. sumber penghasilan keluarga
8. Sumberdaya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi adalah.....

A. batubara         D.belerang
B. besi         E. tembaga
C. emas
9. Komponen biotik yang mempunyai daya perusak tinggi terhadap keseimbangan lingkungan adalah .....
A. hewan karnivora                D. herbivora
B. produsen                     E. Manusia
C. pengurai
10. Meningkatnya serangan hama wereng terhadap tanaman padi merupakan petunjuk bahwa.....
A. Pestisida yang digunakan berkualitas rendah    
B.terbunuhnya parasitoit wereng oleh pestisida 
C. turunnya makanan wereng pada lingkungan aslinya.
D. Wereng sudah menjadi kebal pestisida
E. Terbunuhnya predator wereng oleh pestisida
   
B. Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat dan benar!
1. Apakah yang dimaksud pengelolaan sumber daya alam ?
2. Jelaskan alasan pelestarian sumber daya alam merupakan bagian dari pelestarian lingkungan!
3 Sebutkan tujuan negara kita menggalakkan pengelolaan sumber daya alam yang berkesinambungan!
4. Seharusnya sistem daur ulang dipertahankan selain untuk mempertinggi efisiensi penggunaan sumber daya juga dengan modifikasi untuk menghilangkan resiko kesehatan. Sebutkan dua cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi risiko kesehatan dalam daur ulang !
5. Jelaskan tujuan teknologi ekoefisiensi dalam manajemen bisnis yang ramah lingkungan!

Kunci Jawaban :
Bagian A:
1. B    2. D     3. C    4. C    5. A
6. C    7. C    8. A    9. E    10.D
 
Bagian B:
1. Jawab : usaha sadar untuk memelihara atau memperbaiki mutu sumber daya itu sendiri agar kebutuhan dasar manusia dapat terpenuhi dengan sebaik-baiknya.
2. Jawab : sumber daya alam merupakan unsur lingkungan..
3 Jawab :
  1. Menyelaraskan hubungan manusia dengan lingkungan hidup sebagai salah satu bagian dari tujuan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya.
  2. Memanfaatkan sumber daya alam secara bijak dan terkendali.
  3. Membentuk manusia Indonesia yang mencintai dan berperan sebagai pembina lingkungan hidup.
  4. Menjamin kesinambungan pembangunan berwawasan lingkungan demi kepentingan generasi sekarang dan mendatang.
  5. Melindungi negara dari berbagai pengaruh luar yang bisa merusak dan mencemarkan lingkungan.
4. Jawab : pertama orang tidak memakan langsung makanan dari alam tanpa melalui proses hiegienis atau dengan dimasak terlebih dahulu, seperti tidak memakan langsung ikan mentah; kedua, air kolam tidak langsung digunakan untuk keperluan rumah tangga, tetapi dengan membuat saluran dari sumber air yang lebih tinggi
5. Jawab : meminimalkan jumlah limbah dengan mencegah terbentuknya limbah yang berlebih sehingga proses produksi lebih bersih.
Norma Penilaian:
Bagian A jawaban benar skor 1
Bagian B tiap jawaban benar skor 3
Nilai akhir = (jumlah skor A + jumlah skor B )/ 3

 

 

 

 

 
Catatan :
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
  Surakarta, ….. Januari 2011

Mengetahui
Kepala Sekolah                            Guru IPA
   

 
 
Suprapti, S.Pd., M.Si                        Ir. Purwo Sutanto
NIP:     -                            NIP: -


RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN

 

Sekolah    : SMK Jayawisata Surakarta

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester     : XII/Genap
Pemelajaran II    : Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup
Alokasi Waktu     : 4 pertemuan @ 2 x 45 menit

 

I. Standar Kompetensi : Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan AMDAL

II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan AMDAL


III. Indikator :
1. Mengidentifikasi komponen AMDAL.
2. Mengidentifikasi mavam-macam kebijakan lingkungan di Indonesia.
 
V.Tujuan Pemelajaran :
1. Setelah mempelajari materi ini siswa akan dapat mengidentifikasi AMDAL dengan benar.
2. Setelah mempelajari materi ini siswa akan dapat menyebutkan kebijakan lingkungan di Indonesia dengan benar.

 
VI. Materi Pemelajaran :
  1. Konflik Kepentingan Manusia pada Lingkungan.
  2. AMDAL dan Kebijakan Lingkungan di Indonesia.
  3. Metode dan Langkah Penyusunan Dokumentasi Amdal
  4. Beberapa Kasus Lingkungan. 
VII. Metode Pemelajaran     : CBSA (cara belajar siswa aktif), diskusi, kooperatif, eksplorasi.



VIII. Media Pemelajaran     :

1. Buku Materi Pelajaran/ Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam SMK.
2. LCD Proyektor, Laptop.


IX. Sumber Belajar/Bacaan:

  1. BAHAN AJAR FORMATIF Ilmu Pengetahuan Alam SMK XII B terbitan Viva Pakarindo, Klaten
  2. Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK XII, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
  3. Lingkungan dan Internet 
X. Langkah Kegiatan Pemelajaran :

Pertemuan pertama
No. 
Kegiatan Pemelajaran 
Alokasi Waktu 
1
Pendahuluan/ Eksplorasi:
  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa, penilaian atau cara pencapaian kompetensi dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung




10 menit 
2 
Kegiatan Inti/Elaborasi:
  • Siswa mempelajari materi pemelajaran 2 bagian A buku IPA Formatif Hal. 26-29.
  • Guru dengan media LCD dan dengan menggunakan gambar pemanfaatan/pengubahan bentang lahan, untuk menjelaskan materi yang sulit dipahami siswa,
  • Siswa mengerjakan latihan ulangan 1 halaman 30.
  • Guru bersama siswa membahas jawaban latihan ulangan 1












65-70 menit 
3 
Penutup/ Konfirmasi:
  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa mempelajari materi ajar sub bab berikutnya, sebagai tugas rumah (PR).




10-15 menit 

Jumlah waktu 
90 menit
 
Pertemuan Kedua
No. 
Kegiatan Pemelajaran 
Alokasi Waktu 
1
Pendahuluan/ Eksplorasi:
  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung




10 menit 
2 
Kegiatan Inti/Elaborasi:
  • Siswa mempelajari materi pemelajaran 2 bagian B,C, dan D buku IPA Formatif Halaman 31-38.
  • Guru dengan media LCD dan dengan menggunakan gambar / foto perubahan kualitas lingkungan, menjelaskan materi yang masih sulit dipahami siswa.












65-70 menit 
3 
Penutup/ Konfirmasi:
  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa mempelajari subbab D, sekaligus mengerjakan kegiatan individu halaman 43 sekaligus mengerjakan soal latihan ulangan 2 halaman 44-45 sebagai tugas rumah (PR) .




10-15 menit 

Jumlah waktu
90 menit 

 

Pertemuan ketiga
No. 
Kegiatan Pemelajaran 
Alokasi Waktu 
1
Pendahuluan/ Eksplorasi:
  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung




10 menit 
2 
Kegiatan Inti/Elaborasi:
  • Guru melakukan tagihan atas tugas kegiatan individu siswa sambil melakukan penilaian dan apresiasi seperlunya.
  • Guru bersama siswa mengevaluasi dan membahas jawaban ulangan harian 2.
  • Guru menjelaskan materi subbab D yang belum dipahami siswa.












65-70 menit
3 
Penutup/ Konfirmasi:
  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan untuk mempelajari materi pemelajaran kedua guna menghadapi uji sub kompetensi 2




10-15 menit 

Jumlah waktu 
90 menit 
   
Pertemuan keempat
No. 
Kegiatan Pemelajaran
Alokasi Waktu 
1
Pendahuluan/ Eksplorasi:
  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung.




5 menit
2 
Kegiatan Inti/Elaborasi:
  • Siswa melaksanakan uji sub kompetensi 2 selama 45 menit
  • Siswa mengoreksi lembar jawaban secara silang, guru membacakan kunci jawabannya.
  • Guru, dengan bantuan program Excel melakukan analisis jawaban siswa.
  • Siswa yang mendapatkan skor nilai di bawah KKM harus mengulang belajar materi sesuai ketidakkompetensiannya, dibantu oleh siswa yang mendapat nilai di atas KKM .
  • Guru melakukan pengamatan proses kemudian mengadakan evaluasi kemampuan kepada siswa yang belum kompeten tersebut.












65-70 menit
3 
Penutup/ Konfirmasi:
  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa untuk mempelajari materi pemelajaran berikutnya.




10-15 menit 

Jumlah waktu 
90 menit 
 
XI. Penilaian :

1. Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.
2. Penilaian hasil kerja (ulangan harian tugas rumah.
3. Tes tertulis.

 

XII. Alat Penilaian

A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar, tulis dalam kertas kerja anda!
1. Dalam operasionalnya di lapangan, adanya kasus-kasus pencemaran sulit sekali hanya diatasi secara kelembagaan kementrian, karena menteri lingkungan hidup hanya bertugas………
a. Sebatas koordinasi
b. Dapat memberi sanksi tegas.
c. Sebatas membuat peraturan.
d. Sebatas mengadukan perusahaan yang melanggar lingkungan.
e. Sebagai pemberi perigatan bagi perusak lingkungan.
2. Berikut ini adalah usaha yang tidak wajib disertai Amdal……….
a. Pertambangan umum yang luasnya lebih daripada 500 Ha.
b. Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang berdaya diatas 500 MW
c. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir.
d. Pengolahan biji dnegan Sianida.
e. Usaha makanan dengan sistem Waralaba.
3. Syarat mutlak terciptanya pembangunan berkelanjutan ……
a. pembangunan selalu menghasilkan keuntungan
b. pembangunan selalu bermanfaat bagi sekelilingnya.
c. pembangunan selalu disertai penyediaan sarana pendidikan transportasi dan peribadatan.
d. pembangunan harus selalu meningkatkan pendapatan daerah
e. pembangunan harus berwawasan lingkungan
4. Tragedi, Minamata di negara Jepang pada tahun 1953 pelemahan otot dan kelumpuhan disebabkan oleh………..
a. Konsumsi ikan yang telah tercemar senyawa metilmerkuri.
b.Desinfeklan beberapa produk pertanian.
c. Kebocoran reaktor nuklir.
d. Kebakaran pabrik plastik
e. Pasca bencana banjir.
5. Gambaran keadaan lingkungan di tempat proyek yang akan dibangun dan sekitarnya ….
a. Ramah lingkungan         d. Denah lingkungan
b. Gambar lingkungan         e. Rona lingkungan
c. Peta lingkungan

 
6. Berbagai aktivitas yang berdampak terhadap menipisnya lapisan ozon ……………
a. pengaspalan jalan
b. pembangunan rumah-rumah didaerah puncak.
c. pemakaian kulkas dan mesin pendingin udara (AC).
d. pemakaian perkakas rumah tangga dari melamin.
e. pemakaian kendaraan bermotor.
7. Salah satu undang-undang yang mengatur tentang lingkungan di Indonesia …..
a. UU RI No.4 th. 1982.         d. UU RI No.5 th 1988
b. UU RI No.4 th.1988.         e. UU RI No.10 th 1982
c. UU RI No.5 th. 1982
8. Berikut ini keseluruhan dokumen yang termasuk dalam ruang lingkup Amdal kecuali …
a. Kerangka acuan (KA).             d. Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL).
b. Analisis Dampak Lingkungan (Andal)     e. Rencana Perubahan Lingkungan (RPL).
c. Rencana Pengelolaan Lingkungan (RPL).
9. Tujuan Evaluasi dampak potensial .….
a. mengidentifikasi segenap dampak lingkungan
b. meniadakan dampak potensial yang tidak relevan dalam studi Amdal.
c. mengelompokkan dampak besar dan penting yang telah dirumuskan pada tahap sebelumnya.
d. mengevaluasi kemungkinan terjadinya dampak buruk .
e. mengevaluasi kemungkinan terjadinya dampak tak terduga.
10. Peranan Amdal dalam proyek-proyek pembangunan…..
a. melindungi lingkungan alami dan buatan
b. melindungi manusia di sekitar proyek
c. melindungi binatang dan tumbuhan di sekitar proyek.
d. melindungi lingkungan sekaligus pembangunan itu sendiri.
e. melindungi proyek pembangunan karena merupakan investasi.

B. Jawablah secara singkat dan tepat
1. Sebutkan daftar komponen lingkungan hidup yang termasuk dalam kelompok Fisiografi berdasarkan pedoman penyusunan Amdal di Indonesia !
2. Sebutkan tiga pokok pikiran penting yang terkandung dalam pembangunan berwawasan lingkungan!
3. Sebutkan Batas-batas ruang yang menjadi pertimbangan penetapan lingkup wilayah studi Amdal!
4. Peranan pendekatan ekologi ini cukup luas menjangkau pengungkapan masalah, penghindaran terjadi masalah, pemulihan dan pemecahan masalah yang terjadi di dalam suatu lingkungan atau ekosistem atau kawasan. Tata kerja pendekatan ekologi tersebut dikonsepkan dalam "Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dan Analisis Manfaat dan Resiko Lingkungan (AMRIL)". Apakah perbedaan AMDAL dengan AMRIL?
5. Semua bahan kebutuhan hidup manusia tergantung pada sumber daya alam yang ada. Semakin meningkatnya tingkat pertumbuhan manusia, maka kebutuhan hidup juga semakin banyak. Akan tetapi, eksploitasi sumber daya alam yang asal-asalan membawa pengorbanan dan lingkunganlah yang sering menjadi korbannya. Sebutkan dilema yang muncul dalam pengelolaan sumber daya alam!

 
Kunci Jawaban :
Bagian A:
1. A    2. E     3. E    4. A    5. E
6. C    7. A    8. E    9. D    10.D

Bagian B:
1. Jawaban : daftar komponen lingkungan hidup yang termasuk dalam kelompok Fisiografi adalah sebagai berikut
  1. Topografi
  2. Stabilitas geologis dan tanah
  3. Keunikan, keistimewaan, kerawanan bentuk lahan dan batuan secara geologis.
2. Jawaban:
  • memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan,
  • merehabilitasi kerusakan lingkungan,
  • mengendalikan pencemaran dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup.
3. Jawaban :Lingkup wilayah studi analisis dampak lingkungan (Andal) ditetapkan berdasarkan perkembangan batas-batas ruang sebagai berikut :
a. Batas Proyek
b. Batas ekologis
c. Batas sosial
d. Batas Administratif
e. Batas ruang lingkup wilayah studi ANDAL.
4. Jawab : AMDAL diterapkan pada taraf pembangunan itu belum dilaksanakan, dan pada taraf perencanaan sebagai kegiatan "pre audit" yaitu suatu sarana untuk memeriksa kelayakan rencana proyek dari segi lingkungan. AMRIL digunakan untuk menelaah serta mengevaluasi pembangunan dan proyek yang sudah beroperasi. Dari pembangunan dan proyek yang sudah beroperasi tadi, AMRIL menelaah manfaat dan resiko ligkungan yang dialaminya.
5. Jawab : satu sisi harus mengatasi berbagai krisis yang melanda dunia ini, sebelum malapetaka kehancuran yang lebih dahsyat akan terjadi, di sisi lain eksploitasi besar-besaran untuk memenuhi kebutuhan milyaran manusia yang beraneka ragam.

 
Norma Penilaian:
Bagian A jawaban benar skor 1
Bagian B tiap jawaban benar skor 4
Nilai akhir = (jumlah skor A + jumlah skor B )/ 3

 
Catatan :
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………

 

Surakarta, ….. Januari 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                            Guru IPA

 

 

 
Suprapti, S.Pd., M.Si                        Ir. Purwo Sutanto
NIP:     -                            NIP: -
RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN


Sekolah    : SMK Jayawisata Surakarta

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester     : XII/Genap
Pemelajaran III    : Metode Identifikasi Prakiraan dan Evaluasi Dampak
Alokasi Waktu     : 5 pertemuan @ 2 x 45 menit
 
I. Standar Kompetensi : Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan AMDAL

II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan AMDAL


III. Indikator:
1. Menyebutkan dampak-dampak kegiatan pembangunan.
2. Menyebutkan metode pengelolaan dampak pembangunan.
3. Mengidentifikasi prakiraan dampak-dampak kegiatan pembangunan.
4. Menyebutkan metode identifikasi prakiraan dan evaluasi dampak pembangunan.

IV.Tujuan Pemelajaran :
1. Setelah mempelajari materi ini siswa akan dapat menyebutkan dampak kegiatan pembangunan dengan benar.
2. Setelah mempelajari materi ini siswa akan dapat menyebutkan metode pengelolaan dampak pembangunan dengan benar.
3. Setelah mempelajari materi ini siswa akan dapat mengidentifikasi prakiraan dampak-dampak kegiatan pembangunan dengan benar.
4. Setelah mempelajari materi ini siswa akan dapat menyebutkan metode identifikasi prakiraan dan evaluasi dampak pembangunan dengan benar.
 
V. Materi Pemelajaran :
  1. Dampak Pembangunan Lingkungan.
  2. Metode Identifikasi Dampak.
  3. Prakiraan Dampak.
  4. Evaluasi Dampak.
  5. Prosedur Pengumpulan Data. 
VI. Metode Pemelajaran : CBSA (cara belajar siswa aktif), diskusi, kooperatif, eksplorasi.
 

VII. Media Pemelajaran :

1. Buku Materi Pelajaran/ Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam SMK.
2. LCD Proyektor, Laptop.
 
VIII. Sumber Belajar/Bacaan:

  1. BAHAN AJAR FORMATIF Ilmu Pengetahuan Alam SMK XII B terbitan Viva Pakarindo, Klaten
  2. Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMK XII, Terbitan Saka Mitra Kompetensi, Klaten
  3. Lingkungan dan Internet

 

IX. Langkah Kegiatan Pemelajaran :

Pertemuan pertama
No. 
Kegiatan Pemelajaran 
Alokasi Waktu 
1
Pendahuluan/ Eksplorasi:
  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa, penilaian atau cara pencapaian kompetensi dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung.




10 menit 
2
Kegiatan Inti/Elaborasi:
  • Siswa mempelajari materi pemelajaran 3 bagian A buku IPA Formatif Halaman 49-55.
  • Guru dengan media LCD dan dengan menggunakan gambar pemanfaatan/pengubahan bentang lahan dan akibat negative dari pengubahan lahan/polusi dll, untuk menjelaskan materi yang sulit dipahami siswa.












65-70 menit 
3 
Penutup/ Konfirmasi:
  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru membuat kelompok kerja kemudian menugaskan siswa mengerjakan kegiatan diskusi halaman 55, sekaligus mengerjakan soal altihan ulangan 1, sebagai tugas rumah (PR).




10-15 menit 

Jumlah waktu 
90 menit 

Pertemuan Kedua
No. 
Kegiatan Pemelajaran 
Alokasi Waktu 
1
Pendahuluan/ Eksplorasi:
  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung




10 menit
2 
Kegiatan Inti/Elaborasi:
  • Siswa dikelompokkan sesuai kelompok yang telah dibentuk untuk melakukan diskusi sesuai pilihan tema.
  • Guru mengatur jalannya diskusi sekaligus melakukan pengamatan dan penilaian.
  • Guru bersama siswa mengevaluasi dan membahas jawaban ulangan harian 1.












65-70 menit
3 
Penutup/ Konfirmasi:
  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan untuk mempelajari materi pemelajaran berikutnya




10-15 menit 

Jumlah waktu
90 menit

 
Pertemuan ketiga
No. 
Kegiatan Pemelajaran 
Alokasi Waktu 
1
Pendahuluan/ Eksplorasi:
  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung




10 menit 
2 
Kegiatan Inti/Elaborasi:
  • Siswa mempelajari materi pemelajaran 3 bagian B, C, dan D buku IPA Formatif Halaman 57- 61.
  • Guru dengan media LCD dan dengan menggunakan table dan atau grafik, menjelaskan materi yang masih sulit dipahami siswa.












65-70 menit 
3 
Penutup/ Konfirmasi:
  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa mempelajari subbab E, sekaligus mengerjakan kegiatan individu halaman 65 sekaligus mengerjakan soal latihan ulangan 2 halaman 68-69 sebagai tugas rumah (PR) .




10-15 menit 

Jumlah waktu
90 menit 

 
Pertemuan keempat
No. 
Kegiatan Pemelajaran 
Alokasi Waktu 
1
Pendahuluan/ Eksplorasi:
  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung




10 menit 
2 
Kegiatan Inti/Elaborasi:
  • Guru melakukan tagihan atas tugas kegiatan individu siswa sambil melakukan penilaian dan apresiasi seperlunya.
  • Guru bersama siswa mengevaluasi dan membahas jawaban ulangan harian 2.
  • Guru menjelaskan matersi subbab E yang belum di pahami siswa.












65-70 menit 
3 
Penutup/ Konfirmasi:
  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan untuk mempelajari materi pemelajaran pertama guna menghadapi uji sub kompetensi 3




10-15 menit 

Jumlah waktu 
90 menit 

 
Pertemuan kelima
No. 
Kegiatan Pemelajaran
Alokasi Waktu 
1
Pendahuluan/ Eksplorasi:
  • Guru mengisi data kehadiran siswa (Presensi)
  • Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pemelajaran yang akan berlangsung.




5 menit
2 
Kegiatan Inti/Elaborasi:
  • Siswa melaksanakan uji sub kompetensi 3 selama 45 menit
  • Siswa mengoreksi lembar jawaban secara silang, guru membacakan kunci jawabannya.
  • Guru, dengan bantuan program Excel melakukan analisis jawaban siswa.
  • Siswa yang mendapatkan skor nilai di bawah KKM harus mengulang belajar materi sesuai ketidakkompetensiannya, dibantu oleh siswa yang mendapat nilai di atas KKM .
  • Guru melakukan pengamatan proses kemudian mengadakan evaluasi kemampuan kepada siswa yang belum kompeten tersebut.












65-70 menit
3 
Penutup/ Konfirmasi:
  • Guru bersama siswa merangkum materi pemelajaran.
  • Guru menugaskan siswa untuk mempelajari materi pemelajaran yang sudah diajarkan untuk menghadapi latihan UAS.




10-15 menit 

Jumlah waktu 
90 menit 

 

X. Penilaian :

1. Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.
2. Penilaian hasil kerja (ulangan harian tugas rumah.
3. Tes tertulis.

 

XI. Alat Penilaian

Penilaian Pengamatan : Diskusi Kelompok

No. 
Nama Siswa 
Aspek Penilaian 
Partisipasi
(25%) 
Keberanian Berbicara (15%) 
Toleransi
(25%) 
Kualitas Ide/ Argmentasi (35%)

 
A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar, tulis dalam kertas kerja anda!
1. Kegiatan AMDAL sebelum pelaksanaan pembangunan perlu dilakukan untuk…
a. memperbaiki lingkungan.
b. menanggulangi pencemaran lingkungan yang telah terjadi.
c. merusak lingkungan.
d. mencemari lingkungan.
e. menjaga kelestarian lingkungan.
2. Lapangan golf, rumah sakit, dan sekolah merupakan contoh jenis usaha dan/atau kegiatan dengan pendekatan studi AMDAL….
a. kegiatan tunggal.     d. kegiatan bermanfaat umum.
b. kegiatan terpadu atau multisektor.     e. kegiatan global.
c. kegiatan regional.
3. Berikut ini bukan merupakan komponen dokumen AMDAL ….
a. KA-ANDAL.    d.KA-RKL
b. ANDAL    e. RPL
c. RKL.
4. Pembuatan dokumen ANDAL, RKL, dan RPL sebaiknya….
a. dibuat secara terpisah.
b. dibuat secara bersamaan dan bersinambungan.
c. dibuat setelah komisi penilai memberikan keputusan.
d. dibuat setelah proyek berjalan.
e. dibuat saling berdiri sendiri dan tidak berhubungan.
5. Rona lingkungan hidup awal, prakiraan dampak besar, dan dampak penting terdapat dalam dokumen….
a. KA-ANDAL.    d.KA-AMDAL
b. ANDAL    e. RPL
c. RKL.
6. Komponen-komponen yang diukur dalam rona lingkungan hidup awal di antaranya….
a. komponen fisik, biologi, dan seni-budaya.
b. komponen fisik saja.
c. sebagian komponen biologi dan sosial budaya.
d. komponen-komponen yang membahayakan proyek.
e. komponen-komponen lingungan hidup meliputi ekosistem.
7. Metode yang dapat dilakukan untuk mengetahui aspek sosial ….
a. inventarisasi.    d. belt transect.
b. wawancara, kuesioner.    e. mengamati jejak hutan.
c. analisis laboratorium.
8. Tumpahnya minyak ke perairan selama pengangkutan di laut, secara garis besar merupakan jenis dampak yang termasuk dalam ruang lingkupnya……
a. dampak biologis     d. dampak sosial- budaya
b. dampak fisis dan khemis     e. dampak geologis.
c. dampak sosial – ekonomis
9.Berikut ini termasuk daftar komponen yang termasuk ruang lingkup sosial budaya………..
a. cagar budaya     d. penyerapan tenaga kerja
b. tanaman pertanian     e. luas areal hutan
c. produksi ternak
10. Komponen atas lahan milik penduduk untuk keperluan rencana usaha atau kegiatan merupakan cara penanganan dampak melalui pendekatan :
a. teknologi     d. biologis
b. institusi     e. sosial budaya
c. sosial ekonomi
11. Metode identifikasi dampak yang memuat daftar uji aktivitas pembangunan dan daftar uji lingkungan yang terkena dampak disebut ……..
a. metode daftar uji         d. metode sebab akibat
b. metode matrik         e. metode kasualitas
c. metode bagan alir
12 .Metode identifikasi dampak yang berusaha untuk mengidentifikai interaksi antara aktivitas dampak dengan faktor lingkungan yang terkena dampak dalam bentuk jaringan (network) disebut……………
a. metode network     d. metode bagan alir
b. metode daftar uji     e. metode beringin
c. metode matrik
13. Berikut ini agar syarat-syarat hasil Amdal akurat dan dapat dipercaya kecuali….
a. Penyusun Amdal harus para ahli yang berkompeten
b. Pengumpulan harus dilakukan dengan metode yang tepat.
c. Pengajian rona lingkungan harus lengkap, cermat dan tepat.
d. Penyerahan laporan Amdal berlangsung kapan saja .
e. Adanya komisi Amdal yang berkualitas dan berwibawa.
14. Dampak penting adalah….
a. terjadinya perubahan lingkungan hidup yang sangat mendasar yang diakibatkan oleh suatu kegiatan atau proyek.
b. dampak di luar proyek yang tidak terlalu berpengaruh terhadap lingkungan hidup
c. tidak terjadi dampak serius bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.
d. dampak yang timbul sebelum proyek dijalankan.
e. terjadinya perubahan lingkungan hidup akibat pemanasan global.
15. Berdasarkan PP No.27,1999, pasal 3 ayat(1), usaha dan/atau kegiatan yang dapat menimbulkan dampak besar dan penting adalah….
a. usaha dan/atau kegiatan yang menimbulkan pencemaran.
b. usaha dan/atau kegiatan yang tidak mempengaruhi kelestarian lingkungan.
c. usaha dan/atau kegiatan yang memberi manfaat bagi manusia.
d. usaha dan/atau kegiatan yang mengubah bentuk lahan dan bentang alam.
e. usaha dan/atau kegiatan yang berlangsung di lingkungan penduduk.

 
B. Jawablah dengan singkat dan tepat !
1. Sebutkan dua macam metode evaluasi dampak dan jelaskan caranya !
2. Sebutkan metode-metode yang digunakan untuk identifikasi dampak dan jelaskan artinya.
3. Jelaskan langkah-langkah proses pengumpulan data menurut WHO !
4. Jelaskan apa yang dimaksud dampak penting dalam konsep AMDAL!
5. Evaluasi merupakan langkah yang paling akhir dalam studi proses studi AMDAL sebelum rekomendasi penanganan dampak. Evaluasi adalah sebuah proses untuk menganalisa dampak yang diperkirakan untuk menentukan bobot dan pentingnya suatu dampak. Sebutkan aspek apa saja yang dinilai pada evaluasi dampak penting !

 
Kunci Jawaban :
Bagian A:
1. E    2. A     3. D    4. B    5. B
6. A    7. B    8. B    9. A    10.C
11. B    12. D    13. D    14. A    15. D
Bagian B:
1. Jawaban : Dalam evaluasi dampak, sampai saat ini dikenal dua metode untuk mengevaluasi dampak yang terjadi, yaitu metode informal dan metode formal.
2. Jawaban : Dalam evaluasi dampak, sampai saat ini dikenal dua metode untuk mengevaluasi dampak yang terjadi, yaitu metode informal dan metode formal.
a. Metode Informal. Metode informal yang sederhana dilakukan dengan memberi nilai verbal, misalnya kecil, sedang dan besar. Cara lainnya dengan memberi skor dari 1 sampai 10 tanpa patokan yang jelas.
b. Metode Formal. Metode formal dibedakan menjadi dua macam, yaitu metode pembobotan dan metode ekonomi.
1). Metode Pembobotan. Dalam sistem ini dampak diberi bobot dengan menggunakan metode yang ditentukan secara eksplisit.
2). Metode ekonomi. Metode ini mudah diterapkan pada dampak yang mempunyai nilai uang.
3. Jawaban : Menurut WHO proses pengumpulan data adalah sebagai berikut :

a. Tentukan jumlah, jenis dan luas daerah penelitian.
b. Identifikasi jenis dan besarnya sumber pencemaran dan limbah dalam daerah tersebut.
c. Tentukan data yang diperlukan dengan memeriksa faktor pencemaran dan faktor limbah dalam lembaran kerja yang sesuai.
d. Identifikasi instansi pemerintah atau badan lain yang mempunyai data yang diperlukan.
e. Uji silang data yang dikumpulkan dari berbagai sumber dan tentukan ketelitiannya.
f. Jika perlu ubah satuan data yang dikumpulkan menjadi satuan yang sesuai dengan yang tertera dalam lembaran kerja.
4. Jawab : perubahan lingkungan yang sangat mendasar yang diakibatkan oleh suatu kegiatan.
5. Jawab : Beberapa aspek yang dinilai pada evaluasi dampak penting menyangkut kejelasan dan konsistensi tentang
  1. 1.Telaahan secara holistik atas berbagai komponen lingkungan yang diperkirakan mengalami perubahan sebagimana dikaji dalam bagian prakiraan dampak penting.
  2. 2.Kesimpulan terhadap hasil telaahan secara menyeluruh.
  3. Telaahan kausatif (hubungan sebab akibat) dari berbagai jenis dampak penting yang harus dikelola.
Norma Penilaian:
Bagian A jawaban benar skor 1
Bagian B tiap jawaban benar skor 4
Nilai akhir = (jumlah skor A + jumlah skor B )/ 3
Catatan :
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………

 
Surakarta, ….. Januari 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                            Guru IPA

 

 

 

 

 
Suprapti, S.Pd., M.Si                        Ir. Purwo Sutanto
NIP:     -                            NIP: -

Tidak ada komentar: